Contoh dan Jenis-Jenis Kelangkaan Ekonomi + Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

Jenis-Jenis, Contoh, Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kelangkaan Ekonomi, serta Bagaimana Cara Mengatasinya | Kita telah metahui bahwa manusia dalam memerlukan kebutuhan yang beraneka ragam demi bertahan hidup. Kebutuhan manusia itu dengan bertambahnya hari tidak akan berkurang melainkan semakin bertambah, baik apa jenis kebutuhan itu maupun jumlahnya.

Mengapa hal ini terjadi? Karena sifat selalu merasa kurang puas merupakan salah satu sifat manusia, selain itu jumlah manusia semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan kebutuhan manusia akan selalu bertambah atau tidak terbatas.

Dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas namun sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan itu terbatas disebut Kelangkaan.

Kelangkaan ekonomi merupakan salah satu dari beragamnya permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh manusia. Maka dari itu, masalah kelangkaan ini sangat berkaitan dengan kebutuhan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Jenis-Jenis Kelangkaan Ekonomi

Berikut merupakan jenis-jenis kelangkaan ekonomi:

  1. Kelangkaan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang terdapat di alam yang terdiri dari sumber daya biotik serta sumber daya abiotik. Sumber daya alam diberikan oleh Sang Maha Pencipta yang telah tersedia di alam, tetapi masih harus perlu digali lagi agar dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Dalam pemanfaatan sumber daya alam, jika dilakukan secara terus-menerus dan eksploitasi dapat mengakibatkan sumber daya alam yang tersediaatau untuk cadangan akan habis. Sehingga hal ini berdampak pada kelangkaan sumber daya alam tersebut.

  1. Kelangkaan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Sumber daya manusia merupakan sumber daya yang memiliki manfaat besar bagi masyarakat, jika dalam penggunaan kemampuan yang dimilikinya dimanfaatkan secara optimal.

Sumber daya manusia yang berkualitas dianggap sebagai salah satu sumber daya ekonomi yang langka.

Berdasarkan jumlahnya, negara Indonesia memiliki sumber daya manusia yang termasuk banyak. Namun, yang sumber daya yang berkualitas jumlahnya sedikit jika dibandingkan dengan jumlah kebutuhan di pasar tenaga kerja. Oleh karena itu, banyak perusahaan di Indonesia ini menggunakan jasa para ahli dari luar negeri.

  1. Kelangkaan Sumber Daya Modal

Sumber daya modal merupakan sumber daya yang berasal dari manusia yang bertujuan untuk mempermudah terlaksananya proses produksi. Kelangkaan sumber daya modal berdasarkan pada kemauan dan kemampuan yang dimiliki manusia itu sendiri.

Karena pada dasarnya setiap manusia memiliki sebuah kemampuan untuk membuat sumber daya modal tersebut. Salah satu cara membuat dumber daya modal ini adalah sebuah kemauan yang kuat untuk bekerja keras dan berusaha pantang menyerah.

  1. Kelangkaan Sumber Daya Kewirausahaan atau Entrepreunership

Sumber daya kewirausahaan ini bersifat langka. Mengapa hal ini terjadi? karena tidak semua orang bisa menjadi pengusaha atau pedagang. Untuk menjadi pengusaha seseorang harus memenuhi syarat yaitu mempunyai modal dan keahlian.

Jenis-Jenis, Contoh, Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kelangkaan Ekonomi, serta Cara Mengatasinya

Baca juga:

  1. [Pengertian, Faktor Penyebab dan Dampak] Kelangkaan Sumber Daya Alam Serta Cara Mengatasinya
  2. 17 [Pengertian dan Perbedaan] Barang dan Jasa Menurut Para Ahli Ilmu Ekonomi
  3.  [Pengertian dan Contoh] Barang Ekonomi, Barang Bebas, dan Barang Illith

Contoh Kelangkaan Ekonomi

Berikut adalah contoh dari kelangkaan sumber daya ekonomi yaitu:

  • Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia sebagai akibat konsumsi masyarakat yang berlebihan.
  • Kurangnya tenaga ahli di Indonesia, sehingga mengakibatkan perusahaan menggunakan tenaga ahlli dari luar negeri
  • Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Namun, karena ketersediaan modal untu memenuhi teknologi pengolahannya terbatas, membuat Indonesia harus bekerja sama dengan pihak luar negeri untuk dapat mengolah sumber daya alam tersebut dengan baik.

Faktor-Faktor Penyebab Kelangkaan Ekonomi

Berikut ini merupakan beberapa faktor yang menyebabkan sumber daya menjadi langka atau terbatas:

  1. Letak Geografis yang berbeda

Sumber daya alam di muka bumi tersebar secara tidak merata. Ada daerah yang berlimpah akan minyak, dan ada yang tidak. Ada daerah tanahnya subur, sebaliknya ada juga yang gersang.

Perbedaan letak geografis ini menjadi penyebab kelangkaan sumber daya alam, untuk mendapatkan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan namun tidak terdapat di daerahnya maka diperlukanlah pengorbanan yang lebih besar untuk mendapatkannya.

  1. Pertumbuhan Penduduk yang Cepat

Dimasa sekarang pertumbuhan penduduk lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan produksi barang dan jasa, hal ini menyebabkan suatu kesenjangan antara kebutuhan dengan produksi barang dan jasa.

  1. Kemampuan dalam Produksi

Kemampuan faktor produksi dalam proses produksi barang dan jasa mempunyai beberapa keterbatasan. Contohnya, tenaga kerja manusia yang tidak dapat diporsir terus menurus untuk bekerja karena mereka juga membutuhkan waktu untuk istirahat.

  1. Perkembangan Teknologi yang Tidak Sama

Setiap negara dalam perkembangan teknologi tidak sama. Di negara maju, perkembangan teknologi berkembang sangat cepat. Namun di negara berkembang, kemajuan perkembangan kebutuhan akan barang dan jasa berlangsung lebih cepat daripada berkembangnya teknologi.

Cara-Cara Mengatasi Kelangkaan Ekonomi

Berikut merupakan beberapa cara untuk mengatasi kelangkaan ekonomi antara lain:

  • Mengadakan penghematan dalam menggunakan sumber daya alam
  • Memelihara serta melestarikan sumber daya alam dengan baik dan berkelanjutan
  • Menciptakan alat pemuas kebutuhan yang baru atau barang pengganti (barang substitusi)
  • Meningkatkan dalam pengelolaan produksi berbagai macam sumber daya alam di bumi ini, sehingga lebih bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Demikianlah penjelasan mengenai Jenis-Jenis, Contoh, Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kelangkaan Ekonomi, serta Bagaimana Cara Mengatasinya.  Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat dan pengetahuan yang anda miliki bertambah.

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1.  [Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier
  2. Pengertian + Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer
  3. Pengertian Kebutuhan dan 11 Macam-Macamnya
  4. 6 Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Rumah Tangga
  5. 15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi

Leave a Reply