18 Ciri-Ciri dan Sifat Pengusaha Yang Sukses

Posted on
18 Ciri-Ciri dan Sifat Pengusaha Yang Sukses
3.3 (66.67%) 3 vote[s]

ciri pengusaha sukses

Ciri pengusaha sukses – Menjadi entrepreneur atau pengusaha adalah impian setiap orang. Menjadi pengusaha kita bisa membuka lapangan pekerjaan. Melihat pengusaha-pengusaha sukses diluar sana semakin gregetnya kita juga ingin segera mengikuti jejaknya.

Tetapi setiap orang memilki visi dan tujuan hidup berbeda untuk bisa menjadi pengusaha sukses, meskipun berbeda tetapi meraka punya ciri-ciri yang sama loo.

Ciri-Ciri Pengusaha yang Baik Untuk Mencapai Sukses

Apakah kita termasuk jadi calon pengusaha yang sukses? Bagaimana Ciri-ciri pengusaha sukses itu? Berikut kriteria pengusaha sukses yang bisa kita amati dan tiru:

  1. Niatkan pada satu tujuan

Segala sesuatu harus kita niatkan terlebih dahulu, karena semua ini dijalankan dengan hati yang tulus dan ikhlas. Jika kita mengerjakan atau merencanakan sesuatu tidak didasari dengan niat maka bagaimana kita bisa mencapainya. Niat yang tulus akan menjadi target terpenting untuk bisa menjalankan usaha yang baik.

Baca ; 24 Peluang Usaha Sampingan Generasi Milenial

  1. Bersemangat dan bersungguh-sungguh

Kunci dari pengusaha sukses harus memiliki jiwa semangat yang tinggi dan kerja keras yang sungguh-sungguh. Karena menyukai dan menikmati pekerjaannya menjadi sebab utama untuk mendorong apa yang sudah menjadi tujuannya. Untuk itu, cintailah dan senangilah pekerjaanmu terlebih dahulu agar kamu dapat mencapai tujuanmu dengan senang.

  1. Berani mengambil resiko

Menjadi pengusaha sukses itu harus berani mengambil resiko. Resiko memang selalu ada dalam kehidupan, apalagi dalam dunia bisnis. Dalam mengambil resiko pun harus berhati-hati, tidak boleh ceroboh dan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Berani berarti tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada untuk apa yang bisa menjadi keberhasilan mereka.

  1. Berfikir maju

Seorang pebisnis harus mempunyai wawasan yang luas untuk terus bisa menjalankan bisnisnya. Seorang pebisnis mempunyai cara berfikir yang berbeda dari cara berfikir banyak orang. Seorang pebisnis berfikir lebih maju untuk usaha yang dijalankannya agar terus berkembang dalam jangka yang sangat panjang.

  1. Mudah beradaptasi

Orang yang akan sukses harus beradaptasi banyak orang. Karena disitulah kita dapat mengetahui sifat dan kemauan orang. Ketika kita menemukan orang yang sesama pebisnis maka akan dapat bertukar fikiran, membentuk tim agar usaha yang dijalankan berhasil berkembang dengan baik.

  1. Memanfaatkan kesempatan

Seorang pebisnis tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang sudah ada di depan mata. Karena, berfikirnya kesempatan tidak sering datang untuk kedua kalinya maka dia akan memanfaatkannya. Menjadi pemenang tidak ada kata ragu-ragu untuk memanfaatkan suatu kesempatan karena disitulah dia akan mendapatkan keinginannya.

  1. Mau mendengar pendapat dan kritikan dari orang lain

Orang yang baik maka dia akan menghargai orang lain. Maka orang yang akan sukses maka dia akan mendengar pendapat dari orang lain dan kritikan dari orang lain. So.. apalagi seorang pengusaha perlu saran dan kritikan dari orang lain untuk mengembangkan bisnis mereka agar lebih maju dengan apa yang mereka harapkan.

  1. Percaya diri

Jika tidak memiliki rasa percaya diri maka bukan pengusaha dong namanya.hehe. Percaya diri merupakan modal penting bagi seorang pengusaha. Percaya diri yang tinggi membuat mereka semakin yakin bahwa dia dapat melakukan apa yang sudah menjadi tujuannya.

  1. Berkomunikasi dengan baik

Pengusaha sukses ialah orang yang dapat berkomunikasi dengan baik. Pengusaha akan berkomunikasi kepada orang banyak dan lingkungan baru maka komunikasi yang baik diperlukan untuk terjalinnya membangun ide baru agar mencapai tujuan. Dengan semakin banyak mereka berkomunikasi dengan banyak orang, maka semakin besar pula peluang dan banyak orang yang tau bahwa kita mendirikan usaha maka semakin maju usaha kita. Karena maju mundurnya usaha kita tergantung konsumen dan cara kita menyikapinya.

  1. Tekun dan Tidak cepat merasa puas

Seorang pengusaha sukses tidak akan merasa cepat puas dengan hasil yang dia kerjakan. Walapun sudah banyak orang yang sudah menganggapnya berhasil, tetapi seorang pengusaha akan terus melakukan yang terbaik dengan tekun dan telaten. Seorang pengusaha akan terus belajar dan menemukan hal dan inovasi yang baru agar bisnis mereka selalu diminati banyak orang.

  1. Memiliki kemampuan analisis yang baik

Seorang bisnis harus bisa menebak tren dan kecenderungan pasar di masa mendatang. Mereka akan memprediksi perkembangan pasar. Namun, kemampuan ini perlu di asah dengan cara berkomunikasi dengan banyak orang, berita, berdiskusi agar selalu up date dan  tidak ketinggalan infomasi agar dapat terus berjalan dengan baik usaha yang dijalankan.

  1. Memahami proses

Kita di dunia ini membutuhkan yang namanya proses. Tidak mungkin kita dilahirkan tiba-tiba langsung menjadi orang dewasa. Sama halnya bisnis seorang pengusaha mereka perlu proses untuk mereka sukses, banyak hal rintangan dan cobaan untuk menjadi orang sukses maka mereka harus benar-benar memahami setiap proses yang dialami. Karena mereka tau, menajalani segala sesuatu itu harus dimulai dari nol. Untuk mencapai kesuksesan mereka butuh usaha dan kerja keras maka proses adalah hal yang sangat penting. Proses yang benar juga akan menghasilkan keuntungan yang lebih bertahan lama.

  1. Tidak takut untuk gagal

Di dunia ini tidak ada yang namanya sukses terus, pasti akan mengalami kegagalan terlebih dahulu karena kegagalan adalah cara kita untuk selalu bangkit. Maka seorang pengusahapun tidak akan secara instan bisa sukses. Pasti akan menglami kegagalan dulu bahkan mengalami kerugian yang banyak. Tetapi kegagalan tersebut tidak menjadi hambatan untuk terus bisa maju, karena dibalik kegagalan pasti ada kesuksesan. Justru kita dapat mengambil hikmah dari kegagalan dan untuk lebih semangat lagi dalam bekerja dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sudah terjadi.

  1. Disiplin

Cara lain kita dalam berusa adalah disiplin. Karakter ini mungkin tidak semua orang memiliki tapi apa salahnya kita belajar untuk displin. Dari disiplin kita dapat bertanggung jawab dengan usaha yang kita jalankan untuk menjadi sukses. Seorang pengusaha rela menghabiskan banyak waktu dan tenaganya demi bisnis yang mereka jalankan.

  1. Berinvestasi untuk diri sendiri

Seorang pengusaha tidak lupa menyisikan waktu dan uang untuk masa depannya. Seorang pengusaha juga perlu pendidikan, liburan ataupun asuransi. Dengan ini mereka sudah dapat menghargai dirinya ke jauh yang lebih baik.

  1. Beradaptasi dengan adanya kemajuan teknologi

Kemajuan teknologi yang terus berkembang pesat membuat para pebisnispun semakin cepat berkembang. Agar dapat melayani kebutuhan konsumen dengan baik, seorang pengusaha harus bisa mengikuti perkembangan teknologi agar dapat membantu dan mempermudah bisnis yang dijalaninya.

  1. Suka menolong

Seorang pebisnis menyukai jiwa penolong. Keinginan yang kuat untuk selalu menolong orang dan memberikan solusi atas masalahnya. Orang yang sukses selalu menyediakan pelayanan dan produk yang baik yang dibutuhkan oleh konsumen dan masyarakatnya.

  1. Menyukai tantangan

Mereka yang memilki semangat yang tinggi sangat menyukai tantangan karena tantangan adalah peluang besar untuk meraih kesuksesan. Mereka terus belajar dari tantangan-tantangan yang dihadapinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian ulasan tentang ciri-ciri pengusaha sukses ini semoga kita bisa menjadi sesorang pengusaha-pengusaha yang sudah disebutkan di atas. Terima kasih

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.