Pengertian dan Fungsi Buku Besar Pembantu “6 Jenis” Persediaan, Piutang, Utang, HPP, Biaya dan Aktiva Tetap

Posted on
Pengertian dan Fungsi Buku Besar Pembantu “6 Jenis” Persediaan, Piutang, Utang, HPP, Biaya dan Aktiva Tetap
2.4 (48.57%) 7 votes

Pengertian Buku Besar Pembantu


Buku pembantu / Buku Besar Pembantu adalah rincian rekening rekening tertentu dalam buku besar (general ledger), yang dibentuk fungsinya untuk memudahkan penyusunan laporan dan neraca percobaan.

Pada artikel Buku Besar yang lalu juga disebutkan bahwa rekening buku besar yang dirinci informasinya dalam buku pembantu disebut dengan rekening control (controlling account) dan rekening-rekening rincian yang terdapat dalam buku pembantu disebut dengan rekening pembantu (subsidiary account).

pengertian-fungsi-buku-besar-pembantu

Pada perusahaan manufaktur buku besar pembantu terdapat 6 jenis buku pembantu diantaranya:

  • Buku pembantu persediaan
  • Buku pembantu piutang
  • Buku pembantu utang
  • Buku pembantu harga pokok produk
  • Buku pembantu biaya
  • Buku pembantu aktiva tetap

Dibawah ini akan diuraikan secara detail masing-masing buku pembantu tersebut.

Buku Pembantu Persediaan. Dalam buku ini terdiri dari kartu persediaan yang berisi informasi mengenai berbagai persediaan baik mengenai kuantitas maupun harga pokok. Kartu persediaan ini digunakan untuk mencatat setiap mutasi persediaan dan saldo tipe jenis persediaan.

Buku Pembantu Piutang. Buku ini terdiri dari kartu piutang yang disusun menurut nama debitur perusahaan. kartu ini digunakan untuk mencatat mutasi dan saldo piutang setiap debitur serta digunakan sebagai informasi untuk pembuatan pernyataan piutang (account receivable statement) yang dikirimkan kepada setiap debitur secara periodik. Buku pembantu ini adalah rincian rekening piutang dagang yang diselenggarakan dalam buku besar.

Buku Pembantu Utang. Buku ini berisi catatan dari kartu utang yang disusun berdasarkan nama kreditur perusahaan. Kartu utang ini sebagai alat untuk mencatat mutasi dan saldo utang kepada setiap debitur serta dapat digunakan sebagai sumber informasi guna kepentingan rekonsiliasi dengan memberikan pernyataan piutang (account receivable statement) yang diterima dari kreditur secara periodik.

Buku Pembantu Harga Pokok Produk. Buku ini terdiri dari harga pokok produk yang digunakan oleh perusahaan untuk mencatat harga pokok pesanan yang diproduksi. Buku ini digunakan perusahaan yang produksinya berdasarkan pesanan dan merupakan rincian dari rekening barang dalam proses yang diselenggarakan dalam buku besar.

Buku Pembantu Biaya. Buku ini terdiri dari kartu biaya yang digunakan untuk mencatat biaya yang tidak bersangkutan degan pesanan tertentu (biaya overhead pabrik) sesungguhnya, biaya pemasaran, biaya administrasi dan umum dan. Kartu biaya pada umumnya menggunakan formulir rekening dengan Kolom Saldo

Buku Pembantu Aktiva Tetap. Buku ini terdiri dari kartu aktiva tetap yang digunakan untuk mencatat seluruh informasi mengenai aktiva tetap, seperti tanggal perolehan jenis aktiva tetap, lokasi, spesifikasi, depresiasi dan pengeluaran modal. Buku ini merupakan rincian rekening aktiva tetap yang diselenggarakan dalam buku besar.

Demikian artikel tentang pengertian dan fungsi buku besar pembantu semoga bermanfaat bagi para pembaca yang baik hatinya. Terimakasih

Baca Dulu :

 

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.