8 Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Paling Menguntungkan

Posted on
8 Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Paling Menguntungkan
5 (100%) 7 votes

Jenis Investasi Jangka Panjang

Apa Saja Jenis Investasi Jangka Panjang ? Akhir-akhir ini beberapa Negara telah melakukan berbagai macam kebijaksanaan yang bertujuan untuk meningkatkan investasi (pengertian investasi) baik domestik maupun modal asing. Hal ini dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara, penyerapan tenaga kerja, peningkatan output yang dihasilkan, penghematan devisa atau bahkan penambahan devisa. Investasi tersebut bisa dilakukan oleh para investor dalam jangka panjang atau pendek. Salah satu cara untuk mengamankan keuangan kamu, yaitu memiliki investasi jangka panjang.

Pengertian Investasi Jangka Panjang

Apa si investasi jangka panjang itu..?

Investasi jangka panjang merupakan investasi dimana dana yang kita simpan akan dicairkan setelah jangka waktu 1 tahun. Investasi jangka panjang disebut juga sebagai penanaman sebagian kekayaan suatu perusahaan atau perorangan pada perusahaan lain. Keuntungan investasi jangka panjang adalah untuk memperoleh pendapatan tetap dan atau untuk menguasai atau mengendalikan perusahaan tersebut.

Baca juga:

  1. Cara Mengatur Keuangan Bagi Anak Sekolah Yang Mudah
  2. NPWP : Pengertian, Fungsi dan Syarat Pembuatannya
  3. 24 Peluang Usaha Sampingan Generasi Milenial (Menjanjikan)

Jenis Investasi Jangka Panjang

Berikut ini jenis investasi jangka panjang paling menguntungkan yang dapat kamu lakukan:

  1. Emas

Contoh investasi jangka panjang adalah Emas. Sebagai salah satu logam mulia yang indah dan digemari banyak orang, emas akan menjadi investasi yang akan menguntungkan. Mengapa ? karena selain dikenal investasi yang menguntungkan emas juga  mempunyai nilai atau harga yang selalu naik tiap tahun. Selain memiliki nilai jual yang tinggi, emas juga sangat aman dalam berbagai keadaan serta stabil dan anti inflasi. Karena nilai emas yang terus melambung tinggi maka jika berinvestasi emas selama 5 tahun akan mendapat keuntungan yang berlipat-lipat.

  1. Tanah dan Bangunan

Selain emas, barang yang memiliki nilai investasi tinggi dan menguntungkan adalah tanah dan bangunan. karena tanah dan bangunan memiliki harga yang terus naik setiap tahunnya.

  1. Asuransi

Jika kita ingin memperkecil resiko kehilangan suatu benda atau kerusakan suatu benda, maka asuransi pilihan utama. Selain akan mendapatkan proteksi atau perlindungan, dengan asuransi juga akan mendapatkan investasi yang menguntungkan.

  1. Reksa Dana

Merupakan surat-surat berharga sebagai bukti klaim atau asset. Reksadana bisa menjadi investasi yang menguntungkan karena memiliki keunggulan. Keunggulan reksadana sendiri yaitu beragam pilihan produk untuk jangka waktu yang berbeda dan mudah ditransaksikan dan likuid.

  1. Saham

Investasi saham adalah suatu penanaman modal dengan cara penimpaan dan pembelian saham oleh investor perorangan atau perusahaan terhadap pasar modal, dengan tujuan untuk memperoleh kenaikan nilai saham dan deviden jika terdapat penjualan saham dan dapat berujung pada profit yang didapatkan. Saham juga dapat dikatakan sebagai bagian dari kepemilikan suatu badan usaha. Misalnya, memiliki atau membeli sebagian saham dari perusahaan, artinya kita juga ikut serta memiliki perusahaan tersebut serta memiliki klaim dalam hal kekayaan maupun penghasilan perusahaan.

  1. Program pensiun

Perusahaan asuran di Indonesia sudah sangat banyak dan telah memasarkan dan memperkenalkan produk unggulan yang telah dipadukan dengan program investasi dana pensiun.sampai apabila sudah tiba masa pensiun, investor akan mendapatkan sejumlah dana yang asalnya dari hasil pengembangan pihak perusahaan asuransi. Namun demikian, investasi program pensiun tidak banyak mendapatkan bunga jika bagian keuntungan yang diterima itu tidak dikenakan pajak.

  1. Tabungan berjangka

Tabungan berjangka  sudah banyak dilirik orang. Tabungan ini bisa kamu jadikan investasi. Pasalnya tabungan berjangka dapat membantu kamu yang memerlukan dana dalam waktu beberapa tahun ke depan. Tabungan berjangka memiliki fitur auto debet, jadi setiap bulan uang akan langsung ditarik otomatis oleh bank dari rekening tabungan induk di tanggal yang sudah ditetapkan.

  1. Obligasi

Obligasi merupakan surat bukti telah memberikan pinjaman kepada pihak yang menerbitkan obligasi dan harus melunasipada tanggal jatuh temponya. Obligasi memiliki beberapa keuntungan yaitu memberikan pendapatan tetap dan keuntungan atas penjualan obligasi. Kerugiannya biasanya jika pihak yang berhutang bangkrut maka tidak dapat membayar hutangnya dan memilki jangka waktu yang cukup panjang.

Demikianlah tadi 3 Jenis Investasi Jangka Panjang. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan terimakasih banyak atas kunjungannya. 🙂 Like and share yaa!

Kunjungi artikel lainnya:

  1. Pengertian, Fungsi dan Jenis Valuta Asing (Valas)
  2. Cara Menghitung Bunga Deposito Bank
  3. Cara Menghitung Pesangon Phk (Pemutus Hubungan Kerja)
  4. Pengertian dan Cara Menghitung Laba Ditahan
  5. Pengertian Efektifitas Beserta Aspek-Aspek dan Contoh