Penampilan Sekretaris Yang Baik

Posted on

Sekretaris adalah profesi yang sering berhubungan dan berhadapan langsung dengan orang lain atau mitra, sehingga penampilan sekretaris akan selalu jadi perhatian. Penampilan yang baik akan menambah citra yang baik pula pada kepribadian seseorang.

Disamping itu, sekretaris tidak hanya membawa dirinya sendiri, mereka adalah sebagai wakil dari perusahaan. Jadi jangan sampai kepribadian dan penampilan sekretaris yang kurang baik.

Mari kita simak bagaimana sekretaris profesional mengatur pakaian, aksesoris dan kepribadiannya sehari-hari.

Penampilan Sekretaris

Penampilan yang baik tidak hanya untuk mendapat kesan dan etika sekretaris yang baik, namun juga sebagai reaksi hormat dan menghargai orang lain dan semangat bekerja.

Selain itu petingnya menjaga penampilan adalah mendapat respon yang positif, saat pertama kali bertemu dengan klien atau orang lain. Hal ini penting untuk menjaga hubungan berikutnya.

Ibaratnya Anda akan melakukan kencan pertama kali dengan pasangan anda, jika pertemuan pertama sudah mengecewakan, maka akan sulit untuk berlanjut ke hubungan berikutnya.

Cara Menjaga Penampilan Sekretaris

Cara Menjaga Penampilan Sekretaris

Menjaga kondisi badan

Kondisi badan setiap orang akan mempengaruhi semangat dan konsentrasi dalam beraktivitas. Sekretaris punya tugas dan peran yang cukup banyak, sehingga kondisi badan yang kurang baik akan mengganggu penampilan dan menghambat tugas sekretaris.

Cara menjaga kesehatan tubuh bagi sekretaris adalah :

  • Konsumsi air putih yang cukup. Konsumsi produk air putih dengan ph yang baik.
  • Hindari cemilan yang tidak sehat saat bekerja.
  • Istirahat sejenak setiap 30-45 menit bekerja.
  • Melakukan olahraga kecil setiap akhir pekan.

Penampilan tubuh Sekretaris

Penampilan tubuh yang perlu diperhatikan diantaranya, gaya rambut, wajah, tangan dan kaki. Rutin berikan perawatan pada beberapa bagian tubuh ini.

Berikan vitamin dan perawatan lain pada rambut, supaya rambut terus sehat dan bebas dari aroma tidak sedap. Konsultasikan model potongan rambut kepada ahlinya, untuk mendapatkan model yang sesuai dengan Anda.

Perhatikan riasan wajah Anda supaya tidak berlebihan, terkesan natural dan membuat wajah Anda terlihat cerah dan segar.

Tips pakaian dan aksesoris bagi sekretaris

Faktor lain yang tak bisa dilewatkan untuk menjaga penampilan sekretaris adalah pakaian dan aksesoris.

Siapkan pakaian khusus untuk pergi ke kantor. Pastikan pakaian rapih, wangi dan bersih untuk menunjang penampilan Anda sehari-hari lebih baik lagi.

Untuk wanita, disarankan untuk menghindari pakaian yang terbuka. Pakailah pakaian dengan ukuran dan panjang yang sesuai untuk memastikan kepercayaan diri dan kenyamanan saat dipakai.

Cara bersikap sekretaris

Alih-alih hanya memperhatikan barang yang Anda gunakan, faktor yang bisa banyak berpengaruh terhadap penampilan sekretaris adalah cara bersikap.

Beberapa indikator yang bisa diperhatikan adalah sikap berjalan, cara duduk, gaya bicara dan saat diam.

  • Saat sedang berjalan, atur sikap badan supaya tegak, tidak terburu-buru dan tidak terlalu pelan, posisikan kepala sejajar air.
  • Sikap duduk yang baik adalah posisi badan tegak, jika duduk di sofat sebaiknya tidak terlalu banyak bersandar karena seperti menampilkan rasa malas.
  • Saat sedang berbicara, Anda bisa memandang lawan bicara, tidak menunjukkan reekspresi aneh seperti memutar mata, mengernyitkan dahi dan memainkan mulut, menggaruk kepala, mengupil, mengorek telinga, membersihkan gigi dengan jari atau kuku.
  • Saat sedang diam atau otak kita sedang memikirkan sesuatu terkadang badan kita merespon dengan tindakan aneh seperti menggoyangkan kaki, menggaruk kepala, mengetuk meja dan sebagainya, hal ini sebisa mungkin dihindari. Anda harus mulai melatih sikap diam dengan tidak menimbulkan reaksi berlebihan.

Standar Penampilan di Kantor

Sebegitu pentingnya penampilan, hingga di beberapa kantor bisnis menerapkan standar penampilan pada karyawannya.

Standar penampilan itu diantaranya adalah :

  • Mengenakan pakaian dengan warna dasar dan tidak mencolok seperti warna hitam, putih, biru muda, merah muda dan hijau muda.
  • Selalu rapih dan bersih, baik pakaian, sepatu, maupun anggota badan lain (mata, gigi, kuku, wajah dan rambut).
  • Menghindari konsumsi makanan atau minuman dengan bau menyengat dan merokok.
  • Menggunakan tas kantor ringan untuk membawa dokumen, supaya tidak menjinjing dokumen dengan tangan atau di ketiak.
  • Gunakan parfum dengan wangi yang lembut.

Demikian pembahasan tentang penampilan sekretaris. Semoga bisa menambah referensi bagi para pembaca. Kritik dan saran silahkan layangkan ke halaman kontak kami. Terimakasih.

Leave a Reply