“Pengertian, Jenis-Jenis serta Contoh” Tindakan Ekonomi

Posted on

Pengertian, Jenis-Jenis serta Contoh dari Tindakan Ekonomi | Manusia sebagai makhluk ekonomi, manusia harus berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam usaha pemenuhan kebutuhan hidup manusia mengalami banyak masalah. Contohnya, manusia selalau mengalami dimana banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi, tetapi untuk memnuhi kebutuhan itu terhalang karena keterbatasan jumlah uang yang dimiliki.

Keadaan tersebut mendorong manusia untuk bersikap cerdas dan cermat dalam mengatasi masalah yang dihadapinya, yaitu seperti dengan membeli barang-barang berharga murah.

Hal ini membuktikan bahwa manusia dalam mempertimbangkan dan memilih hal yang terbaik dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup mereka dengan menggunakan pemikiran mereka secara rasional.

Setiap usaha yang dilakukan oleh manusia ini dengan melalui proses pertimbangan yang sangat matang disebut dengan Tindakan Ekonomi.

Tindakan ekonomi muncul karena adanya suatu keterbatasan pada sarana untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Contoh dari sarana pemenuhan kebutuhan manusia yaitu berupa uang, barang, maupun jasa.

Karena keterbatasan ini, manusia harus memilih kebutuhan mana yang harus diutamakan dan kebutuhan mana yang dapat ditunda atau diganti.

[Pengertian, Jenis-Jenis serta Contoh] Tindakan Ekonomi

Baca juga:

  1.  10 Prinsip Dasar Ekonomi Syariah
  2. “Pengertian, Karakteristik, Serta Tujuan” Ekonomi Syariah
  3.  3 Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

Pengertian Tindakan Ekonomi

Pengertian Tindakan ekonomi yaitu suatu tindakan yang dilakukan manusia yang didorong oleh usaha dalam pemenuhan suatu kebutuhan untuk mencapai suatu kemakmuran dalam hidupnya.

Disebut sebagai tindakan ekonomi memiliki syarat yaitu, jika tindakan tersebut dilakukan dengan melalui proses mempertimbangkan antara pengorbanan dan hasil yang didapatkan, serta memilih hal yang tepat dalam pemenuhan suatu kebutuhan yang harus didahulukan dan sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia melakukan tindakan ekonomi dengan memilih beberapa pilihan yang paling menguntungkan bagi mereka, namun harus didasarkan dengan pemikiran yang rasional, yaitu dengan membandingkan antara jumlah pengorbanan yang mereka lakukan untuk mendapatkan hasil yang akan diperoleh. Oleh karena itu, dalam melakukan tindakan ekonomi manusia harus bersikap cerdas dan cermat.

Jenis-Jenis Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi terbagi menjadi 2 jenis, yaitu sebagai berikut:

1. Tindakan ekonomi rasional

Tindakan ekonomi rasional merupakan salah satu jenis tindakan ekonomi yang berlandaskan atas dasar dalam memilih hal yang paling baik dan yang paling menguntungkan bagi hidupnya. Agar manusia dapat meningkatkan kehidupan ekonominya menjadi lebih baik.

Rasional ialah suatu pemikiran atau pertimbangan yang logis atau masuk akal. Tindakan yang rasional ini dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari serta dalam berusaha.

Dengan berdasarkan pertimbangan untung atau rugi, manusia mampu meningkatkan kehidupan ekonominya menjadi lebih baik. Pertimbangan rasional dimulai dari hal yang kecil hingga hal yang besar.

Ciri-ciri tindakan ekonomi rasional

• Untuk mendapatkan suatu kepuasan yang maksimal, namun dilakukan dengan pengorbanan yang minimal. Hal ini dalam ilmu ekonomi disebut dengan prinsip ekonomi.
• Tindakan ekonomi didorong oleh suatu kepentingan. Dorongan dalam ilmu ekonomi disebut dengan motif ekonomi.

Contoh : Iga harus membeli seragam sekolah dan baju baru, namun ia hanya memiliki uang yang cukup untuk dapat membeli satu pakaian saja. Dengan mempertimbangan dengan sangat matang, akhirnya ia memutuskan membeli seragam sekolah dengan alasan bahwa seragam sekolah merupakan prioritas yang lebih penting daripada baju baru.

2. Tindakan ekonomi irasional

Tindakan ekonomi irasional merupakan tindakan manusia yang memperkirakan bahwa hal itu menguntungkan namun pada kenyataannya malah merugikan.

Biasanya, seseorang yang bertindak irasional tidak mempertimbangkan tentang faktor yang mempengaruhinya seperti biaya, waktu, dan tenaga yang dikeluarkan.

Contohnya : Bibi membeli beras dipasar yang jaraknya lebih jauh dari rumah, dengan alasan harga beras dipasar tersebut lebih murah, padahal jika dihitung dengan biaya ongkos yang dikeluarkan untuk pergi kesana, yaitu akan sama atau bahkan lebih mahal dengan pasar yang dekat dengan rumah.

[Pengertian, Jenis-Jenis serta Contoh] Tindakan Ekonomi

Baca juga:

  1. [7 Point] Masalah Ekonomi Makro dan Mikro
  2. Contoh dan Jenis-Jenis Kelangkaan Ekonomi + Penyebab dan Cara Mengatasinya
  3. 17 [Pengertian dan Perbedaan] Barang dan Jasa Menurut Para Ahli Ilmu Ekonomi

Contoh Tindakan Ekonomi

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia bertujuan untuk memenuhi kebutuhannya. Contohnya Mumu diberi uang saku oleh ibunya untuk kebutuhan hidupnya selama sebulan penuh. Dengan uang tersebut, Mumu dapat membeli apa pun yang dia inginkan.

Namun, karena ia mempunyai banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi, maka ia harus dapat menggunakan uang sakunya seefesien mungkin, caranya yaitu dengan membuat daftar atau list prioritas kebutuhan.

Bisa saja Mumu menggunakan uang itu untuk membeli makan, ongkos naik angkot, atau membeli perlengkapan sekolah. Namun ketika Mumu memilih untuk membeli perlengkapan sekolah dengan berbagai pertimbangan tertentu, maka secara tidak langsung Mumu telah melakukan tindakan ekonomi.

Itulah tadi pembahasan [Pengertian, Jenis-Jenis serta Contoh] Tindakan Ekonomi, Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1. 17 [Pengertian dan Perbedaan] Barang dan Jasa Menurut Para Ahli Ilmu Ekonomi
  2. [Pengertian dan Contoh] Barang Ekonomi, Barang Bebas, dan Barang Illith
  3. 15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi
  4. Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional [Kelebihan dan Kekurangan]
  5.  (Lengkap) Pengertian, Contoh, Fungsi Lembaga Ekonomi dan Tujuannya

Leave a Reply