Pengertian Manajer Menurut Para Ahli Serta Tugas, 3 Tingkatan dan Contohnya

Posted on

Siapakah manajer itu ? dan apakah tugasnya ? – untuk dapat memahami kedua pertanyaan berikut silahkan simak artikel akuntansilengkap.com dibawah ini.

Pengertian Manajer Menurut Para Ahli Serta Tugas Dan 3 Tingkatannya

A. Pengertian Manajer


Secara sederhana manajer adalah orang yang dapat mengarahkan atau memimpin orang lain dan mampu bertanggung jawab atas kegiatan (pekerjaan) di suatu organisasi atau perusahaan.

Lebih lanjut, pengertian manajer adalah orang yang memiliki pengalaman, pengetahuan serta keterampilan yang baik dan diakui oleh organisasi/perusahaan tersebut untuk dapat memimpin, mengendalikan mengelola, mengatur serta mengembangkan organisasi dalam rangka mencapai visi (tujuan) perusahaan. (Baca Juga : Inilah 6 Unsur Unsur Manajemen Menurut Para Ahli)

B. Tingkatan-Tingkatan Manajer


Dalam penerapannya pada beberapa organisasi, manajer biasanya dikelompokkan kedalam beberapa kategori manajer seperti manajer puncak (top management), manajer tingkat mengah (middle management) dan manajer lini pertama (first-line management). Berikut ini penjelasannya:

  1. Manejemen lini pertama (first line management)

Pernahkah mendengar istilah supervisor, manajer area, manajer department dan manajer kantor atau mandor ?. Beberapa pekerjaan tersebur termasuk dalam kelompok manajer lini pertama. Manajer ini merupakan tinggatan paling rendah, sering dikenal dengan manajer operasional. Tugas dan fungsinya seperti memimpin dan mengawasi pegawai non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi.

  1. Manajer tingkat menengah (middle management)

Kali ini contohnya seperti manajer proyek, manajer divisi , manajer pabrik atau kepala bagian termasuk kelompok manajer tingkat menengah. Manajer ini ini berada diantara manajer lini pertama (first line management) dan manajer puncak (top management), tugas dan fungsinya adalah sebagai penghubung antara keduanya. (Baca Juga :  6 (enam) Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan)

  1. Manajer puncak (top management)

Contoh dari manajer puncak seperti Chief Executive Officer (CEO), Chief Information Officer (CIO) dan Chief Financial Officer (CFO). Tugas dan fungisnya manajer puncak adalah bertugas untuk merencanakan kegiatan maupun strategi organisasi perusahaan secara umum serta mengarahkan jalannya organisasi ataupun perusahaan. Manajer puncak ini dikenal dengan istilah executive officer.

C. Tugas Manajer


Seorang manajer memiliki tanggungjawab dan tugas yang sangat strategis dalam perusahaan. Berikut ini adalah beberapa tugas yang dilakukan oleh manajer diantaranya :

1. Seorang manajer harus mampu menggali dan mengembangkan sumber daya yang dimiliki organisasi atau perusahaan.

2. Seorang manajer harus mampu memimpin organisasi beserta seluruh manajemen di dalamnya.

3. Seorang manajer harus mampu mengatur dan mengendalikan organisasi.

4. Seorang manajer harus mampu mengembangkan organisasi.

5. Seorang manajer harus mampu mengatasi berbagai masalah yang dihadapi organisasi.

6. Seorang manajer harus dapat mengawasi dan mengendalikan organisasi.

7. Seorang manajer harus bisa menumbuhkan kepercayaan mengenai langkah dan keputusan yang diambil untuk manajemen perusahaan.

8. Seorang manajer harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap organisasi dan manajemennya.

9. Seorang manajer harus mampu mengevaluasi kegiatan-kegiatan organisasi.

Berdasarkan pernyataan diatas menunjukkan bahwa manajer adalah seseorang yang mampu mengendalikan, memimpin dan mengembangkan organisasi atau perusahaan dalam rangka untuk mencapai tujuan.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Manajer Menurut Para Ahli Serta Tugas, 3 Tingkatan dan Contohnya diatas semoga dapat dipahami dan bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Baca Juga : 

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.