Inilah 14 Bidang Bidang Akuntansi Dan Profesinya

Posted on
Inilah 14 Bidang Bidang Akuntansi Dan Profesinya
4.7 (93.5%) 40 votes

Inilah 14 Bidang Bidang Profesi Akuntansi Terlengkap

A. Bidang Bidang Akuntansi

Kontribusi para akuntan dan para profesi akuntansi sangat besar peranannya terhadap sistem sosial ekonomi di suatu negara. Akuntansi secara umum dikelompokkan menjadi dua, yaitu akuntan publik dan akuntan intern (perusahaan). Artikel akuntansilengkap.com kali ini akan membahas secara lengkap tentang 14 bidang akuntansi yang terdiri dari Bidang-Bidang Akuntansi, Bidang Manajemen (administrative service) dan Pekerjaan Akuntansi

Baca juga: Pengertian Akuntansi Secara Umum : Fungsi dan Bidang-Bidang

1. Bidang Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

Akuntansi Keuangan atau atau Akuntansi Umum (General Accounting) menyajikan informasi berupa laporan keuangan secara berkala untuk suatu unit ekonomi secara keseluruhan. Informasi tersebut digunakan oleh para pengambil keputusan dari pihak internal atau eksternal perusahaan. (Baca juga: tujuan dan fungsi akuntansi keuangan )

Jadi, siapa sajakah pengguna informasi tersebut ?

  1. Pemilik perusahaan, informasi keuangan tentu digunakan untuk pengambilan keputusan apakah mereka akan mempertahankan perusahaan atau melepaskan kepemilikan perusahaan.
  2. Kreditor perusaahaan, informasi ini digunakan untuk pengambilan keputusan dalam menentukan apakah pihaknya akan memperpanjang pemberian kredit pada perusahaan atau menolaknya.
  3. Pemerintah, informasi tersebut diguanakan untuk pengambilan keputusan terkait kerjasama dengan perusahaan.

Fungsi Akuntansi Keuangan

bidang bidang profesi akuntansi2. Bidang Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)

Bidang akuntansi yang berhubungan dengan kegiatan pemeriksaan laporan keuangan, kegiatan ini menyangkut kebenaran suatu laporan keuangan atau hasil dan kesimpulannya yang berguna bagi pihak pihak seperti investor kreditur, pemilik saham dan pemerintah.

Akuntansi pemeriksaan juga merupakan aktivitas pemeriksaaan terhadap catatan hasil kegiatan dari akuntansi keuangan yang sifatnya pengujian atas kelayakan Laporan Keuangan secara objektif dan tidak berpihak atau independen (bebas). (Baca juga: jenis-jenis audit dan auditor )

3. Bidang Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen adalah bidang akuntansi yang hubungannya dengan pimpinan perusahaan. Akuntansi manajemen sendiri memiliki fungsi sebagai berikut. sumber : (Akuntansi, Sumarso SR,LPFEUI,1986,P:24). 
bidang bidang profesi akuntansi 2

B. Bidang Manajemen Advisory Service (Administrative Service)

1. Akuntansi biaya (Cost Accounting)

Akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan serta penjualan produk atau jasa, dengan berbagai cara tertentu, serta penafsiran terhadapnya. Objek kegiatan akuntansi biaya adalah biaya.

3 Tujuan pokok akuntansi biaya diantaranya :

  1. Perencanaan/penentuan kos produk.
  2. Pengendalian biaya.
  3. Pengambilan keputusan khusus.

(Mulyadi, Akuntansi Biaya Ed.5, UPP STIM YPKN, 2009,p7 dan sumber lainnya)

2. Sistem Informasi Akuntansi (Accounting Information System)

System informasi akuntansi adalah suatu cabang dari akuntansi yang hubungannya dengan perencanaan serta pelaksanaan prosedur pengumpulan dan pelaporan data keuangan.

3. Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)

Akuntansi perpajakan adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan penentuan obyek pajak yang menjadi tanggungan perusahaan serta perhitungan dan penyusunan surat pemberitahuan pajak (SPT). Kegiatan akuntansi perpajakan sangat membantu dalam menentukan berbagai pilihan transaksi yang akan dilakukan dengan untuk pertimbangan perpajakan pada manajemen perusahaan. (sumber: Akuntansi, Sumarso SR,LPFEUI,1986,P:24 dan beberapa sumber lainnya)

4. Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Bidang kegiatan akuntansi anggaran adalah berhubungan dengan pengumpulan dan pengelolaan data operasi keuangan yang sudah terjadi serta taksiran kemungkinan yang akan terjadi. Fungsi akuntansi anggaran adalah untuk kepentingan penetapan rencana operasi keuangan perusahaan yaitu anggaran dalam suatu periode tertentu.

5. Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting).

Bidang akuntansi pemerintahan adalah bidang akuntansi yang kegiatannya berhubungan tentang kegiatan pemeriksaan keuangan negara. Bidang ini pada umumnya lazim disebut dengan Administrasi Keuangan Negara.

C. Pekerjaan Akuntansi

1. Akuntan Publik (Publik Accountant / External Accountant)

Akuntan Publik adalah profesi akuntan yang memberikan jasanya sebagai professional yang telah diberi dan memiliki izin oleh negara untuk melakukan praktek sebagai akuntan swasta yang bekerja secara independen.

Apa saja tugas akuntan publik ? Tugasnya meliputi analisis laporan keuangan, audit laporan keuangan, audit pajak dsb.

2. Akuntan Intern (Internal Accountant)

Akuntan intern adalah akuntan yang bekerja pada suatu perusahaan atau organisasi tertentu. Umumnya pada bagian keuangan(akuntansi) tersendiri dengan jabatan Chief Accountant. Namun, terkadang ada yang menjabat sebagai income auditor yang bertanggung jawab sebagai controller dari chief accountan atau pada Presiden Direktur.

3. Akuntan Pemerintah (Government Accountant)

Akuntan Pemerintah adalah Akuntan yang berkerja di badan usaha negara, contohnya BPK, Departemen Keuangan, Kantor Pemerintahan, Lembaga negaran lainnya.

4. Akuntan Pendidik

Akuntan Pendidik adalah Akuntan yang kegiatannya sebagai pengajar contohnya dosen, guru atau instruktur pelatihan akuntansi dengan memberikan sifatnya keilmuan kepada anak didiknya ataupun melakukan penelitian di bidang akuntansi. (Akuntansi, Sumarso SR,LPFEUI,1986,P:24)

5. Akuntansi Perilaku

Akuntansi Perilaku adalah bidang yang berhubungan dengan akuntan dan pihak manajemen dalam mensikapi hasil laporan keuangan kepada perusahaan yang sedang menanganinya.

6. Akuntansi Forensik

Akuntansi Forensik adalah bidang keahlian yang mumpuni atau menuntut kemampuan dalam bidang akuntansi, audit serta investigasi dari pengelolaan dana. Bidang ini dikatakan karir favorit di bidang akuntansi yang akan datang. Kegiatannya meliputi penelusuran money laundering (pencucian uang) dan termasuk kegiatan yang mencurigakan lainnya seperti penggelapan pajak, harta wasit dan insurance fraud.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah 14 Bidang Bidang Profesi Akuntansi Terlengkap. Semoga bermanfaat. Kunjungi juga artikel lainnya. 

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.