[Lengkap] Contoh Circular Flow Diagram 2, 3 dan 4 Sektor Serta Penjelasannya

Posted on

Circular Flow Diagram 2, 3 dan 4 Sektor Serta Penjelasannya | Pelaku kegiatan ekonomi, masing-masing memainkan dua peran pada arus lingkar kegiatan ekonomi, yaitu sebagai konsumen (Firm) atau sebagai produsen (Household). Jika kedua peranan tadi dihubungkan dalam suatu pola, maka akan terjadi hubungan timbal balik atau sirkulasi flow yang menurut istilah ekonomi disebut arus lingkaran kegiatan ekonomi.

Arus lingkaran kegiatan ekonomi bisa berlangsung di antara pelaku pelaku ekonomi. Nah, bagaimana proses itu berlangsung?

Pembahasan ini akan dijelaskan dalam beberapa model yaitu perekonomian sederhana, perekonomian tertutup dan perekonomian terbuka.

Perekonomian (Circular Flow Diagram) 2 Sektor / Sederhana

Pengertian perekonomian sederhana adalah aliran-aliran yang menggambarkan perputaran arus uang dan barang di antara dua pelaku kegiatan ekonomi diantaranya rumah tangga keluarga dan rumah tangga produsen (Perusahaan).

Perekonomian 2 sektor pada diagram di bawah ini akan dijelaskan tentang aliran pendapatan pada perekonomian yang hanya melibatkan Dua pelaku kegiatan ekonomi silahkan perhatikan diagram berikut:

Diagram siklus interaksi antar pelaku kegiatan ekonomi 2 sektor
Diagram siklus interaksi antar pelaku kegiatan ekonomi 2 sektor.

Diagram 1 tersebut mencerminkan, bahwa sektor rumah tangga konsumen akan menjual faktor produksi kepada sektor rumah tangga produsen (perusahaan), supaya mendapatkan pendapatan.

Artinya faktor produksi yang diberikan oleh sektor rumah tangga konsumen yang meliputi tenaga kerja, tanah, keahlian atau modalnya kepada perusahaan (garis a).

Dalam hal ini, perusahaan akan memberikan balas jasa atas faktor produksi yang diberikan oleh sektor rumah tangga. Balas jasa tersebut berupa:

  1. Upah,
  2. Gaji bagi tenaga kerja,
  3. Sewa untuk tanah,
  4. Sewa atau bunga untuk modal dan
  5. Keuntungan bagi keahlian. (garis b).

Dari balas jasa (atas faktor produksi yang mereka berikan kepada perusahaan) dimiliki oleh sektor rumah tangga konsumen, maka secara otomatis rumah tangga mempunyai pendapatan yang bisa dibelanjakan (pendapatan setelah dikurangi tabungan dan pajak) pada sektor perusahaan yang berupa pembelian barang dan jasa (garis c bawah).

Selanjutnya, barang dan jasa tersebut akan diserahkan oleh sektor rumah tangga produsen kepada sektor rumah tangga konsumen (garis d).

Baca juga: Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional [Kelebihan dan Kekurangan]

Perekonomian (Circular Flow Diagram3 Sektor / Tertutup

Yang dimaksud dengan perekonomian 3 sektor adalah aliran atau perputaran arus uang dan barang di antara tiga pelaku kegiatan ekonomi yaitu pemerintah dengan rumah tangga dan perusahaan.

Berikut ini adalah diagram pada aliran interaksi perekonomian 3 sektor. Silahkan perhatikan diagram 2 berikut ini:

Diagram siklus interaksi antar pelaku kegiatan ekonomi (circular flow diagram) 3 sektor
Diagram siklus interaksi antar pelaku kegiatan ekonomi (circular flow diagram) 3 sektor.

Tahukah Kamu?

Tahukah kamu? Hal apa saja kah yang merupakan kebocoran dalam siklus aliran pendapatan? Jawabannya adalah komponen seperti Tabungan (S: Saving), Pajak (T: Tax) dan Impor (M: Impor) menurut Teori Ekonomi Mikro adalah kebocoran bagi siklus pendapatan karena apabila ditambah menyebabkan penurunan pendapatan nasional.

Lalu komponen apa yang bisa meningkatkan pendapatan nasional?

Investasi (I: Investment), pengeluaran pemerintah (G: Goverment) dan ekspor (X: Eksport) merupakan suntikan (injections) dalam siklus aliran pendapatan, dan jika ditambah akan meningkatkan pendapatan nasional.

Baca juga: 8+ Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dan Penawaran Suatu Barang

Perekonomian (Circular Flow Diagram4 Sektor / Terbuka

Pengertian Perekonomian 4 Sektor adalah kegiatan perekonomian yang menimbulkan arus barang dan jasa dari dalam negeri ke luar negeri (ekspor) atau sebaliknya (impor).

Berikut ini adalah diagram pada aliran interaksi perekonomian 3 sektor. Silahkan perhatikan diagram 3 berikut ini:

Gambar diagram siklus interaksi antar pelaku kegiatan ekonomi (circular flow diagram) 4 sektor
Gambar diagram siklus interaksi antar pelaku kegiatan ekonomi (circular flow diagram) 4 sektor.

Dari bagan 1,2,3 diatas bisa kita lihat perbedaan antara interaksi dari pelaku ekonomi dalam perekonomian sederhana (diagram 1), perekonomian tertutup (diagram 2) dan perekonomian terbuka (diagram 3).

Setiap negara di belahan dunia manapun sudah melakukan interaksi ekonomi dengan melibatkan sektor luar negeri.

Sektor rumah tangga, perusahaan dan pemerintah adalah perekonomian domestik.

Apabila suatu negara tidak melakukan interaksi dengan sektor luar negeri, perekonomian tersebut dinamakan perekonomian tertutup (closed economy). Apabila perekonomian terjadi interaksi dengan sektor luar negeri maka disebut sebagai perekonomian terbuka (open economy) dan jika terjadi interaksi dengan luar negeri, maka ditandai dengan mekanisme impor dan ekspor.

Ekspor sendiri merupakan aliran pendapatan daro perekonomian luar negeri ke perekonomian domestik, sedangkan impor meruapakan aliran pengeluaran dari perekonomian domestik ke perekomonian luar negeri.

Itulah tadi [Lengkap] Contoh Circular Flow Diagram 2, 3 dan 4 Sektor Serta Penjelasannya. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan terimakasih banyak atas kunjungannya. 🙂

Kunjungi juga: 

  1.  Masalah Pokok Ekonomi di Indonesia dan Cara Mengatasinya
  2. 8 Konsep Pendapatan Nasional Serta Contoh dan Manfaatnya
  3.  Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]
Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Leave a Reply