Tujuan Laporan Arus Kas, Definisi, Manfaat dan Contoh

Posted on
Tujuan Laporan Arus Kas, Definisi, Manfaat dan Contoh
4 (80%) 2 vote[s]

Laporan arus kas (cash flow statement atau statement of cash flows) merupakan bagian dari laporan keuangan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi suatu perusahaan yang menunjukkan aliran masuk dan keluar uang (kas) perusahaan.

Definisi Laporan Arus Kas


Laporan Arus kas bisa juga diartikan sebagai laporan yang menunjukkan atau menggambarkan tentang penggunaan uang (kas) yang dibagi menjadi 3 bagian aktivitas (operasi, investasi dan pendanaan) perusahaan ataupun yang berhubungan dengan masalah atas penggunaan kas lainnya.

Ketiga aktivitas tersebut bila dijelaskan adalah sebagai berikut;

1. Kas dari Aktivitas Operasi adalah laporan kas yang meliputi kegiatan utama sebuah perusahaan yang langsung berimbas pada kas. Contohnya seperti pembayaran dan pendapatan atas piutang, pelunasan hutang, pembayaran gaji dan pengeluaran operasional dsb.

2. Kas dari Aktivitas Investasi adalah laporan kas keuangan yang berhubungan dengan perolehan penjualan dan pembelian aktiva tetap.

3. Kas dari Aktivitas Pendanaan adalah laporan kas keuangan yang berkaitan dengan pengurangan dan penambahan modal.

Tujuan Laporan Arus Kas


Laporan arus kas mempunyai tujuan utama yaitu menyajikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas dalam suatu periode akuntansi, dimana laporan arus kas disajikan sesuai Prinsip Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 2 tentang Laporan Arus Kas dengan tambahan aktivitas pendanaan.

Manfaat Laporan Arus Kas


Laporan arus kas bermanfaat bagi para investor, kreditor, dan lainnya adalah untuk menilai :

1. Kemampuan entitas dalam memperoleh arus kas dimasa depan

Laporan keuangan arus kas lebih baik dibandingkan data akrual. Para pihak pemakai dapat membuat prediksi mengenai jumlah, waktu dan ketidakpastian mengenai arus kas di masa depan dengan memeriksa hubungan antar pos pada laporan arus kas.

2. Kemampuan entitas untuk membayar deviden dan memenuhi kewajiban.

Dengan melihat laporan arus kas maka perusahaan dapat memastikan jumlah/nominal kas perusahaan untuk membayar sejumlah kewajiban seperti membayar gaji karyawan, melunasi hutang atau membayar deviden. Para investor dan pemakai informasi keuangan lainnya tertarik pada laporan arus kas karena menggambarkan arus kas dalam kegiatan bisnis.

3. Alasan atas perbedaan antara angka laba bersih dan kas bersih yang dihasilkan(digunakan ) oleh aktivitas operasi.

Keberhasilan atau kegagalan sebuah perusahaan bisnis dapat dilihat dari laba bersih yang didapatkan. Sehingga informasi atas laba bersih juga sangat di butuhkan oleh para pihak-pihak pemakai laporan keuangan.

4. Transaksi transaksi investasi dan pendanaan kas selama periode tersebut.

Jumlah aset dan kewajiban sewaktu waktu dapat berubah dikarenakan faktor-faktor tertentu. Dengan memeriksa transaksi investasi dan pendanaan, pemakai informasi akan dapat mengetahui penyebab perubahan kedua akun tersebut.

Contoh Laporan Arus Kas


Tujuan Laporan Arus Kas, Definisi, Manfaat dan Contoh

Tujuan Laporan Arus Kas, Definisi, Manfaat dan Contoh

Itulah tujuan dan manfaat laporan arus kas dan contohnya semoga bisa bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Baca Juga;

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.