Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang

Posted on

Perusahaan dagang dan perusahaan jasa sama-sama membutuhkan jurnal penyesuaian untuk menyesuaikan akun-akun nominal di setiap periode. Akun nominal merupakan akun beban dan pendapatan, atau akun yang dilaporkan pada laporan laba rugi perusahaan dagang. Yang membedakan jurnal penyesuaian perusahaan dagang dengan perusahaan jasa adalah jurnal penyesuaian perusahaan dagang terdapat harga pokok penjualan dan persediaan barang dagang, selebihnya kurang lebih sama dengan perusahaan jasa.

Fungsi Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian dibuat, supaya rekening akun bisa menggambarkan informasi yang terkini. Misalnya, di awal periode, perusahaan membeli berbagai perlengkapan toko seperti tinta printer, pulpen, kertas dsb, kemudian, di akhir periode jumlah perlengkapan pasti akan berkurang karena habis pemakaian. 

Jadi keadaan perlengkapan toko antara awal dan akhir periode akan berbeda jumlahnya. Disinilah fungsi jurnal penyesuaian yaitu untuk menyajikan data yang sebenarnya dari perlengkapan tersebut.

Rekening dalam Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang

Berikut adalah jenis rekening di neraca saldo, yang membutuhkan penyesuaian di akhir periode akuntansi yaitu :

  1. Harga pokok penjualan

Harga pokok penjualan atau hpp adalah biaya pengorbanan yang dikeluarkan perusahaan untuk memproduksi barang maupun jasa. Pada perusahaan dagang yang termasuk yang dihitung dalam harga pokok penjualan adalah persediaan, pembelia,n biaya angkut pembelian, potongan pembelian, retur pembelian dan persediaan.

  1. Biaya pemakaian perlengkapan

Biaya pemakaian perlengkapan harus disesuaikan, karena nilai atau jumlah perlengkapan di awal periode akan habis dipakai atau berkurang nilainya pada akhir periode akuntansi. Contohnya tinta printer kertas A4, kertas label, lakban dan lainnya.

  1. Kerugian piutang

Kerugian piutang merupakan salah satu itu tentu kerugian perusahaan akibat piutangnya tidak dapat tertagih. Piutang tak tertagih bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti pihak peminjam mengalami bangkrut, atau pihak debitur mengalami kecelakaan kerja atau meninggal dunia.

  1. Biaya dibayar dimuka

Biaya dibayar dimuka adalah jenis biaya yang pembayarannya dilakukan di awal waktu. Contoh biaya dibayar dimuka adalah sewa dan asuransi dibayar dimuka.

  1. Pendapatan diterima dimuka

Pendapatan diterima dimuka adalah pendapatan yang sudah diterima namun sebenarnya merupakan pendapatan di periode mendatang. Pendapatan diterima dimuka dianggap sebagai utang pendapatan, akibat perusahaan sudah menerima pembayaran sebelum pekerjaan diselesaikan atau barang dagangnya sampai.

  1. Piutang pendapatan, 

Piutang pendapatan adalah pendapatan yang seharusnya sudah diterima perusahaan namun belum dicatat. Contoh piutang pendapatan adalah piutang pendapatan bunga.

  1. Utang biaya

Hutang biaya merupakan biaya yang yang sudah menjadi kewajiban perusahaan namun belum dicatat. Contoh utang biaya adalah biaya gaji karyawanContoh utang biaya adalah utang biaya gaji karyawan.

  1. Penyusutan (depresiasi).

Penyusutan merupakan nilai penyusutan pada aktiva tetap yang dimiliki perusahaan. Contoh penyusutan aktiva tetap adalah penyusutan gedung dan kendaraan.

Baca juga Jurnal Umum Perusahaan Dagang.

Contoh Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang

Untuk membuat jurnal penyesuaian dokumen yang dibutuhkan adalah neraca saldo. Berikut contoh neraca saldo perusahaan dagang.

UD SANSET JAYA
NERACA SALDO
PER 31 DESEMBER 2021

Jurnal penyesuaian harga pokok penjualan

Persediaan yang tersisa pada bulan Desember adalah Rp. 12.000.000. Berikut cara menghitung harga pokok penjualan pada persediaan barang dagang.

Jurnal penyesuaian harga pokok penjualannynya adalah sebagai berikut :

Jurnal penyesuaian biaya perlengkapan perusahaan dagang

Pada tanggal 31 desember 2021 dilakukan pengecekan fisik pada perlengkapan perusahaan. Diketahui sisa perlengkapan habis pakai adalah Rp. 200.000. Maka jurnal penyesuaiannya adalah :

Biaya pemakaian bahan habis pakaiRp. 300.000
Bahan habis pakaiRp. 300.000

Jurnal penyesuaian kerugian piutang perusahaan dagang

Estimasi piutang usaha yang yang tidak bisa ditagih adalah sebesar 2%. Kerugian piutang 2% x  10.000.000 = 200.000. Maka jurnal penyesuaiannya adalah:

Kerugian piutangRp. 200.000
Cadangan kerugian piutangRp. 200.000

Jurnal penyesuaian biaya dibayar dimuka perusahaan dagang

Perusahaan membayar sewa untuk 1 tahun sebesar Rp. 150.000. Maka jurnal penyesuaiannya adalah:

Beban sewaRp. 150.000
Sewa dibayar dimukaRp. 150.000

Jurnal penyesuaian penyusutan gedung pada perusahaan dagang

Terjadi penyusutan gedung 10% pertahun dari harga perolehan, yang artinya sebesar 10% x 100.000.000 = 10.000.000. Jurnal penyesuaian tanggal 31 Desember adalah:

Beban penyusutan gedungRp. 10.000.000
Akumulasi penyusutan gedungRp. 10.000.000

Utang biaya pada perusahaan dagang

Hutang biaya ya gaji karyawan sebesar Rp. 300.000. Jurnal penyesuaian 31 Desember 2021 adalah :

Biaya gajiRp. 300.000
Utang gajiRp. 300.000

Demikian pembahasan tentang jurnal penyesuaian perusahaan dagang. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Silakan dibagikan informasi ini, supaya lebih banyak orang yang tahu. Terima kasih.

Kunjungi artikel terkait :

Leave a Reply