Contoh Produksi Terus Menerus

Posted on
Contoh Produksi Terus Menerus
5 (100%) 11 votes

contoh proses produksi terus menerus

Proses Produksi secara terus menerus adalah pengolahan bahan yang selalu bergerak sampai menghasilkan suatu produk.

Proses produksi secara terus menerus termasuk dalam jenis manufaktur, yang berfungsi untuk memproduksi secara efeisien dalam jumlah besar.

Berikut ini adalah 6 tipe proses produksi secara terus menerus:

  1. Produksi masal

Produksi masal adalah produksi dalam jumlah besar dengan satu barang saja. Contohnya pabrik apel yang mencuci appel dan membungkus apel selama 24 jam sehari saat sedang musim panen apel.

  1. Perakitan

Perakitan adalah proses produksi yang menambahkan beberapa komponen ke dalam suatu barang. Contohnya, menambahkan ban di mobil mainan. Kemudian mainan tersebut terus mengalir dari tahap satu ke tahap lainnya. Seperti menambahkan spion, kursi dan lainnya.

  1. Proses manufaktur

Proses produksi pada perusahaan manufaktur bisa kita lihat pada saat kegiatan menghasilkan bahan-bahan kimia, menghilangkan barang dengan cara kimia. Contohnya proses membuat baja yang melibatkan bahan kimia dosis tinggi secara terus menerus.

  1. Penyesuaian massal

Penyesuaian masal adalah penggolongan bahan untuk barang yang khusus untuk pelanggan yang spesifik. Contohnya memproduksi sereal dengan berbagai rasa. Ada bahan coklat yang harus ditambah untuk sereal coklat, keju untuk sereal yang rasa keju.

  1. Diferensiasi tertunda

Proses ini adalah menghasilkan barang yang berkesinambungan. Contohnya penebang papan menghasilan kayu untuk dijadikan pengerajin sebagai bahan untuk membuat lemari, meja, kursi dan lainnya, sesuai permintaan pelanggan.

  1. Produksi energi

Contoh proses produksi energi adalah bendungan hidroelektrik yang bisa menghasilkan listrik secara terus menerus.

Contoh proses produksi terus menerus

Proses produksi terus menerus dilakukan sedemikian rupa sehingga prosesnya berjalan bersamaan dengan setiap langkah lainnya. Artinya, semua proses produksi berjalan di waktu yang bersamaan. Contoh produksi berkelanjutan seperti:

  1. Perusahaan manufaktur

Jalur produksi ada sekitar puluhan tahap yang selalu mempunyai barang setiap tahap.

  1. Transportasi

Setiap bandara selalu sibuk mengatur laju pesawat yang akan berangkat lepas landas dan pesawat yang akan mendarat di waktu yang bersamaan.

  1. Proses administrasi

Contoh Proses administrasi secara terus menerus adalah proses mengurus paspor dengan 14 langkah menggunakan ribuan perangkat komputer dan aplikasi di setiap tahapnya.

Artikel yang berkaitan:

  1. Pengertian dan Tujuan Akuntansi Anggaran (Budgeting)
  2. Pengertian dan Karakeritstik Perusahaan Jasa
  3. Pengertian, Jenis dan Karakteristik Perusahaan Dagang
  4. 10 Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol dan Para Ahli
  5. Pengertian, Perbedaan Cek Dan Bilyet Giro Beserta Jenis-Jenisnya
Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.