Inilah 6 Unsur Unsur Manajemen Menurut Para Ahli

Posted on
Inilah 6 Unsur Unsur Manajemen Menurut Para Ahli
3.7 (73.33%) 3 votes

Penerapan Fungsi manajemen pada suatu perusahaan tidak bisa lepas dari unsur-unsur manajemen yang mendukung dalam pelaksanaan manajemen.

Baca: 10 Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol dan Para Ahli

6 unsur unsur manajemen menurut para ahli

6 Unsur Unsur Manajemen


Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai unsur-unsur manajemen diantaranya:

  1. Man (Sumber daya Manusia)

Sumber daya manusia menjadi subjek pertama yang paling penting dalam unsur manajemen. Manusia lah yang membuat perencanaan sekaligus melaksanakan seluruh kegiatan perusahaan untuk mencapai suatu tujuan perusahaan.

  1. Money (uang)

Uang berperan dalam perusahaan dalam pembiayaan seluruh aktivitas normal perusahaan. pengeluaran sejumlah uang merupakan pengorbanan dalam rangka menghasilkan keuntungan.

Dengan adanya uang yang memadai maka manajemen perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan pengelolaan seluruh kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan yaitu memperoleh laba yang maksimal.

  1. Materials (bahan baku)

Unsur manajemen kali ini adalah unsur yang digunakan didalam proses produksi suatu produk. Bahan baku menjadi syarat utama pada perusahaan manufaktur agar dapat beroperasi secara normal (melakukan kegiatan pokok) dengan cara mengolah bahan baku menjadi sesuatu yang memiliki nilai dan dapat dijual kepada konsumen.

Bahan baku erat kaitannya dengan SDM untuk mengolah dan Uang untuk membeli bahan bakunya.

  1. Machines (Peralatan Mesin)

Mesin dan peralatan kerja lainnya mempunyai peran untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi. Banyak keuntungan dan kemudahan dalam proses produksi dengan menggunakan mesin diantaranya adalah efisiensi waktu, hasilnya cepat dan banyak, dapat dengan mudah diatur sesuai kriteria produk yang diharapkan, meminimalisir kesalahan produksi dan lain sebagainya.

  1. Methods (metode)

Pada suatu perusahaan pasti membentuk sub-sub kerja yang biasa dikenal dengan divisi/bagian kerja. Setiap divisi/bagian dalam perusahaan harus mempunyai tugas pokok dan ruang lingkup pekerjaan dan aturan yang jelas. Setiap divisi selalu diterapkan berbagai metode dalam pekerjaannya. Dan setiap divisi saling berkaitan dalam menjalankan aktivitas perusahaan.

  1. Market (pasar)

Kali ini merupakan elemen yang tak kalah penting bagi perusahaan, tanpa permintaan  dari pasar atau konsumen maka aktivitas perusahaan / proses produksi akan berhenti dan perusahaan akan merugi bahkan bisa sampai terjadi bangkrut.

Maka untuk dapat mempertahankan pasar dan konsumen, perusahaan harus menyusun dan merencanakan strategi yang handal untuk menciptakan produk yang baik dan berkualitas serta melakukan strategi pemasaran yang tepat supaya produk dapat terus terjual dan perusahaan terus mendapatkan keuntungan.

Itulah tadi penjelasan mengenai
6 Unsur Unsur Manajemen Menurut Para ahli. Semoga bermanfaat.

Sekian dan terimakasih .

Kunjungi Juga:

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.