Info Pasar Modal : Pengertian, Fungsi,Tujuan dan Manfaat Pasar Modal serta Macam-macamnya

Posted on

Apakah pasar modal itu ? lalu apa bedanya dengan pasar uang ?

Pengertian Pasar Modal


Pasar modal merupakan pasar yang memperjualbelikan uang dalam bentuk surat-surat berharga yang berjangka waktu lebih dari satu tahun (jangka panjang). Atau dapat dikatakan sebagai tempat (pasar) yang mempertemukan permintaan dan penawaran uang berbentuk surat-surat berharga dengan jangka waktu lebih dari satu tahun.

Sedangkan perbedaannya dengan pasar uang adalah terletak pada jangka waktunya, pasar uang berjangka waktu kurang atau sama dengan satu tahun.

Screenshot_1

Dalam pasar modal, kita sering mendengar tentang istilah efek, apakah itu ?

Surat berharga dalam pasar modal, disebut dengan istilah “efek”. Secara rinci, Undang-Undang No. 8 Tahun 1985 tentang Pasar Modal, telah mendefinisikan pasar modal sebagai, kegiatan yang berkaitan dengan:

  1. Penawaran umum dan penawaran efek (surat berharga).
  2. Perusahaan publik (umum) yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya.
  3. Lembaga atau profesi yang berkaitan dengan efek.

Pihak-Pihak Pasar Modal


Ada dua pihak dalam pasar modal yang akan kita kenali, siapakah itu ?

  1. Pemodal/Investor, adalah sebagai pihak yang memiliki modal (dana) untuk dipinjamkan;
  2. Emiten/Borrower, adalah pihak yang ingin meminjam dana atau modal.

Pasar Modal/Bursa Efek/Capital Market sebagai sarana tempat bertemunya pihak lender (yang memiliki dana lebih) dengan pihak borrower (yang memerlukan dana jangka panjang tersebut). Di dalam pasar modal menyediakan fasilitas untuk memindahkan dana dari lender ke borrower.

Lender mengharapkan adanya imbalan dari investasi dananya. Sedangkan bagi borrower, dana yang diperoleh dari luar dapat digunakan untuk mengembangkan usahanya tanpa harus menunggu hasil/keuntungan dari operasi perusahaannya.

Di dalam pasar modal. Terdapat prosedur atau peraturan pasar modal merupakan mekanisme yang harus dilakukan dalam membentuk kesepakatan antara dua pihak tersebut. Kemajuan zaman pada saat ini membuat pasar modal terus mengalami perubahan dan perkembangan dalam pelaksanaannya.

3 Macam Pasar Modal di Indonesia


Tadi sudah di jelaskan bahwa istilah untuk modal/surat berharga adalah efek, jadi pasar modal juga sering disebut juga Bursa Efek. Di Indonesia terdapat tiga macam bursa efek, apa saja ?

  1. Bursa Efek Jakarta (BEJ).
  2. Bursa Efek Surabaya (BES).
  3. Bursa Paralel Indonesia.

Berbeda dengan BEJ dan BES, untuk bursa paralel Indonesia adalah bursa yang didirikan sebagai pilihan alternatif bagi para pemodal yang memiliki dana terbatas.

Fungsi Pasar Modal


Pasar modal memiliki 2 Fungsi yang mempunyai peran penting dalam perekonomian suatu Negara diantaranya:

  1. Fungsi ekonomi.

Pasar modal menyediakan fasilitas yang mempertemukan dua pihak berkepentingan yaitu investor (pemodal) dan pihak yang memerlukan dana (emiten).

  1. Fungsi keuangan.

Diharapkan dengan adanya pasar modal, aktivitas perekonomian menjadi meningkat karena pasar modal akan memberikan kesempatan dan kemungkinan untuk memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana, sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih.

Jadi pasar modal merupakan sebagai alternatif pendanaan bagi perusahaan-perusahaan agar dapat meningkatkan pendapatan perusahaan serta dapat memberikan kemakmuran bagi masyarakat lebih luas.

Fungsi pasar modal di Indonesia

Di Indonesia pasar modal memiliki beberapa fungsi yang meliputi:

  1. Sebagai sarana badan usaha untuk mendapatkan tambahan modal.
  2. Sebagai sarana pemerataan pendapatan.
  3. Memperbesar produksi dengan modal yang didapat sehingga produktivitas meningkat.
  4. Menampung tenaga kerja.
  5. Memperbesar pemasukan pajak bagi pemerintah.

Terdapat pendapat lain mengenai fungsi pasar modal diantaranya:

Secara singkat fungsi pasar modal dan pasar uang adalah sama yaitu sebagai sarana untuk memperoleh penanaman dana jangka panjang bagi unit-unit yang memiliki kelebihan dana dan sebagai modal jangka panjang bagi unit-unit yang terlibat dalam proses produksi.

Fungsi pasar modal secara spesifik adalah sebagai berikut.

1. Sebagai Sumber Penghimpun Dana

Perkembangan pasar modal seperti halnya perbankan, sangat mempengaruhi besarnya dana (masyarakat) yang dihimpun dalam sebuah perekonomian. Apabila pasar modalnya maju maka dana masyarakat yang dapat dihimpun akan sangat besar.

2. Sebagai Alternatif Investasi bagi Pemilik Modal

Pada pasar modal, seorang investor dapat memungkinkan untuk memperoleh keuntungan yang besar dengan cara memindahkan asetnya dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya.

3. Sebagai Pendorong Perkembangan Investasi

Pasar modal dapat membantu pemerintah dalam mengumpulkan (memobilisasi) dana masyarakat banyak. Pasar modal banyak membantu para pengusaha meningkatkan kapasitas usahanya dengan bantuan modal (dana) tersebut. Di negara-negara maju pasar modal menjadi sarana yang dapat dimanfaatkan untuk pelaksanaan kebijakan moneter.

Baik di negara maju maupun berkembang, pasar modal sangat berperan dalam pembangunan nasional melalui mobilisasi dana baik perekonomian domestik bahkan yang ada di luar negeri.

Secara garis besar pembentukan pasar modal memiliki tujuan diantaranya :

  1. Menghimpun kesempatan kepada masyarakat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
  2. Memberi kesempatan kepada masyarakat untuk ikut memiliki perusahaan dan ikut menikmati hasilnya (laba).

Manfaat Pasar Modal


Manfaat keberadaan pasar modal secara umum adalah sebagai berikut:

1. Pasar modal menyediakan sumber pembiayaan (jangka panjang) bagi dunia usaha serta memungkinkan alokasi dana secara optimal.

2. Pasar modal memberikan sarana investasi yang beragam bagi investor sehingga memberikan kesempatan untuk melakukan seleksi atau diversifikasi.

3. Pasar modal menyediakan leading indicator bagi perkembangan perekonomian suatu Negara. Itu artinya apabila pasar modal berkembang maka diharapkan perekonomian juga akan berkembang.

4. Pasar modal menawarkan penyebaran kepemilikan perusahaan sampai pada lapisan masyarakat menengah.

5. Pasar modal memberikan keterbukaan dan profesionalisme, menciptakan iklim usaha yang sehat serta mendorong pemanfaatan manajemen secara profesional.

Itulah tadi penjelasan mengenai Info Pasar Modal : Pengertian, Fungsi,Tujuan dan Manfaat Pasar Modal serta Macam-macamnya semoga bermanfaat bagi pembaca akuntansilengkap.com. sekian dan terimakasih.

Silahkan kunjungi juga artikel terkait lainnya.

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.