10 Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol dan Para Ahli

Posted on

Fungsi manajemen bagi perusahaan adalah sebagai elemen dasar dalam menjalankan pengelolaan sebuah perusahaan agar mencapai tujuan yang ingin dicapai.

fungsi manajemen menurut hendry fayol dan para ahli

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol


Siapakah Henry Fayol ?

Ia merupakan salah satu industrialis asal Negara Perancis, pada sekitar permulaan abad 20 beliau mengungkapkan 5 fungsi manajemen yang terdiri dari:

1. Perencanaan (Planning)

2. Pengorganisasian (Organizing)

3. Penyusunan Personalia (Staffing)

4. Pengarahan (Leading)

5. Pengawasan (Controlling)

Penjelasan secara lengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Perencanaan (Planning)

Pada tahap ini dilakukan pemilihan dan penetapan tujuan-tujuan organisasi /perusahaan serta penentuan berbagai strategi kebijakan prosedur program metode pengelolaan keuangan dengan sistem anggaran dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.

  1. Pengorganisasian (Organizing)

Pada tahap ini ditentukan beberapa yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan organisasi hal diantaranya : sumber daya dan kegiatan utama perusahaan, pengembangan organisasi serta kelompok kerja, pembagian tanggungjawab kerja pada bagian divisi/bidang organisasi

  1. Penyusunan Personalia (Staffing)

Adalah tahap pengembangan karyawan seperti penarikan (recruitment), penempatan dan pemberian orientasi kepada karyawan dalam lingkungan kerja supaya dapat bekerja secara produktif, profesional dan kreatif.

  1. Pengarahan (Leading)

Adalah tahap bagaimana menentukan dan membuat para karyawan melakukan pekerjaan yang mereka inginkan dan apa yang harus mereka lakukan.

  1. Pengawasan (Controlling)

Adalah tahap pengendalian dan penerapan cara atau strategi untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan dan sesuai dengan yang telah ditetapkan.

Menurut George Terry


George Terry  menambahkan beberapa fungsi manajemen diantaranya:

  1. Koordinasi (Coordinating)

Tahap koordinasi dapat dikatakan sebagai aktivitas manajer yang membawa pengaruh suasana kera sama yang harmonis bagi orang-orang yang terlibat dalam organisasi. Tahap ini berfungsi untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, kekosongan kegiatan, percekcokan, dengan cara menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Pengkoordinasian merupakan rangkaian aktivitas manajer membawa orang-orang yang terlibat organisasi ke dalam suasana kerja sama yang harmonis.

Dengan adanya pengoordinasian dapat dihindari kemungkinan terjadinya persaingan yang tidak sehat dan tindakan yang simpang siur antara orang-orang yang terlibat dalam mencapai tujuan organisasi.

Koordinasi ini mengajak semua sumber daya manusia yang tersedia untuk bekerjasama menuju ke satu arah yang telah ditentukan. Bentuk kegiatan koordinasi diantaranya seperti:

1. Melaksanakan penjelasan singkat

2. Mengadakan rapat kerja

3. Memberikan umpan balik tentang hasil suatu kegiatan.

  1. Pelaporan (Reporting)

Segala kegiatan yang terjadi di perusahaan/organisasi mulai dari perencanaan hingga pengawasan, tidak memiliki arti jika tidak direkam secara baik melalui pencatatan-pencatatan yang benar dan tepat.

Fungsi tahap pelaporan dimaksudkan sebagai pemberian informasi kepada manajer, sehingga yang bersangkutan dapat mengikuti perkembangan dan kemajuan kerja dan dapat memutuskan kebijakan dengan baik dan tepat sasaran.

Pelaporan juga merupakan bentuk pertanggungjawaban sehingga harus didukung dengan data-data tentang apa yang telah dilakukan dalam organisasi, data-data tersebut dapat diperoleh bila dilakukan pencatatan dan pendokumentasian yang baik.

  1. Pembuatan Anggaran (Budgeting )

Perencanaan anggaran merupakan bentuk pengendalian organisasi melalui perencanaan keuangan (fiskal) dan akuntansi.

Dalam penyusunan anggaran dipertimbangkan faktor-faktor sebagai berikut :

  1. Pengetahuan tentang tujuan dan kebijakan umum perusahaan.
  2. Data masa lalu.
  3. Kemungkinan perkembangan kondisi ekonomi.
  4. Pengetahuan tentang taktik, strategi pesaing, dan gerak-gerik pesaing.
  5. Kemungkinan adanya perubahan kebijakan pemerintah.Penelitian untuk pengembangan perusahaan.

9. Memerintah (Commanding)

Tahap ini berfungsi sebagai manajemen yang berhubungan dengan usaha membina dan membimbing, memberikan saran, perintah-perintah dan instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas, agar setiap pekerjaan dilaksanakan dengan baik dan mengikuti tujuan yang telah ditetapkan.

  1. Memotivasi (Motivating)

Pada tahap ini peran seorang manajer sangat dibutuhkan untuk memberikan motivasi dan penyemangat bagi para kepala bagian dan karyawan. Misalnya memberikan bonus bagi karyawan yang bekerja dengan baik.

Demikianlah penjelasan tentang 10 Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol dan Para Ahli semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Kunjungi Juga:

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.