Ternyata Mudah, Ini 5 Cara Membuat Website Jualan Gratis

Posted on
Cara Membuat Website Jualan Gratis

Cara Membuat Website Jualan Gratis – Website jualan atau website toko online wajib dimiliki oleh Anda yang ingin mulai berjualan online. Dengan adanya website, maka brand Anda bisa terlihat lebih profesional dan terpercaya, meningkatkan kemungkinan konsumen untuk membeli produk Anda. Untuk Anda yang ingin tau bagaimana cara membuat website jualan gratis dalam waktu singkat, simak selengkapnya disini!

1. Tentukan Produk yang Ingin Anda Jual

Sebelum mulai membuat website jualan, sebaiknya Anda memastikan produk apa yang ingin Anda jual. Tentunya hal ini meliputi jenis produk, foto produk yang jelas, deskripsi produk yang sesuai kaidah SEO hingga harga jual produk. Setelah semua hal tersebut siap, barulah Anda mulai membuat website jualan. 

2. Pilih Platform Website Toko Online

Nah, ini dia salah satu hal yang paling penting ketika Anda berniat untuk memiliki website toko online sendiri. Tentukan platform yang tepat untuk toko online Anda. Jika Anda mencari di Google, akan banyak pilihan platform mulai dari WordPress, Joomla, Wix, Magento, dan banyak lagi. Namun kira-kira, platform apa yang paling tepat untuk bisnis Anda? Simak perbandingannya disini. 

WordPressWixAVANA
Biaya (per bulan)Rp 44.700 – Rp 89.400Rp 115.000 – 350.000  GRATIS – berbayar
FiturHosting + Domain + Plugin Woocommerce untuk membuat toko onlineHosting + Domain + desain toko yang bisa dikustomisasiHosting + Domain + 25 fitur canggih
KelebihanBebas dikustomisasi sesuka AndaRelatif lebih mudah digunakan dibandingkan WordPressToko online sudah siap, Anda tinggal memasukan produk dan berjualan
KekuranganRelatif sulit digunakan oleh mereka yang tidak memahami bahasa pemogramanHarga cukup mahal, harus desain toko online sendiri. Perlu waktu untuk bisa menggunakan tiap fitur secara optimum. 

Bagi Anda yang ingin memiliki website toko online gratis yang telah siap untuk digunakan dan telah dilengkapi oleh puluhan fitur canggih untuk mendukung proses penjaualan online Anda, maka avana.id adalah pilihan platform yang paling tepat untuk Anda. 

3. Buat Logo dan Tentukan Tema Website

Mungkin terkesan sederhana, namun nyatanya logo dan tema website sangat penting untuk menentukan nilai brand Anda di mata calon pembeli. Misalnya, warna logo atau tema yang berbeda maka akan memberikan efek psikologis yang berbeda juga bagi konsumen. Contohnya sebagai berikut. 

  • Warna merah – biasanya digunakan untuk menunjukan diskon, cocok untuk produk-produk yang berbau romantis dan secara psikologis mampu meningkatkan napsu makan. 
  • Warna kuning – membangkitkan perasaan hangat, optimis, kebahagiaan dan mudah menarik perhatian orang. 
  • Warna hijau – biasanya digunakan untuk produk kesehatan dan alam, memberikan harapan dan semangat bagi audiens. 

4. Masukan Produk Terbaik Anda

Cara membuat website jualan gratis berikutnya adalah dengan memasukan produk-produk yang ingin Anda jual ke website toko online Anda. Dengan produk yang menarik dan harga yang tepat, maka Anda akan bisa sukses menjual barang dalam waktu singkat. Pastikan minimal menyertakan 10 variasi produk agar pembeli juga bisa memilih jenis produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

5. Optimalkan Toko Online Anda

Cara membuat website jualan gratis berikutnya adalah dengan mengoptimalkan toko online Anda dan mengenalkannya kepada banyak orang. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan promosi berbayar seperti iklan Facebook atau iklan Instagram. Sementara cara lain yang mungkin membutuhkan waktu lama namun modal yang lebih kecil adalah dengan memaksimalkan Search Engine Optimization (SEO) website toko online Anda. 

Itu dia beberapa cara membuat website jualan gratis yang bisa Anda mulai secara mudah. Setelahnya, Anda bisa langsung menggunakan website tersebut untuk berjualan dan memperoleh penghasilan hingga puluhan juta per bulannya. Selamat mencoba!

Leave a Reply