3 Jenis Strategi Pemasaran dan Contoh “Lengkap”

Posted on

AkuntansiLengkap.comJenis Strategi Pemasaran dan Contoh | Supaya produk yang kita hasilkan bisa laris dan mencapai target pemasaran tentu kita harus memperhatikan siapa yang akan kita tuju sebagai pemakai produk kita nantinya.

Strategi pemasaran dalam prakteknya termasuk salah satu tugas marketing. (Baca juga: Komunikasi pemasaran)

Tahukah kamu?

Salah satu cara mencapai target (segmen) pasar yang cukup efektif adalah dengan menggunakan dasar demografis kependudukan seperti, umur, jenis kelamin, penghasilan daerah, penghasilan keluarga dan sebagainya.

Informasi berikut sangat berguna dalam hal produksi dan distribusi, karena kita bisa jelas mem-petakan  bagaimana pangsa pasar produk kita. 

jenis strategi pemasaran

Jenis Strategi Pemasaran


Assauri (2008 : 163) menyatakan bahwa strategi pemasaran dapat dibedakan tiga jenis strategi pemasaran yang dapat ditempuh perusahaan yakni :

1. Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (Undifferentiated marketing).

2. Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (Differentiated marketing).

3. Strategi pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated Marketing).

Lebih lengkap nya akan diuraikan sebagai berikut :

1. Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (Undifferentiated marketing).


Strategi ini menganggap pasar sebagai keseluruhan, jadi perusahaan hanya memperhatikan kebutuhan secara umum. Produk yang dihasilkan dan dipasarkan biasanya hanya satu macam produk saja dan berusaha menarik konsumen dengan satu rencana pemasaran saja.

Contoh pemasaran tanpa membedakan pasar

Produk Coca-Cola yang disukai oleh banyak orang tidak memandang kelas sosialnya. Dengan strategi pemasaran ini tentu akan menghemat biaya, karena dengan satu jenis karakter produk dan segmen pasar akan mengurangi biaya penyediaan, biaya periklanan, biaya produksi dan bisa mengurangi biaya riset pemasaran dan manajemen produk. 

Baca juga:

  1. 10 Strategi Pemasaran Produk
  2. Tujuan dan Fungsi Strategi Pemasaran Ringkas dan Jelas
  3. Pengertian Bauran Pemasaran dan 7 Variabel

2. Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (Differentiated marketing).


Strategi pemasaran ini melayani kebutuhan beberapa kelompok tertentu dengan satu jenis produk tertentu pula. Jadi produsen atau perusahaan menghasilkan produk yang berbeda sesuai dengan segmen pasar.

Dengan kata lain produsen dan perusahaan menawarkan berbagai variasi produk yang disesuaikan kebutuhan dan keinginan kelompok pembeli atau konsumen yang berbeda-beda, dengan program pemasaran yang khusus diharapkan dapat dicapai tigkat keberhasilan penjualan pada masing-masing segmen tersebut.

Contoh

Perusahaan Coca–Cola yang juga memproduksi Fanta, Sprite, bahkan Lemon Tea. Biaya-biaya yang dikorbankan tersebut antara lain, berupa biaya riset dan pengembangan produk baru, biaya modifikasi produk, biaya proses produksi, biaya administrasi, biaya promosi, biaya penyimpanan dan biaya-biaya yang lainnya.

Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menambah kepercayaan kelompok konsumen tertentu terhadap suatu produk bervariasi sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen.

3. Strategi pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated Marketing).


Strategi pemasaran ini adalah dengan mengkhususkan pemasaran produknya ke dalam beberapa segmen pasar dengan pertimbangan keterbatasan sumberdaya yang dimiliki perusahaan.

Dalam hal ini produsen memilih segmen pasar tertentu dan menawarkan produk yang sesuai kebutuhan kelompok konsumen sesuai segmen pasar itu, tentunya lebih spesifik. Jadi perusahaan produsen memusatkan perhatian dan seluruh kegiatan akan memberikan keuntungan yang optimal.

Keuntungan strategi ini adalah perusahaan akan memperoleh posisi yang kuat pada segmen pasar yang dipilih. Karena perusahaan akan lebih fokus dan mempunyai pengalaman yang lebih baik dalam melakukan pendekatan guna pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Kelemahan strategi ini adalah produsen harus waspada terhadap resiko besar apabila hanya tergantung pada satu atau beberapa segmen pasar saja. Karena dikhawatirkan terjadi perubahan kebutuhan (selera) konsumen atau meningkatnya kemampuan daya saing perusahaan lain yang lebih baik.

 

Contoh

Produsen mobil Lamborgini yang hanya dipasarkan kepada kelompok tertentu saja (orang kaya) yang mempunyai selera yang tinggi. Team pemasaran mudah terkonsentrasi untuk menawarkan produknya karena lebih banyak pengetahuan tentang kebutuhan segmen.

Produsen juga menikmati banyak penghematan operasional seperti spesialisasi produksi, distribusi dan promosi. Namun bisa saja menghadapi resiko tinggi karena perubahan selera konsumen atau dari produsen pesaing lainnya.

Demikianlah pembahasan 3 Jenis Strategi Pemasaran dan Contoh “Lengkap”. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi artikel terkait:

  1. 3 Jenis Strategi Pemasaran dan Contoh “Lengkap”
  2. Pengertian Riset Pemasaran : Tujuan, Metode dan Objek
  3. Pengertian Sistem Informasi Pemasaran “Jenis dan Manfaat”
  4. Pengertian dan 5 Konsep Strategi Pemasaran
  5. Pengertian, Karakteristik serta Strategi Pemasaran Jasa
Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Comments are closed.