Remunerasi : Pengertian, Tujuan, Contoh, Indikator

Posted on

Remunerasi adalah salah satu hal yang hubungannya erat dengan dunia pekerjaan dan perusahaan. Penghargaan ini adalah salah satu bentuk apresiasi yang banyak diinginkan oleh pegawai karena merupakan hadiah finansial.

Namun tidak sembarang bisa mendapatkan penghargaan ini, ada beberapa hal yang akan menjadi pertimbangan seseorang menerima penghargaan.

Jika Anda adalah seorang pegawai atau pemilik perusahaan, beberapa hal mengenai penghargaan ini perlu diketahui. Pegawai bisa mendapatkan penghargaan ini dengan melakukan pekerjaan yang baik dan dapat memberikan dampak langsung untuk perusahaan. Dampak ini tentu saja harus positif bagi perusahaan, misal membawa kemajuan bisnis dan lainnya.

Pengertian Remunerasi 

Pengertian remunerasi adalah pemberian payment /gaji untuk seorang pegawai sebagai bentuk imbalan /penghargaan. Imbalan ini diberikan atas kontribusi yang bersifat rutin dalam sebuah perusahaan tempat pegawai tersebut melakukan pekerjaan. Dengan kata lain imbalan diberikan atas jasa dan prestasi yang dilakukan oleh seorang pegawai untuk perusahaannya.

Secara birokrasi penghargaan ini sangat berkaitan dengan sistem gaji yang diterapkan oleh sebuah perusahaan. Sehingga penghargaan ini dalam bentuk imbalan uang, namun bisa juga dalam bentuk imbalan lain. Penerima penghargaan ini didasarkan pada indikator tertentu yang berhubungan dengan kinerja dan prestasi. Berikut pengertian lain menurut beberapa ahli ilmu :

Menurut para ahli sebagai berikut :

  1. Rosenberg

Rosenberg tahun 1983 memberikan definisi sebagai salah satu upah dan semua bentuk manfaat finansial yang diterima oleh seorang pegawai. Upah ini diberikan oleh organisasi kepada seorang pegawai karena pekerjaannya memiliki prestasi tertentu.

  1. Komarrudin

Komarrudin tahun 1983 mendefinisikan sebagai sebuah bentuk pemberian untuk balas jasa atau hadiah. Hadiah tertentu diberikan karena jasa yang telah diterima atau dipergunakan.

  1. Mochammad Suryo

Mochammad Suryo tahun 2004 memberikan definisi sebagai sesuatu yang diterima oleh seorang pegawai sebagai salah satu bentuk imbalan. Imbalan ini didapatkan atas kontribusinya kepada organisasi tempat pegawai melakukan pekerjaan.

  1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI adalah pembelian hadiah/ imbalan/ penghargaan kepada seseorang yang telah berjasa dan berkontribusi dalam suatu organisasi.

Tujuan Remunerasi 

Tujuan secara umum bisa dilihat dengan mengetahui pengertian-pengertian seperti yang disebutkan sebelumnya. Apresiasi ini diberikan kepada pegawai atau pekerja yang memiliki kinerja baik dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Pegawai yang memiliki kinerja baik akan merasa dihargai dan memberikan contoh untuk yang lainnya. Berikut tujuan secara umum dari apresiasi yang diberikan ini.

  1. Meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia)

Peningkatan sumber daya manusia agar semakin berkualitas adalah salah satu tujuan penting pemberian apresiasi ini. Pemberian hadiah diharapkan akan mendorong pegawai terpacu untuk meningkatkan kinerjanya agar lebih berkualitas lagi. Penghargaan ini juga mendorong pegawai untuk setidaknya mempertahankan kualitas yang dimiliki saat itu.

  1. Menjaga SDM yang Produktif

Sumber daya manusia yang produkif adalah salah satu aset perusahaan yang tidak ternilai harganya. Pemberian hadiah juga dimaksudkan untuk menjaga pegawai dengan kinerja bagus untuk tetap bertahan pada perusahaan tersebut. Selain itu hal ini juga bisa mencegah KKN yang mungkin terjadi dalam perusahaan, pegawai yang baik pantas mendapat penghargaan.

  1. Membuat Persaingan Sehat

Penghargaan ini akan memberikan dampak positif lain bagi pegawai-pegawai dalam satu perusahaan. Hadiah dapat membedakan kinerja pegawai yang rajin dengan yang tidak berprestasi. Hal ini tentunya bisa memotivasi pegawai lain agar memperbaiki kinerjanya untuk mendapat penghargaan. Selain itu pegawai dengan penghargaan juga dipandang lebih baik oleh yang lainnya.

  1. Kesejahteraan SDM Meningkat

Penghargaan yang berupa bantuan finansial karena pekerjaan yang baik dapat meningkatkan kesejahteraan pegawai penerimanya. Dengan demikian akan secara tidak langsung meningkatkan produktivitas pegawai dalam melakukan pekerjaan. Pegawai dengan kesejahteraan yang baik akan lebih baik dan tenang menjalankan pekerjaan di dalam perusahaan.

  1. Peningkatan Tata Kelola Perusahaan

Sebuah bisnis yang tidak bisa mempertahankan pegawainya akan terus merekrut pekerja sehingga membuat pengeluaran meningkat. Perekrutan ini akan mempengaruhi modal perusahaan yang menjadi tidak efektif. Perusahaan akan merugi karena pengeluaran yang bertambah dan harus memulai lagi dari awal melakukan perekrutan yang terlalu sering.

Contoh dan Indikator Remunerasi 

Sebelum memberikan penghargaan finansial ini ada beberapa hal yang harus diperhatian oleh perusahaan agar tidak keliru. Keliru memberikan penghargaan akan membuat pegawai lain merasa dibeda-bedakan. Berikut 3 indikator yang bisa digunakan untuk mempertimbangkan seorang pegawai berhak menerima apresiasi finansial.

  1. Penghargaan ini diberikan kepada pegawai yang sesuai dan memenuhi standar tertentu. Kontribusi pegawai terhadap perusahaan adalah hal penting yang bisa membantu perkembangan bisnis dalam suatu perusahaan.
  2. Besaran penghargaan ini disesuaikan berdasarkan tinggi atau rendahnya pemberian hadiah oleh perusahaan tersebut.
  3. Penghargaan hanya diberikan oleh pegawai tertentu yang kontribusinya membantu perkembangan bisnis perusahaan. Dalam hal ini adalah pegawai dengan kemampuan dan keahlian yang memberikan dampak signifikan untuk kemajuan bisnis.

Contoh Remunerasi Pegawai

Salah satu contoh apresiasi ini adalah dengan jumlah gaji yang diterima oleh pegawai yang sudah sesuai dengan kinerjanya. Misalnya cara pemberian gaji pada perusahaan dan rumah sakit dengan sistem yang dibuat sedemikian rupa. Berikut tiga hal yang bisa di pertimbangkan untuk memberikan apresiasi finansial untuk pegawai.

  1. Kinerja Dengan Gaji yang Sesuai

Tingkat risiko kinerja seorang pegawai pastinya berbeda-beda untuk setiap posisi yang dipegangnya. Perusahaan harus memberikan gaji yang sesuai agar pegawai tersebut merasa pekerjaannya tidak sia-sia. Pegawai dengan risiko kerja tinggi dan berat sudah semestinya memiliki gaji yang lebih besar dibandingkan pegawai dengan risiko kerja kecil.

Jumlah gaji yang sesuai ini adalah penghargaan yang bisa diberlakukan oleh sebuah perusahaan sebagai salah satu bentuk apresiasi. Cara ini cukup efektif agar pegawai tersebut betah bekerja dan tidak pindah ke perusahaan lainnya.

  1. Bonus Untuk Pegawai Berprestasi

Bentuk apresiasi lain yang juga sangat efektif adalah dengan memberikan bonus diluar gaji pegawai tersebut. Tentunya bonus ini hanya diberikan untuk pegawai yang rajin atau memiliki prestasi yang dilakukannya demi perusahaan. Biasanya perusahaan menerapkan beberapa bonus seperti bonus kerajinan, prestasi, tahunan dan lainnya.

Apresiasi dalam bentuk bonus ini akan membuat pegawai menjadi lebih semangat dan rajin bekerja untuk perusahaan. Serta bisa menumbuhkan dedikasi tingi dan loyalitas terhadap perusahaan tempatnya melakukan pekerjaan.

  1. Kenaikan Gaji

Kenaikan gaji sangat penting untuk menjaga loyalitas seorang pegawai agar tidak buru-buru keluar dari perusahaan. Perusahaan memberikan kenaikan gaji berkala setiap tahunnya agar pegawai lebih semangat melakukan pekerjaannya. Kenaikan gaji ini tentu harus memiliki besaran tertentu dan dibedakan berdasarkan kinerja para pegawai.

Besaran gaji yang diberikan seringkali menjadi tolak ukur untuk mengetahui kualitas kerja dalam seorang pegawai. Sehingga pegawai dengan gaji besar adalah yang memiliki kinerja terbaik dan bukan hasil KKN.

Remunerasi bisa Anda dapatkan dengan memperhatikan indikator-indikator yang mempengaruhinya. Anda bisa mulai meningkatkan kinerja dan mencetak prestasi untuk menerima bonus finansial yang menguntungkan tersebut.

Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.