15 Peluang Usaha Di Desa Berkembang

Posted on

15 Peluang Usaha Di Desa Berkembang
5 (100%) 6 vote[s]
peluang usaha di desa berkembang

Dengan maraknya perkembangan teknologi komunikasi terutama jaringan internet saat ini, menjadikannya kekuatan yang menciptakan banyak peluang usaha di desa berkembang. Kini desa bukan lagi tempat terpencil yang dikenal dengan kemiskinan, keterbatasan peluang kerja dan sebagainya. Sebaliknya, kini desa juga dapat menjanjikan banyak peluang usaha yang tak kalah dengan di kota. Teknologi komunikasi dan jaringan internet membuat desa kini tidak lagi ketinggalan dari kota, bahkan desa memiliki banyak komoditas yang tidak dimiliki di kota.

Jadi jangan ragu buat kalian membuka usaha di desa, tanpa disadari di desa banyak sekali peluang usaha yang mungkin kalian coba. Berbagai usaha di desa juga dapat dikembangkan dengan skala modal kecil, tidak seperti di kota dimana kita harus mengeluarkan modal besar hanya untuk mendapatkan lahan, di desa kita dapat memanfaatkan lahan rumah sendiri untuk menjalankan usaha.

Nah dibawah ini ada 15 peluang usaha yang cocok buat kalian coba di desa berkembang :

1. Barber Shop (Pangkas Rambut)

Untuk kalian yang memiliki keahlian khusus, kalian dapat membuka usaha jasa sesuai dengan keahlian yang kalian miliki. Salah satunya adalah usaha pangkas rambut. Usaha ini tidak memerlukan modal besar untuk peralatannya dan kalian dapat memakai teras rumah untuk tempatnya.

2. Membuka Jasa Menjahit

peluang usaha di desa

Menjahit juga merupakan usaha berbasis jasa bagi kalian yang ahli menjahit dapat lakukan. Terutama untuk ibu-ibu rumah tangga yang suka menjahit dan punya mesin jahit, ini merupakan peluang usaha di desa berkembang yang bisa memberikan penghasilan besar. Usaha ini juga tidak memerlukan modal besar, hanya peralatan menjahit dan ruangan untuk menjahit yang bias didapatkan dengan memanfaatkan salah satu ruangan di dalam rumah.

3. Menjual Kuliner Makanan Kecil

Usaha ini juga berpeluang tinggi untuk para ibu rumah tangga ataupun kalian yang senang membuat makanan. Kalian dapat memproduksi makanan kecil di rumah seperti putri ayu, pudding, dan sebagainya. Kalian juga dapat memasarkannya dengan menitipkannya di warung-warung atau di tempat sekolah.

4. Ternak Ayam Kampung

Untuk kalian yang memiliki lahan yang luas, kalian dapat mencoba dengan usaha ternak ayam kampung. Usaha ternak ayam kampung ini cukup menggiurkan karena harga daging ayam kampung sendiri cukup stabil di pasar dan kalian bias mendapatkan bibit ayam sendiri dari ayam betika yang kalian pelihara.

5. Membuka Warung Kelontong

Usaha ini merupakan usaha yang sangat sering dilakukan. Usaha ini memang tidak menghasilkan keuntungan yang banyak tapi dengan membuka warng kelontong, dapat mencukupi keuangan setiap harinya.

6. Membuka Warnet

Walaupun kini hamper semua orang memiliki smartphone, tetapi usaha warung internet tetap memiliki peluang. Ini karena di desa tidak banyak rumah-rumah yang memasang wi-fi dan untuk mendownload, streaming, bermain game online dan sebagainya memerlukan kuota yang besar jika melalui smartphone. Sehingga masih banyak orang yang memilih pergi ke warnet. Kalian juga dapat menambahkan jasa pencetakan untuk menambah keuntungan.

7. Membuka Jasa Pembuatan Barang Mebel

Berbagai perkakas rumah tangga seperti lemari, kursi, tempat tidur hingga daun pintu, jendela dan kusen kini menjadi sangat dibutuhkan. Sehingga salah satu peluang usaha di desa berkembang adalah membuka jasa pembuatan perkakas rumah tangga, termasuk jasa perbaikan berbagai perkakas itu. karena, kebanyakan orang lebih memilih memperbaiki perkakas ketika hanya sebagian saja yang rusak dibandingkan dengan membeli yang baru.

Jika kalian tidak memiliki keahlian dalam membuat perkakas, kalian juga dapat mempekerjakan orang lain yang memiliki keahlian menyerut, memotong dan kemampuan tukang kayu umumnya.

8. Membuka Ternak Lele

menciptakan peluang usaha di desa

Beternak lele dapat mendapatkan banyak keuntungan karena selain banyakya rumah makan yang menyajikan lele sebagai menu masakan, bisa juga untuk memenuhi gizi keluarga.

Dalam beternak lele kalian dapat memfokuskan usaha pada pembibitan lele. Dalam praktiknya, kalian hanya fokus pada bagaimana memelihara induk lele untuk bertelur dan menghasilkan ribuan bibit. Lalu, kalian tinggal memberikan makanan khusus seperti cacing sutera untuk benih agar tumbuh hingga ukuran tubuh tertentu. Setelah itu, kalian tidak perlu repot karena para peternak pembesaran lele akan datang ke rumah kalian untuk membelinya.

Selain itu, kalian juga dapat memelihara lele untuk dibesarkan dan siap konsumsi. Untuk ini kalian harus meyediakan kolam-kolam khusus di halaman atau sekitar rumah. Keunggulan dari beternak lele yaitu karena lele merupakan jenis ikan yang bisa tetap hidup dalam kondisi air yang keruh sekalipun.

9. Membuka Depot Air

Usaha depot air ini memiliki peluang yang besar karena hanya membutuhkan beberapa alat saja yaitu alat pengisi air mineral, galon, dan alat pembersih. Usaha ini juga tidak membutuhkan tempat yang luas, kalian dapat memanfaatkan teras rumah untuk dijadikan depot sederhana.

Kini masyarakat lebih memilih sesuatu yang praktis dan mudah, sehingga untuk kebutuhan air minum, hampir semuanya lebih memilih untuk melakukan isi ulang. Ini membuat peluang usaha di desa berkembang yang satu ini mendapat keuntungan lebih tinggi.

10. Jasa Servis Elektronik

Di era sekarang, hampir semua orang memiliki barang-barang elektronik. Walaupun begitu, bagi sebagian orang beberapa barang elektronik basih dianggap mahal sehingga saat mengalami kerusakan dan masih dapat diperbaiki, kebanyakan orang memilih untuk menservisnya daripada membeli yang baru. Sehingga, usaha ini memiliki peluang yang tinggi.

11. Membuka Salon Kecantikan

Usaha salon kecantikan memiliki peluang yang sangat besar, karena banyak orang yang tidak punya waktu untuk merawat kecantikannya sendiri. Untuk tempatnya, carilah lokasi yang mudah dilihat, mudah dijangkau, dan dilalui banyak kendaraan. Pastikan juga lokasi salon mempunyai tempat parkir yang cukup, aman, bebas banjir, serta tersedia listrik, air dan telepon. Jika lokasi agak jauh dari jalan raya, kalian dapat memasang plang agar pengunjung mudah menemukan lokasi salon.

12. Membuka Konter Pulsa

usaha potensial di desa

Kebutuhan masyarakat akan pulsa selalu mengalami peningkatan, sehingga konter pulsapun sekarang semakin meningkat di berbagai wilayah. Dengan begitu, jelas bahwa konter pulsa merupakan usaha yang memiliki peluang tinggi. Karena, kini kebutuhan akan pulsa tidak hanya ada di perkotaan saja, tetapi juga di pedesaan.

Usaha konter pulsa juga memiliki kelebihan dimana modal yang diperlukan tidak banyak. Yang diperlukan hanya nilai deposit yang rendah dan handphone untuk mengirim pesan.

13. Membuka Warteg

Untuk kalian yang ingin membuka usaha makanan namun hanya memiliki modal kecil, kalian dapat memulainya dengan membuka warung tegal ini. Usaha ini juga tidak membutuhkan tempat besar, anda dapat membuka usaha di rumah anda dan anda dapat menawarkan makanan di warteg anda pada orang-orang di dekat rumah.

14. Membuka Pertamini

Di desa tidak banyak adanya pom bensin, sehingga orang-orang cukup kesulitan. Padahal hampir semua keluarga walaupun di desa memiliki kendaraan. Hal ini dapat dijadikan sebagai peluang untuk membuka pertamini dipinggir jalan yang banyak dilalui kendaraan.

15. Toko Sembako

Jenis peluang usaha di desa berkembang yang terakhir yang dapat kalian coba yaitu membuka usaha toko sembako. Usaha ini sangat digemari baik di desa maupun di kota. Karena sembako merupakan kebutuhan pokok manusia setiap hari. Jadi, tentu saja usaha ini memiliki peluang yang tinggi.

Pasti abis baca tentang peluang usaha di desa berkembang ini kamu langsung kepikiran buka usaha di desa kan??. Sekian contoh-contoh usaha yang berpeluang di desa berkembang. Apapun usaha yang akan kalian jalani, faktor terpenting adalah keseriusan dan ketekunan dalam menjalaninya. Jangan pernah putus asa bila usaha kalian mengalami hambatan, karena itu adalah bagian dari kesuksesan. Semangat terus untuk berbisnis dan meningkatkan kesejahteraan Indonesia tercinta.