Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil Bekas Bermaterai

Posted on

Kwitansi jual beli mobil dibutuhkan untuk menunjukkan bukti pembayaran dan untuk kebutuhan lain seperti balik nama di kemudian hari. Semua jenis mobil baru maupun bekas, bak truk, LCGC, MPV, SUV dan mobil lain yang Anda beli harus dilengkapi dengan bukti transaksi seperti kwitansi. Kwitansi ini nantinya juga akan berguna seperti untuk kepentingan hukum, catatan keuangan perusahaan atau kepentingan catatan pribadi.

Dalam membuat kwitansi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti materai, tujuan pembayaran meliputi nama dan tipe mobil,  yang menandatangani dan tanggal kejadian transaksi pembayaran. Informasi tersebut harus disampaikan atau disebutkan dengan jelas dalam lembar kwitansi.

Bagi Anda yang ingin tahu contoh kwitansi jual beli mobil, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Fungsi Kwitansi Jual Beli Mobil

Kwitansi bermaterai merupakan salah satu bukti transaksi yang sah atau legal di Indonesia. Meski saat ini sudah banyak platform yang menyediakan nota transaksi secara digital, namun sebagian besar orang masih setia menggunakan kwitansi pada transaksi pembelian dan penjualan.

Berikut fungsi kwitansi pada transaksi jual beli mobil yaitu:

  1. Sebagai bukti pembayaran sah. Kwitansi berfungsi sebagai bukti yang menyatakan bahwa seorang pembeli telah menyerahkan uang untuk kepentingan pembelian mobil.
  2. Sebagai bukti penjual telah menerima uang. Sebagian kertas sobekan dalam kwitansi dipegang oleh pihak penjual, sehingga di kemudian hari bisa diketahui histori transaksi yang terjadi.
  3. Dapat digunakan untuk kepentingan hukum. Saat Anda membeli mobil baru atau bekas, biasanya mobil tersebut mendapat perlindungan asuransi atau garansi lain. Jika suatu saat mobil Anda mengalami masalah dan ingin memanfaatkan layanan tersebut, tentu dibutuhkan bukti kepemilikan salah satunya dengan kwitansi.
  4. Untuk catatan aset perusahaan. Perusahaan selalu melakukan perhitungan aset untuk menilai masih layak atau tidak, setiap aset tentu harus dilengkapi surat lengkap supaya mudah untuk dicairkan atau didepresiasi kemudian hari.
  5. Bukti penyusunan laporan keuangan. Dalam menyusun laporan keuangan, akuntan akan mengumpulkan bukti transaksi, seperti kwitansi sebelum dicatat dalam jurnal. 

Format Kwitansi Jual Beli Mobil

Format kwitansi jual beli mobil mengandung beberapa informasi penting yang harus dilengkapi. Berikut format kwitansi yang benar:

  • Nomor kwitansi

Nomor kwitansi terletak pada 2 sisi kanan dan kiri. Nomor urut ini bermanfaat untuk menunjukkan urutan transaksi yang terjadi dan mencegah pemalsuan kwitansi. Jadi pada saat ada oknum pembeli yang berupaya melakukan pembuatan kwitansi palsu, tentu akan ketahuan karena nomor urut yang tidak sama dengan kertas kwitansi pihak penjual.

  • Tanggal transaksi

Tanggal transaksi pembelian mobil juga wajib ditulis. Tanggal biasanya juga berfungsi untuk tanda masa garansi, Misalnya penjual menawarkan garansi selama 3 bulan, maka akan mengacu pada tanggal di kwitansi.

  • Nama pihak pembeli

Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas, penting untuk memeriksa kwitansi sebelum ditandatangani. Mintalah pihak penjual untuk menuliskan nama lengkap Anda sesuai dengan KTP. Hal ini untuk menambah kekuatan bukti, guna mencegah kejadian tak terduga di kemudian hari.

Contoh nama asli KTP adalah Adi Guna Wijaya, jadi jangan disingkat Adi G.W atau Adi Guna W dsb.

  • Tujuan pembayaran

Tujuan pembayaran diisi dengan keterangan pembelian kendaraan dengan lengkap dan jelas, diantaranya nama mobil, tipe mobil, tahun produksi, nomor polisis, nomor rangka dan nomor mesin. Misalnya “Pembelian mobil bekas, Nissan Grand Livina tipe G th mesin 2013, nomor mesin 8922233399, nomor rangka 8922233312.

  • Jumlah transaksi

Nominal uang harus dicantumkan dengan jelas, karena di lembar kwitansi menampilkan 2 kolom berbeda untuk nominal, yaitu bentuk angka dan huruf. Pastikan nominal angka dan tulisan sudah sesuai dan mudah dibaca. Meski sepele, seringkali penulisan nominal sering keliru, terlebih pada bilangan ratusan ribu. 

Simak contoh penulisan nominal transaksi berikut ini:

Rp 65.000.000, enam puluh lima juta rupiah

Rp 112.500.000, seratus dua belas juta lima ratus ribu rupiah

  • Stempel perusahaan

Stempel atau cap perusahaan pihak penjual juga wajib disertakan dalam kwitansi. Stempel bisa berupa cap lunas atau cicil, atau stempel lain untuk kebutuhan pembuktian transaksi.

  • Tanda tangan dan nama penerima

Tanda tangan dan nama jelas harus diberikan oleh pihak penerima uang, dalam hal ini adalah dealer atau showroom tempat Anda membeli mobil bekas. Begitupun sebaliknya, jika Anda menjual mobil, maka Anda yang akan tanda tangan kwitansi. Karena biasanya dilakukan oleh perwakilan perusahaan, tanda tangan akan menunjukkan siapa pihak melayani transaksi, jadi suatu saat mudah untuk pelacakan.

  • Materai 10.000

Sebelumnya kwitansi yang sah dan punya kekuatan hukum dibubuhkan dengan materai 6000, namun saat ini sudah ada materai terbaru yakni 10.000. Kwitansi jual beli mobil harus dibubuhi materai karena umumnya memiliki nilai transaksi yang besar.

Baca : contoh kwitansi jual beli motor

Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil Bekas

Seringkali untuk memudahkan transaksi, beberapa perusahaan membuat sendiri dokumen kwitansinya. Hal ini karena disesuaikan dengan kebutuhan khusus pemilik dealer atau showroom mobil. Namun berikut kami berikan contoh kwitansi jual beli mobil yang umum:

contoh kwitansi jual beli mobil bekas

Telah terima dari: Baim Soemadi

Uang sejumlah: empat puluh lima juta rupiah

Untuk pembayaran: Uang tanda jadi pembelia mobil Xenia hitam, nopol H 4562 DT, no mesin 878987898 no rangka 89777865.

Tanggal : Semarang 21 Mei 2019

Nominal: Rp 45.000.000

Tanda tangan: Pepy haryanto

kwitansi pembayaran mobil Xenia
kwitansi beli mobil toyota inova

Telah terima dari: Bp VIcky

Uang sejumlah: seratus tiga puluh juta rupiah

Untuk pembayaran: 1 unit mobil Toyota Innova th 2011, warna Hitatm, nopol H 9875 Ry, noka: Mhfxw4526873212, no mesin: 2TR76698954

Tanggal : Semarang 2 Juli 2019

Nominal: Rp 130.000.000

Tanda tangan: Ari Susanto

Kwitansi beli mobil toyota innova
kwitansi pembayaran mobil

Telah terima dari: Ibu Nursusilo

Uang sejumlah: seratus sembilan puluh lima juta rupiah

Untuk pembayaran: 1 unit mobil Honda Jazz warna Merah th 2012, nopol H2351VV, nomesin: JzA53RI, norangka: MHR89Kr36699

Tanggal : Semarang 27 Juli 2009

Nominal: Rp 195.000.000

Tanda tangan: Kurnia

kwitansi beli mobil Honda Jazz

FAQ

Siapa yang tanda tangan pada bukti kwitansi?

Kwitansi ditandatangani oleh pihak penerima uang. 

Siapa yang pegang kwitansi?

Pihak yang memegang bukti kwitansi adalah pemberi uang. Sedangkan penerima menyimpan bagian kertas kwitansi yang lain.

Apakah kwitansi harus bermaterai?

Kwitansi bermaterai biasanya untuk transaksi dengan nominal besar, seperti jual beli mobil atau bangunan. Kwitansi bermaterai bisa dijadikan sebagai bukti pengadilan yang sah, karena secara hukum lebih kuat jika dibandingkan kwitansi tanpa materai.

Apakah kwitansi jual beli mobil sah?

Kwitansi sah untuk bukti pembayaran, dengan syarat ada materai dan sebisa mungkin saksi.

Kenapa kuitansi harus ditulis dengan huruf?

Hal ini sudah berlaku sejak zaman Hindia Belanda yang dijadikan hukum acara persidangan tahun 1848. Penulisan nominal dengan huruf dapat meminimalisir terjadi kesalahan pembacaan nominal atau praktik kecurangan.

Leave a Reply