15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi

Sandi Ma'ruf

Rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen dan rumah tangga pemerintah disebut sebagai pelaku ekonomi.

Setiap pihak pelaku ekonomi atau kegiatan ekonomi punya peran dan fungsinya masing-masing. Misalnya, peran rumah tangga konsumen adalah menyediakan faktor produksi, peran rumah tangga produsen adalah memproduksi barang dan jasa dan peran rumah tangga pemerintah adalah merangsang produksi.

Ketika semua pihak menjalankan peran dengan baik, maka berpengaruh pada peningkatan pertumbuhan ekonomi setiap negara dan mencegah terjadi inflasi.

Peran Rumah Tangga Konsumen (RTK)

peran pelaku ekonomi konsumen
Gambar peran rumah tangga konsumen

Rumah tangga keluarga (konsumen) adalah sekelompok orang yang memiliki kebutuhan tidak terbatas dan yang melakukan kegiatan konsumsi produk barang dan jasa dari produsen. Supaya bisa membeli atau mendapatkan kebutuhannya, rumah tangga konsumen harus memiliki uang. Berikut cara untuk mendapatkan uang yang dilakukan konsumen :

  1. Menawarkan kepada pihak lain sejumlah tanah atau rumah untuk mendapatkan balas jasa atau sewa.
  2. Menawarkan sumber daya manusia atau sumber tenaga kerja untuk mendapatkan balas jasa atau upah/gaji.
  3. Menawarkan model miliknya untuk memperoleh bunga sebagai balas jasa.
  4. Menawarkan keahliannya atau menggunakan keahlian yang dimiliki untuk mendapatkan balas jasa yang disebut bagian keuntungan atau laba (usaha).

Dengan demikian peran rumah tangga konsumen adalah :

  1. Menyerahkan atau menyediakan faktor produksi.
  2. Mengkonsumsi barang dan jasa.
  3. Mendapatkan imbalan atau balas jasa dari faktor produksi yang dimiliki. Imbalan yang dimaksud bisa berupa upah tenaga untuk faktor-faktor produksi, sewa untuk tanah, bunga untuk modal dan keuntungan untuk usaha.

Baca juga Peran Bank Sentral Indonesia Bagi Dunia Perbankan dan Perekonomian

Peran Rumah Tangga Produksi/Produsen

pelaku ekonomi produsen
Gambar peran rumah tangga produsen

[su_box title=”Tahukah Kamu?” box_color=”#f48219″]

Perusahaan merupakan pelaku kegiatan ekonomi yang melakukan kegiatan produksi melalui meningkatkan kegunaan suatu barang.

Contohnya mengubah kayu yang berupa balok untuk dijadikan sebagai perabot rumah tangga. Untuk mengubah kayu tersebut dibutuhkan alat-alat seperti gergaji, tukang kayu, cat dan paku dan lainnya.

Alat yang dihimpun untuk meningkatkan kegunaan barang dalam teori ekonomi disebut faktor produksi atau sumber daya ekonomi. Faktor produksi tersebut sangat penting dalam proses produksi dalam untuk menghasilkan output suatu barang atau jasa.

Dengan demikian peran rumah tangga produsen adalah :

  1. Melakukan kegiatan produksi barang dan jasa, dengan cara mengolah faktor produksi yang diperoleh dari rumah tangga konsumen.
  2. Membayar imbalan atas penggunaan faktor produksi.
  3. Menjual hasil produksi kepada rumah tangga konsumen.
  4. Menerima pembayaran atas penjualan barang dan jasa.

Diskusikan dengan rekanmu, apa yang dimaksud dengan produsen? apakah ada produsen di daerah Anda tinggal? dan bagaimana hubungan produsen dengan rumah tangga keluarga?

Bahan diskusi

Baca juga: 7 Masalah Pokok Ekonomi di Indonesia dan Cara Mengatasinya

Peran Rumah Tangga Pemerintah

pelaku kegiatan ekonomi pemerintah
Gambar peran rumah tangga pemerintah

Pemerintah dalam perekonomian berperan berdasarkan motif ekonomi yaitu motif mencari penghasilan guna kepentingan umum. Dengan kata lain kegiatan ekonomi pemerintah berbeda dengan rumah tangga konsumen keluarga atau produsen di perusahaan yang kegiatan usahanya bermotif private ekonomi (berguna untuk diri sendiri).

Jadi peran rumah tangga pemerintah dalam kegiatan ekonomi adalah:

  1. Mengeluarkan undang-undang peraturan dan kebijakan yang tujuannya mengumpulkan dana dari masyarakat. Contoh : melalui pemungutan pajak dari perusahaan atau rumah tangga konsumsi.
  2. Membeli berbagai kebutuhan pemerintah untuk menyiapkan sarana dan prasarana guna kepentingan umum (public goods). Contohnya adalah kegiatan keamanan pendidikan dan jalan raya
  3. Melakukan kegiatan langsung melalui badan usaha milik negara bumn. Contoh : menyediakan tenaga listrik, pertambangan, perbankan dan menjalin hubungan ekonomi dengan negara lain.
  4. Menyediakan prasarana produksi. Contohnya pengangkutan umum air minum jalan-jalan umum listrik sekolah rumah sakit dan lain.
  5. Merangsang produksi melalui pajak dan subsidi.
  6. Mengawasi peredaran jumlah uang.
  7. Menyediakan informasi contohnya melalui bagian statistik harga riset dan penerangan.
  8. Mengatur perekonomian lewat peraturan atau pengawasan serta perizinan.
  9. Menjalankan sendiri beberapa perusahaan.

Perusahaan milik negara dikelompokkan menjadi 2, yaitu Perusahaan Umum Perum dan Perusahaan Perseroan.

  1. Perusahaan Umum. Contoh perusahaan Perum adalah Perum Pegadaian, Perum Perumnas. Di negara Indonesia ada Sekitar 32 perusahaan umum.
  2. Perusahaan Perseroan. Menjalankan usaha seperti swasta. Contohnya PT Perkebunan PT Pelni Jasa Marga PT Garuda dan lainnya.

Baca juga: Peran Sekretaris dalam Organisasi

Peran Masyarakat Internasional (Asing)

pelaku kegiatan ekonomi masyarakat luar negeri
Gambar peran rumah tangga masyarakat internasional (asing)

Manusia sebagai makhluk sosial, tidak bisa hidup tanpa kehadiran orang lain. Kita tidak akan mampu mencukupi semua kebutuhan kita tanpa bantuan orang. Begitupun dengan negara, yang tidak bisa mencukupi seluruh kebutuhan warga negaranya. Artinya negara membutuhkan kehadiran negara lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

Peran masyarakat luar negeri adalah :

Jadi peran masyarakat luar negeri sebagai pelaku ekonomi adalah untuk menjalin kerjasama dibidang ekonomi, dengan tujuan mencukupi kebutuhannya sendiri.

Caranya dengan melakukan kegiatan yang dinamakan ekspor/impor barang dan jasa. Kegiatan tersebut tercatat pada daftar yang disebut neraca perdagangan dan seluruh lalu lintas pembayaran dicatat dalam daftar yang disebut neraca pembayaran.

Baca juga: Alat dan Cara Pembayaran Internasional (Tunai, Open Account)

Hubungan Rumah Tangga Konsumen, Produsen, Pemerintah dan Asing

  • Produsen membutuhkan konsumen sebagai tenaga kerja pada perusahaannya, sebagai pembeli produk produsen.
  • Konsumen membutuhkan produsen untuk menyediakan barang dan jasa, menyediakan lapangan pekerjaan dan gaji.
  • Peran pemerintah terlihat membebankan kepada produsen dan konsumen dengan pajak. Tetapi dengan adanya pemerintah, maka ada peraturan tentang gaji yang layak, sarana kesehatan, pendidikan dan layanan publik gratis.

Pelaku Ekonomi Lain

Selain 4 pelaku ekonomi di atas, ada juga pelaku ekonomi lain yang punya peran merangkap, misalnya sebagai produsen juga sebagai konsumen dan sebagainya.

  • Pengusaha. Pengusaha adalah orang yang memiliki perusahaan produksi, namun juga tetap mengkonsumsi barang dan jasa dari produsen lain.
  • Orang dengan keterbatasan fisik. Kelompok ini sebagaian besar kegiatan ekonominya dibiayai negara, namun tidak sedikit juga yang berhasil sebagai produsen.
  • Bank dunia sebagai lembaga keuangan dunia yang punya dana terbatas untuk membantu pertumbuhan ekonomi negara dengan pinjaman (hutang).
  • Yayasan atau organisasi. Kelompok ini juga menjalankan kegiatan ekonominya sendiri dengan menawarkan layanan dengan tujuan tertentu, misalnya untuk amal, pembenahan lingkungan, hutan dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan terimakasih banyak atas kunjungannya. ๐Ÿ™‚

Kunjungi artikel terkait:

  1. Peran Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank Beserta Fungsinya
  2. Peran Stakeholder Pendidikan

Bagikan:

Sandi Ma'ruf

Tertarik dengan dunia keuangan. Sebagai kontributor di AKL. Lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

1 thought on “15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi”

Leave a Comment