18 Peluang Usaha di Desa Paling Menguntungkan dan Minim Resiko

Ichsanti

Kebanyakan orang berfikir bahwa untuk menjalankan usaha yang menjanjikan hanya terdapat di kota. Namun dalam kenyataannya tidak demikian, di desa juga nyatanya terdapat banyak sekali sumber peluang usaha di desa yang menguntungkan. Dengan membuka usaha di desa akan membuahkan hasil yang bagus dengan tekad ingin berusaha dan mau belajar mengembangkan diri untuk terus maju.

Kini desa bukan lagi tempat terpencil yang dikenal dengan kemiskinan, keterbatasan peluang kerja dan sebagainya. Sebaliknya, kini desa juga dapat menjanjikan banyak peluang usaha yang tak kalah dengan di kota. Teknologi komunikasi dan jaringan internet membuat desa kini tidak lagi ketinggalan dari kota, bahkan desa memiliki banyak komoditas yang tidak dimiliki di kota.

10 Usaha yang Menguntungkan di Desa

Dibawah ini merupakan usaha-usaha yang dapat dibilang paling laris di desa, yaitu sebagai berikut:

1. Barber Shop (Pangkas Rambut)

Untuk kalian yang memiliki keahlian khusus, kalian dapat membuka usaha jasa sesuai dengan keahlian yang kalian miliki. Salah satunya adalah usaha pangkas rambut. Usaha ini tidak memerlukan modal besar untuk peralatannya dan kalian dapat memakai teras rumah untuk tempatnya.

2. Membuka Salon Kecantikan

Usaha salon kecantikan memiliki peluang yang sangat besar, karena banyak orang yang tidak punya waktu untuk merawat kecantikannya sendiri. Untuk tempatnya, carilah lokasi yang mudah dilihat, mudah dijangkau, dan dilalui banyak kendaraan. Pastikan juga lokasi salon mempunyai tempat parkir yang cukup, aman, bebas banjir, serta tersedia listrik, air dan telepon. Jika lokasi agak jauh dari jalan raya, kalian dapat memasang plang agar pengunjung mudah menemukan lokasi salon.

3. Peluang Usaha Kuliner Menjanjikan

usaha yang menguntungkan di desa

Usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang terkenal tiada matinya dan akan terus ada selama manusia masih ada di dunia ini. Jika anda ingin mencoba melakukan usaha kuliner ini di desa dengan tantangan bahwa daya beli masyarakat desa cenderung rendah daripada kota, tetapi tidak ada salahnya jika ingin mencoba.

Namun sebelum membuka usaha kuliner ini, perlu mempersiapkan seperti makanan apa yang hendak di jual sesuai dengan permintaan pasar, dan daya beli masyarakat.

Contoh produk kuliner yang dapat dijual di desa misalnya seperti:

  • Berjualan kue dengan sistem pre-order atau pemesanan
  • Membuka warung makan sederhana dengan memiliki menu dan rasa yang khas agar terdapat perbedaan dengan warung lainnya, misalnya seperti bakso, pecel, soto, dan lain-lain.

4. Peluang Usaha Bimbingan Belajar di Desa

contoh usaha modal kecil

Dalam memperdalam pengetahunnya, para siswa diperkotaan mayoritas mengikuti bimbingan belajar (bimbel). Namun berbeda dengan di desa, untuk menemukan tempat bimbel merupakan hal yang cukup sulit. Maka dari itu hal ini dapat menjadi peluang usaha untuk orang-orang yang tertarik membuka usaha di bidang pendidikan.

Usaha membuka bimbingan belajar di desa memiliki prospek yang cerah jika dilihat bagaimana perkembangan positif pola pikir masyarakat desa dengan pentingnya pendidikan bagi anak.

Namun dalam menjalankan usaha ini harus melibatkan orang yang memiliki background pendidikan. Hal ini merupakan penting dalam membangun kepercayaan calon konsumen terhadap usaha yang akan dibangun.

Baca : 6 Contoh Usaha Modal 5 Juta Yang Mudah di Lakukan

5. Ternak Ayam Kampung

Untuk kalian yang memiliki lahan yang luas, kalian dapat mencoba dengan usaha ternak ayam kampung. Usaha ternak ayam kampung ini cukup menggiurkan karena harga daging ayam kampung sendiri cukup stabil di pasar dan kalian bias mendapatkan bibit ayam sendiri dari ayam betika yang kalian pelihara.

6. Membuka Ternak Lele

menciptakan peluang usaha di desa

Beternak lele dapat mendapatkan banyak keuntungan karena selain banyakya rumah makan yang menyajikan lele sebagai menu masakan, bisa juga untuk memenuhi gizi keluarga.

Dalam beternak lele kalian dapat memfokuskan usaha pada pembibitan lele. Dalam praktiknya, kalian hanya fokus pada bagaimana memelihara induk lele untuk bertelur dan menghasilkan ribuan bibit. Lalu, kalian tinggal memberikan makanan khusus seperti cacing sutera untuk benih agar tumbuh hingga ukuran tubuh tertentu. Setelah itu, kalian tidak perlu repot karena para peternak pembesaran lele akan datang ke rumah kalian untuk membelinya.

Selain itu, kalian juga dapat memelihara lele untuk dibesarkan dan siap konsumsi. Untuk ini kalian harus meyediakan kolam-kolam khusus di halaman atau sekitar rumah. Keunggulan dari beternak lele yaitu karena lele merupakan jenis ikan yang bisa tetap hidup dalam kondisi air yang keruh sekalipun.

7. Usaha Pengepul Hasil Ternak dan Hasil Pertanian di Desa

bisnis yang laku setiap hari

Peluang usaha di desa selanjutnya adalah pengepul hasil ternak. Para petani dan peternak di desa memiliki beberapa kendala misalnya seperti masalah distribusi dan penjualan hasil ternak atau kebunnya. Atas ketidak mampuan dalam menjual ini disertai dengan kurangnya fasilitas transportasi menjadi kendala lain bagi para petani dan peternak.

Maka dari itu hal ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha bagi orang-orang yang ahli dalam bidang negosiasi dalam mencapai kesepakatan. Dengan membuka usaha ini dengan cara mempertemukan petani atau peternak dengan pedagang yang selanjutnya akan menjualkan barang dan memperoleh laba dari selisih harga yang telah dijadikan standar bagi kedua pihak.

Baca : 10 Peluang Usaha Ternak Menguntungkan

8. Peluang Usaha Franchise atau Waralaba di Desa

usaha kecil sukses

Menurut beberapa orang usaha franchise sering dianggap sebagai usaha yang mahal karena produk yang dijual termasuk dalam golongan yang mahal sehingga kurang cocok dalam membuka usaha tersebut di desa

Apabila diperhatikan lebih jeli ada beberapa  franchise yang hargnya cukup terjankau. Di desa  masih cukup sulit dalam menemukan usaha franchise. Hal ini merupakan suatu peluang usaha yang masih sangat sedikit pesaing.

Selain itu di desa yang sedang berkembang biasanya masyarakatnya tertarik kepada sesuatu yang berbau perkotaan misalnya seperti produk franchise ini. Hal ini dapat menjadi suatu peluang yang besar untuk keberhasilan usaha franchise di desa. (Baca : Contoh Usaha Waralaba)

9. Membuka Warnet

Walaupun kini hamper semua orang memiliki smartphone, tetapi usaha warung internet tetap memiliki peluang. Ini karena di desa tidak banyak rumah-rumah yang memasang wi-fi dan untuk mendownload, streaming, bermain game online dan sebagainya memerlukan kuota yang besar jika melalui smartphone. Sehingga masih banyak orang yang memilih pergi ke warnet. Kalian juga dapat menambahkan jasa pencetakan untuk menambah keuntungan.

10. Peluang Usaha Service Barang Elektronik di Desa

usaha menjanjikan untuk masa depan

Dalam penggunaan barang termasuk barang elektronik warga desa termasuk hemat dalam penggunannya. Apabila masih dapat digunakan dan diperbaiki biasanya mereka akan berusaha memperbaikinya dahulu. Hal ini dapat menjadi suatu peluang bagi orang yang ahli dalam bidang servis barang elektronik.

11. Usaha Makanan Khas Daerah di Desa

peluang usaha di desa berkembang

Apabila suatu desa yang termasuk dalam daerah wisata biasanya akan banyak dikunjungi wisatawan. Usaha makanan khas daerah perlu untuk dicoba karena pada umumnya wisatawan pasti akan mencari oleh-oleh kas daerah tersebut.

12. Membuka Jasa Pembuatan Barang Mebel

Berbagai perkakas rumah tangga seperti lemari, kursi, tempat tidur hingga daun pintu, jendela dan kusen kini menjadi sangat dibutuhkan. Sehingga salah satu peluang usaha di desa berkembang adalah membuka jasa pembuatan perkakas rumah tangga, termasuk jasa perbaikan berbagai perkakas itu. karena, kebanyakan orang lebih memilih memperbaiki perkakas ketika hanya sebagian saja yang rusak dibandingkan dengan membeli yang baru.

Jika kalian tidak memiliki keahlian dalam membuat perkakas, kalian juga dapat mempekerjakan orang lain yang memiliki keahlian menyerut, memotong dan kemampuan tukang kayu umumnya.

13. Peluang Usaha Pulsa

usaha menjanjikan untuk masa depan

Dalam membuka usaha pulsa elektronik di desa termasuk usaha yang laris di desa, karena semua orang membutuhkan pulsa untuk mampu terus berkomunikasi dengan lancar. Selain itu tidak banyak masyarakat desa menjual pulsa elektrik, sehingga sedikit pesaing yang dimiliki.

14. Membuka Depot Air

Usaha depot air ini memiliki peluang yang besar karena hanya membutuhkan beberapa alat saja yaitu alat pengisi air mineral, galon, dan alat pembersih. Usaha ini juga tidak membutuhkan tempat yang luas, kalian dapat memanfaatkan teras rumah untuk dijadikan depot sederhana.

Kini masyarakat lebih memilih sesuatu yang praktis dan mudah, sehingga untuk kebutuhan air minum, hampir semuanya lebih memilih untuk melakukan isi ulang. Ini membuat peluang usaha di desa berkembang yang satu ini mendapat keuntungan lebih tinggi.

15. Peluang Usaha Menjahit

10 Usaha yang Paling Laris di Desa

Usaha menjahit merupakan usaha yang sangat cocok dan laris di desa apabila memiliki keahlian dalam bidang menjahit apalagi ditambah dengan penjahit yang memiliki gaya fashion yang terbaru serta memiliki kreatifitas serta inovasi baru sehingga hasil jahitan dapat menarik perhatian para pelanggan di desa.

16. Peluang Usaha Toko Pakaian di Desa

10 Usaha yang Paling Laris di Desa

Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia, sehingga tidak heran jika usaha toko pakaian ini lebih mudah untuk berkembang. Dengan jarak di desa ke kota lumayan jauh, maka dengan membuka usaha toko pakaian dapat menjadi solusi dan peluang terbaik dalam masalah ini.

17. Peluang Usaha Toko Kelontong di Desa

peluang usaha di desa terpencil

Usaha toko kelontong adalah usaha yang skalanya sederhana dimana usaha ini menjual kebutuhan sehari-hari misalnya seperti bahan sembako, bumbu dapur, perabot rumah tangga, dan lain-lain. Usaha toko kelontong merupakan usaha yang cocok untuk dijadikan pekerjaan sampinan untuk ibu rumah tangga di desa. Usaha toko kelontong ini termasuk usaha yang sangat laris dan mampu bertahan cukup lama.

18. Membuka Pertamini

Di desa tidak banyak adanya pom bensin, sehingga orang-orang cukup kesulitan. Padahal hampir semua keluarga walaupun di desa memiliki kendaraan. Hal ini dapat dijadikan sebagai peluang untuk membuka pertamini dipinggir jalan yang banyak dilalui kendaraan.

[su_youtube_advanced url=”https://youtu.be/t_bndWCrAw0″]

Demikianlah penjelasan mengenai 18 Usaha yang Paling Laris di Desa. Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Bagikan:

Comments are closed.