10 Fungsi Pasar Bagi Kehidupan Masyarakat dan Perekonomian

Posted on
Fungsi pasar dalam kehidupan masyarakat

Keberadaan pasar mempunyai peran penting bagi kehidupan sehari-hari. Di pasar Anda tentu bisa menemukan berbagai macam kebutuhan yang tidak bisa dihasilkan sendiri.

Fungsi pasar sebagai tempat penyedia segala kebutuhan akan sangat berguna untuk menunjang aktivitas harian Anda. Tanpa adanya pasar, maka semua kebutuhan tidak akan bisa tercukupi dengan baik dan cepat.

Sebagai pembeli Anda tentu akan bertemu dengan penjual yang menjajakan barang kebutuhan Anda dengan taksiran harga tertentu.

Berbeda dengan mall maupun pasar modern lainnya, di pasar Anda bisa melakukan negosiasi harga.

Selain bisa menemukan barang kebutuhan yang Anda mau, pasar juga memiliki fungsi  fungsi pasar bagi masyarakat dan perekonomian berikut ini :

1. Pembentuk harga 

Fungsi pasar yang pertama ialah sebagai pembentuk harga atau penentu nilai dari suatu barang. Harga adalah hal penting yang harus disepakati antara penjual dan pembeli di pasar sebelum melakukan transaksi. Tanpa adanya kesepakatan harga, maka transaksi tidak akan dapat berjalan dengan baik.

Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa kesepakatan yang terjadi di antara penjual dan pembeli sejatinya tidak boleh saling merugikan.

Tidak diperbolehkan adanya harga yang merugikan dari satu sisi pembeli maupun si penjual. Dalam persoalan kesepakatan harga tidak boleh ada salah satu pihak yang dirugikan. 

Lihat juga strategi dan cara menentukan penetapan harga disini.

2. Sarana untuk promosi 

Pernahkah Anda mendengar istilah pasar sebagai sarana promosi? Pasar merupakan tempat paling efektif dan efisien sebagai sarana promosi.

Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang ada dalam pasar dan senantiasa berkerumun untuk mencari kebutuhannya. Kerumunan tersebut dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis khususnya sarana promosi. 

Bagi Anda yang memiliki barang untuk diperjualbelikan, maka patut mencicipi rasanya promosi produk di pasar. Sekian banyak orang yang berada di pasar tentu akan menciptakan peluang bisnis ampuh bagi Anda. Minimal Anda bisa mengenalkan produk bisnis Anda secara detail dengan orang-orang yang berada di pasar. 

3. Pembentuk kreativitas 

Fungsi pasar berikutnya adalah sebagai pembentuk kreativitas. Bukan hanya bagi penjual saja, akan tetapi pembeli juga bisa berkreasi di dalam pasar.

Sisi kreativitas dari penjual merupakan hal penting dan harus dilakukan agar banyak menarik minat pembeli untuk membeli produk yang dijualnya. Semakin kreatif Anda menjual produk, maka semakin banyak pula pembeli yang berminat pada produk dagangan Anda.

Sisi kreativitas dari sisi pembeli juga penting. Pembeli harus senantiasa kreatif guna melatih kepekaan terhadap pemilihan maupun pembelian produk yang diinginkan. Dengan kata lain, pembeli harus senantiasa selektif dalam menentukan pilihan produk yang akan dibelinya. 

4. Memperat hubungan 

Fungsi lain dari pasar ialah sebagai sarana untuk memperat hubungan khususnya jalinan tali silaturahmi. Pasar merupakan sarana komunikasi maupun interaksi yang terjadi antara pihak penjual dengan pihak pembeli.

Secara tidak sadar sebetulnya interaksi tersebut bisa membuahkan jalinan tali silaturahmi yang baik di antara kedua belah pihak. 

Selain adanya kegiatan ekonomi yang muncul di pasar, terdapat pula hubungan sosial di antara pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi ekonomi tersebut.

Dengan demikian, di samping dapat menemukan produk yang diinginkan maka Anda juga bisa mendapatkan rekanan baru. 

5. Sarana melatih daya saing 

Di samping berfungsi sebagai tempat transaksi jual beli, pasar juga dapat berfungsi sebagai tempat untuk melatih daya juang dan saing. Seseorang yang memilih terjun ke pasar harus senantiasa siap dalam segala bentuk kondisi dan situasi.

Di pasar Anda harus siap untuk berjuang mendapatkan pembeli, pelanggan, barang impian maupun keuntungan dari transaksi yang dilakukan. 

Persaingan dan daya juang yang ada di pasar tidak membedakan status maupun golongan. Untuk itu, Anda harus senantiasa aktif dalam berjuang dan bersaing di pasar. Bagi Anda yang malas maupun pasif, maka bersiaplah untuk tidak mendapatkan hasil sama sekali. Maka dari itu, sebaiknya Anda mulai berlatih mulai dari sekarang. 

6. Sarana untuk pembangunan nasional 

Fungsi pasar berikutnya yang tidak kalah penting ialah sebagai sarana pembangunan nasional. Pasar bermanfaat sebagai penunjang kelancaran pembangunan yang tengah berlangsung dalam suatu negara.

Bisa dikatakan bahwa pasar merupakan sistem perekonomian nasional bangsa ini. Di pasar Anda tentu akan memperoleh semua macam barang maupun jasa yang bermanfaat bagi pembangunan nasional. 

Selain itu, pasar juga bermanfaat sebagai sumber pendapatan nasional guna membiayai pembangunan negara yang sedang berjalan. Pembiayaan tersebut bisa dari pungutan pajak maupun retribusi.

Dengan demikian, pasar senantiasa memiliki peran penting dalam urusan pembangunan nasional. Seperti  pasar modal yang memegang peranan penting untuk membentuk perekonomian suatu negara. 

7. Pembuka lapangan kerja 

Tidak dapat dipungkiri bahwa pasar juga bisa dijadikan sebagai sarana pembuka lapangan kerja bagi sumber daya manusia yang berada di sekitarnya.

Semakin luas bentuk pasar, maka semakin besar pula tenaga kerja yang akan diserap. Dengan demikian, tidak heran jika Anda dapat menemukan banyak pekerjaan di pasar. 

Dengan banyaknya tenaga kerja yang terserap di pasar, maka dapat disimpulkan bahwa pasar ikut serta dalam perbantuan urusan pengurangan jumlah pengangguran di Indonesia. Jadi, pasar bukan hanya sebagai tempat bertransaksi jual beli saja melainkan juga sebagai sarana bekerja bagi sebagian orang. 

8. Pengontrol kegiatan ekonomi negara 

Tahukah Anda bahwa pasar juga memiliki fungsi sebagai pengontrol kegiatan ekonomi dalam suatu negara. Dengan adanya pasar sebagai pengontrol kegiatan ekonomi, niscaya negara tersebut akan memperoleh kesejahteraan hidup.

Hal ini karena hampir semua kegiatan ekonomi terjadi di pasar mulai dari produksi, konsumsi hingga distribusi.

9. Sarana distribusi 

Pasar juga diketahui memiliki fungsi sebagai sarana distribusi baik itu distribusi bagi produsen maupun konsumen. Melalui pasar, maka produsen bisa mendistribusikan produk dagangannya kepada masyarakat umum yang ada di tempat tersebut. 

Secara singkat, jika Anda ingin menjual produk dagangannya maka Anda hanya perlu datang ke pasar. Begitupula jika Anda yang merupakan seorang pembeli. Apabila Anda ingin menemukan produk kebutuhannya maka Anda hanya perlu datang ke pasar. 

10. Memperkuat ekonomi kerakyatan 

Fungsi pasar lainnya ialah untuk memperkuat ekonomi kerakyatan, terutama yang disebut sebagai pasar rakyat. Dengan adanya pasar rakyat maka omset produsen akan meningkat. Selain itu, pasar rakyat juga dapat membantu peningkatan pendapatan asli pada daerah tersebut. Hal ini berkesesuaian dengan Undang-Undang No. 7 Tahun 2014 tentang manfaat pasar rakyat untuk memperkuat perekonomian.

Di samping itu, pasar rakyat juga bermanfaat untuk menstabilkan harga barang-barang kebutuhan pokok. Khususnya barang-barang yang memiliki harga selangit. Diharapkan juga dengan adanya pasar rakyat, banyak masyarakat yang mendapatkan barang berkualitas dengan harga yang pantas. 

Kehadiran pasar nyatanya mampu memberikan sumbangsih yang besar bagi keberlangsungan hidup suatu negara. Dengan adanya berbagai fungsi pasar yang dimiliki, maka akan memudahkan pemerintah maupun masyarakat umum guna menjalankan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan perekonomian. Kiranya Anda juga mampu menuai manfaat dari pasar, ya!

Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.