Tips Memulai Bisnis Ayam Geprek

Posted on
Tips Memulai Bisnis Ayam Geprek
5 (100%) 4 vote[s]

Salah satu bisnis kuliner yang tetap eksis hingga saat ini ialah ayam geprek. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat penggemar ayam geprek itu sendiri sangatlah banyak. Ini bisa dianggap sebagai suatu peluang untuk mendatangkan uang dan kalau Anda tertarik, pastikan Anda mengetahui tips memulai bisnis ayam geprek terlebih dahulu.

Walaupun tampak remeh, tetapi ini penting dan sebaiknya Anda tidak memulai bisnis ayam geprek tanpa mengetahui berbagai tips yang dimaksud. Tujuannya adalah untuk menghindari kekeliruan yang bisa membuat bisnis ayam geprek menjadi sepi. Adapun tips memulai bisnis yang dimaksud ialah sebagai berikut.

Daftar Tips Memulai Bisnis Ayam Geprek

1. Membuat Rencana Bisnis

Yang pertama, Anda perlu membuat rencana bisnis terlebih dahulu. Rencana ini begitu diperlukan karena berkaitan dengan kelangsungan bisnis. Supaya rencana bisnis menjadi lebih matang, Anda bisa menyimak langkah-langkah penyusunan rencana sebagai berikut.

  1. Membuat blue print atau visi dan misi bisnis. Dalam hal ini, Anda perlu menunjuk siapa saja yang akan terlibat di dalamnya serta merumuskan cara untuk mencapainya. Dengan adanya visi serta misi yang jelas, bisnis Anda juga akan mempunyai tujuan yang jelas, sehingga dalam pelaksanaannya pun juga akan lebih terarah
  2. Membuat analisis yang ada kaitannya dengan bisnis. Beberapa analisis yang wajib ada ialah analisis pemasaran, analisis pasar, analisis keuangan, analisis produksi serta analisis tenaga kerja
  3. Pertimbangkan kemungkinan resiko yang akan menghampiri bisnis Anda. Resiko-resiko tersebut biasanya terdiri atas resiko likuiditas, resiko keuangan, resiko operasional serta resiko-resiko yang lain. Diharapkan agar Anda tidak hanya menuliskan resiko saja ya, tapi rumuskan juga bagaimana penyelesaiannya

Baca juga : Tips bisnis angkringan sukses

2. Tentukan Lokasi yang Tepat untuk Bisnis

Setelah Anda selesai dengan rencana bisnis, maka Anda juga harus memilih lokasi. Pastikan Anda memilih lokasi dengan benar dan tepat karena lokasi ini juga termasuk faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis. Kenapa begitu? Karena semakin strategis lokasi yang Anda pilih, bisnis Anda akan semakin ramai dan penjualannya juga akan semakin bagus.

Sebaliknya, jika Anda mendirikan bisnis di lokasi yang kurang bagus, kecil kemungkinan orang-orang akan mengenali bisnis Anda, sehingga tidak banyak orang yang bisa menikmati ayam geprek Anda.

Pun demikian, karena zaman saat ini sudah canggih, meskipun Anda mendapatkan lokasi yang kurang strategis, Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan layanan delivery online, membagikan lokasi dan lain-lain.

3. Melakukan Promosi

Selain kedua hal di atas, hal penting lain yang juga perlu Anda perhatikan ialah masalah promosi. Jadi, bukan hanya lokasi saja yang mempengaruhi kesuksesan bisnis, tetapi cara Anda melakukan promosi juga bisa mempengaruhinya. Anda bisa belajar disini bagaimana cara jualan di instagram.

Promosi yang dilakukan secara kurang tertarget, akan membuat ayam geprek Anda jadi kurang laku di pasaran, betapapun enaknya ayam geprek tersebut. Sebaliknya, apabila promosi dilakukan dengan tepat, ayam geprek yang Anda jual pasti akan lekas habis sehingga keuntungan yang diperoleh juga akan lebih besar.

Untuk saat ini, cara melakukan promosi itu sudah sangat beragam, bisa melalui mulut ke mulut, menyebarkan brosur, memanfaatkan media sosial dan lain-lain.

4. Inovasi

Supaya Anda bisa meraih kesuksesan melalui bisnis ayam geprek, maka Anda perlu menjalankan bisnis ini dengan strategi yang tepat. Sejauh ini, strategi yang bisa diterapkan adalah dengan melalui kreasi dan inovasi terhadap menu yang disajikan, seperti memberikan topping tambahan, memberikan opsi menu yang bervariasi dan lain-lain.

5. Kualitas ayam yang disajikan

Ini juga merupakan hal vital yang tidak boleh diabaikan, karena sebagus apapun strategi Anda dalam menjalankan bisnis ayam geprek, tetapi bila kualitas produk Anda ternyata jelek, maka bisnis bisa segera gulung tikar.

Memang bisa mendatangkan pembeli, tetapi bila pembeli merasa kecewa dengan kualitas ayam geprek Anda yang tidak bagus, maka tidak akan ada kesan yang tertinggal di dalam hati pembeli tersebut sehingga dia enggan untuk membeli produk Anda lagi.

Selain itu, karena ayam geprek juga termasuk produk umum, maka Anda sebaiknya mementingkan inovasi. Ciptakan sebuah produk ayam geprek yang unik sehingga banyak calon pembeli yang tertarik untuk membelinya.

Memang Anda boleh menjual ayam geprek seperti yang biasanya ada di pasaran, tetapi ingatlah bahwa ayam geprek yang seperti ini mempunyai banyak pesaing. Bahkan ada diantara pesaing yang menawarkan ayam geprek yang lebih murah, lebih bervariasi atau lebih enak dari ayam geprek Anda. Makanya, Anda perlu membuat produk Anda ini menonjol untuk memancing para pembeli.

Hal lain yang juga tak kalah penting dan wajib Anda perhatikan ialah membangun hubungan yang baik dengan konsumen. Saran ini diberikan bukan tanpa maksud, tetapi memang berhubungan baik dengan konsumen bisa menumbuhkan loyalitas mereka pada brand Anda. Diantara cara yang bisa Anda tempuh untuk tujuan ini adalah dengan memberikan pelayanan yang baik pada mereka.

Di samping itu, agar Anda bisa berhasil dalam bisnis ayam geprek ini, Anda juga perlu berpikir dengan cara yang tidak biasa. Inipun perlu diiringi dengan pembuatan rencana jangka panjang supaya bisnis Anda tidak kalah dengan para pesaing baru.

Walaupun ulasan di atas tampak begitu menyusahkan, tetapi kalau Anda memang sudah berniat, maka Anda pasti bisa melakukannya. Terapkan tips di atas dan teruslah berpegangan pada rencana bisnis Jangan pernah takut menambahkan inovasi karena inovasi ini sangat diperlukan agar produk Anda menjadi berbeda dari produk yang lainnya. Kemudian, yakinlah bahwa Anda bisa melakukannya.

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.