4 Pengertian Modal Dalam Akuntansi “Menurut Ahli dan Jenisnya”

Posted on

Pengertian Modal Menurut Ahli 


AkuntansiLengkap.comModal adalah bagian penting yang wajib dimiliki oleh setiap organisasi apalagi bagi perusahaan, dengan modal, perusahaan dapat ,menjalankan seluruh aktivitas bisnisnya dengan baik.

pengertian-modal-dalam-akuntansi

Artikel kali ini akan membahas pengertian modal menurut para ahli:

1. Lawrence J. Gitman

Modal didefinisikan sebagai pinjaman jangka panjang yang dimiliki oleh perusahaan ataupun setiap hal yang ada di bagian kanan laporan neraca perusahaan selain kewajiban.

2. Baker

Modal adalah sebagian barang-barang konkret yang masih ada di dalam rumah tangga perusahaan yang ada di kolom neraca bagian debit, maupun berupa daya beli / nilai tukar barang – barang yang terdapat di kolom kredit neraca.

3. Bambang  Riyanto

Bambang Riyanto menyatakan bahwa Modal merupakan hasil produksi yang dapat digunakan kembali untuk memproduksi lebih lanjut. Dalam perkembangannya, modal ditekankan pada nilai, daya beli, maupun kemampuan menggunakan barang-barang modal.

4. Moekijat

Menurut Drs. Moekijat, Modal terdiri dari beberapa rumusan dasar diantaranya, uang tunai, kredit, hak membuat serta menjual sesuatu (berupa paten), gedung,-gedung dan mesin.

Istilah modal juga sering digunakan untuk menggambarkan milik total yang meliputi surplus dan keuntungan-keuntungan yang tidak dibagi.

Sumber Modal Perusahaan


Sumber modal  pada dasarnya berasal dari dua sumber yakni dari dalam perusahaan (internal) dan dari luar perusahaan (eksternal)

1. Internal

Modal internal bersumber dari seluruh aktivitas maupun kegiatan usaha yang dijalankan oleh perusahaan yang menghasilkan laba (keuntungan). Modal internal umumnya berasal dari aktivitas laba ditahan, akumulasi penyusutan, dan beberapa sumber modal lainnya.

2. Eksternal

Sumber modal eksternal berasal dari pihak – pihak luar perusahaan yang mau bekerja sama dengan perusahaan. Pihak-pihak yang sering digunakan untuk memperoleh modal seperti bank, koperasi, kreditur, supplier, dan pasar modal.

Jenis Jenis Modal Perusahaan


1. Modal abstrak – Modal konkrit

Modal abstrak (capital value) suatu perusahaan untuk beberapa jangka waktu tertentu relatif permanen, sedangkan modal konkrit (capital goods) mengalami pergantian atau perubahan.

2. Modal Aktif – Modal Pasif

Modal aktif adalah modal yang tertera di kolom debet neraca yang menggambarkan bentuk-bentuk dimana seluruh dana yang diperoleh perusahaan diutamakan.

Modal pasif adalah modal yang tertera di kolom kredit neraca yang menggambarkan sumber – sumber dimana dana yang diperoleh.

Pembagian Modal Aktif

  • Berdasarkan jangka waktu perputaran, modal aktif digolongkan antara aktiva lancar dan aktiva tetap. Pertimbangan antara kedua aktiva tersebut akan menentukan struktur kekayaan.
  • Berdasarkan atas fungsi bekerjanya aktiva, modal aktif dibedakan dalam bentuk modal kerja (work capital asset) dan aktiva tetap.

Pembagian Modal Pasif

  • Menurut asalnya, modal pasif dibedakan atas modal sendiri dan modal asing ataupun modal badan usaha dan modal kreditur / hutang.
  • Menurut waktu penggunaan, modal pasif dibedakan antara modal jangka panjang dan modal jangka pendek.
  • Berdasarkan syarat solvabilitas dalam hubungan dengan jaminan, modal pasiva dibedakan atas modal sendiri dan modal asing.
  • Berdasarkan syarat rentabilitas dalam hubungan dengan penghasilan / pendapatan, modal pasiva dibedakan antara modal dengan pendapatan tetap (modal obligasi) dan modal pendapatan tidak tetap (modal saham).

Demikian ulasan ringkas tentang  4 Pengertian Modal Dalam Akuntansi “Menurut Ahli dan Jenisnya” semoga dapat menambah wawasan kita semua amin. Terimakasih 🙂

Baca Juga Artikel Terkait:

 

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.