Pengertian Jurnal Penerimaan kas dan Cara Membuatnya

Pengertian Jurnal Penerimaan kas dan Cara Membuatnya
5 (100%) 1 vote

Sebelumnya AkuntansiLengkap.com sudah membahas tentang jurnal khusus lengkap, diasarankan dibaca terlebih dulu baru kita akan bahas tentang jurnal penerimaan kas. Apabila sudah dibaca, langsung saja kita simak artikel berikut ini.

Pengertian Jurnal Penerimaan Kas


Jurnal khusus penerimaan kas – bisa diartikan sebagai jurnal yang berfungsi untuk mencatat transaksi keuangan yang terjadi dan dapat menambah saldo kas perusahaan, contohnya seperti transaksi penjualan tunai, transaksi pelunasan piutang, transaksi pendapatan lain-lain yang masuk dalam kolom serba-serbi, dan transaksi pengembalian barang yang telah dibeli akibat tidak sesuai (mengalami kerusakan) secara tunai (retur pembelian).  Maka akan dicatat pada jurnal penerimaan kas seperti berikut ini:

  • Ketika terjadi transaksi penjualan barang dagang secara tunai maka otomatis akan berpengaruh terhadap bertambahnya saldo kas pada (debet) dan penambahan saldo penjualan pada (kredit).
  • Ketika terjadi transaksi Pelunasan piutang maka akan berpengaruh terhadap penambahan saldo kas pada (debet) dan pengurangan saldo piutang dagang pada (kredit). Apabila terdapat potongan penjualan maka dicatat dengan mendebet akun kas dan potongan penjualan.
  • Ketika terjadi pengembalian barang dagangan yang telah dibeli secara tunai maka terjadi penambahan kas dan pengurangan barang dagang yang telah dibeli karena adanya pengembalian barang (retur), Pencatatan yang dilakukan adalah mendebet akun kas dan mengkredit akun retur pembelian sebesar barang yang dikembalikan.

jurnal-penerimaan-kas-0

Contoh cara penyusunan jurnal penerimaan kas


Selama April 2014 UD SUBUR JAYA memiliki transaksi-transaksi terkait dengan penerimaan kas sebagai berikut:

Tanggal 5 April 2014 telah menerima pelunasan piutang dagang dari Toko Ayu senilai Rp 2. 500.000

Tanggal 10 April 2014 berhasil terjual barang dagangan dengan tunai kepada Toko Dwi senilai Rp 2. 300.000

Tanggal 13 April 2014 dilakukan pembelian barang dagangan dari Toko Puji dengan tunai senilai Rp 7.500.000

Tanggal 20 April 2014 telah dikembalikan beberapa barang yang dibeli dari Toko Puji karena terdapat kecacatan senilai Rp 2.400.000.

jurnal-penerimaan-kas

Transaksi pada tanggal 5 april adalah transaksi diterima pelunasan piutang dari pelanggan yaitu toko ayu, sehingga saldo kas bertambah dan saldo piutang berkurang sejumlah angka yang sama yaitu 2. 500.000, dicatat pada kas di posisi debet sebesar Rp 2. 500.000 dan pada kolom piutang dagang pada posisi kredit sebesar Rp 2. 500.000.

Transaksi pada tanggal 10 april adalah transaksi penjualan barang dagang secara tunai kepada toko Dwi, maka saldo kas bertambah dan saldo penjualan juga bertambah dengan angka sama yaitu 2. 300.000, sehingga dicatat dalam jurnal penerimaan kas yaitu kas pada posisi debet senilai Rp 2. 300.000 dan penjualan pada posisi kredit senilai Rp 2. 300.000.

Transaksi tanggal 13 april adalah transaksi pembelian barang dagang tunai dari Toko Puji sebesar Rp 7.500.000. Transaksi ini tidak dicatat dalam jurnal penerimaan kas karena transaksi ini menyebabkan saldo kas berkurang (untuk membeli barang dagangan) dan lebih tepat dicatat dalam jurnal pengeluaran kas.

Transaksi tanggal 20 april adalah transaksi pengembalian barang dagang yang telah dibeli secara tunai dari Toko Puji karena kondisi barang yang cacat. Transaksi ini dikenal dengan retur pembelian, retur yang terjadi senilai Rp 2.400.000 dari total pembelian sebesar Rp 7.500.000. Transaksi retur pembelian mengakibatkan UD Subur Jaya menerima uang kas dari Toko Puji senilai Rp 2.400.000, sehingga dicatat dalam jurnal penerimaan kas pada posisi debet kas senilai 2.400.000 dan pada posisi kredit kolom serba-serbi dengan keterangan (nama akun) retur pembelian senilai 2.400.000.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan Terimakasih .

Artikel Terkait Jurnal Khusus :

  1. Pengertian Jurnal Penerimaan kas dan Cara Membuatnya
  2. Pengertian dan cara menyusun jurnal pengeluaran kas
  3. Pengertian, Manfaat, Jenis Jurnal Khusus Dan Selengkapnya Disini
  4. Pengertian Dan Contoh Jurnal Pembelian Dan Jurnal Penjualan

Kunjungi Juga Menarik Lainnya: