Pengertian, Fungsi, Tujuan Akuntansi Keuangan Terlengkap

Posted on
Kasih bintang ya !

Mungkin teman-teman sebelumnya sudah pernah mendengar jenis-jenis akuntansi seperti akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi perbankan dan sebagainya.

Pengertian tujuan fungsi akuntansi keuangan

Secara teknis bidang-bidang akuntansi tersebut memiliki beberapa kesamaan diantaranya adalah sama-sama digunakan untuk menyajikan informasi keuangan. Nah pada artikel kali ini Akuntansilengkap.com akan membahas secara khusus tentang Akuntansi Keuangan.

Secara sederhana akuntansi keuangan dapat diartikan sebagai suatu bagian dari ilmu akuntansi meliputi penyiapan laporan keuangan bagi pihak dalam dan luar perusahaan misalnya pemegang saham, pemasok, kreditor dan sebagainya.

Isi Artikel

Pengertian Akuntansi Keuangan


Banyak pendapat menurut para ahli tentang akuntansi keuangan diantaranya menurut:

Kieso & Weygant, menyatakan bahwa Akuntansi Keuangan merupakan serangkaian proses penyusunan laporan keuangan yang berkaitan dengan perusahaan secara keseluruhan untuk dapat memberikan manfaat untuk pengguna laporan keuangan baik internal maupun eksternal perusahaan.

Sugiarto menyatakan bahwa Akuntansi Keuangan adalah bidang dalam akuntansi yang berfokus pada penyiapan laporan keuangan secara berkala oleh suatu perusahaan. Laporan ini sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban manajemen kepada pemegang saham. Persamaan akuntansi yang digunakan adalah mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan.

Akuntansi keuangan sebagai sebuah sistem yang mengatur berbagai proses pencatatan transaksi yang dilakukan oleh suatu perusahaan hingga menyusun sebuah laporan keuangan yang mengenai transaksi yang terjadi.

Akuntansi keuangan adalah suatu bagian dari ilmu akuntansi meliputi penyiapan laporan keuangan bagi pihak dalam dan luar perusahaan misalnya pemegang saham, pemasok, kreditor dan sebagainya.

Akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi berkaitan dengan transaksi-transaksi keuangan yang berhubungan dengan perubahan asset, modal dan kewajiban perusahaan.

Akuntansi Keuangan mencerminkan suatu bentuk pertanggungjawaban dana yang telah  dipercayakan oleh pihak luar perusahaan sebagai para penyedia dana kepada suatu manajemen perusahaan.

Fungsi Akuntansi Keuangan


Fungsi utama dari akuntansi keuangan adalah menyediakan informasi kondisi dan perkembangan keuangan yang terkait dengan perseorangan, organisasi/perusahaan yang tujuannya sebagai bahan pertambangan manajemen untuk mengambil dan menetapkan keputusan yang akurat.

  • Untuk membantu perusahaan mengetahui laba yang diperoleh.
  • Memudahkan perusahaan untuk menghitung dan menentukan hak dari berbagai pihak yang terlibat biak internal maupun eksternal.
  • Sebagai alat untuk menyediakan informasi yang berguna bagi manajamen.
  • Mengelola (mengendalikan) dan mengawasi aktvitas dalam perusahaan.
  • Memudahkan pencapaian target yang telah ditetapkan.

Tujuan Akuntansi Keuangan


Beberapa tujuan akuntansi keuangan menurut para ahli diantaranya adalah:

  • Untuk menyediakan informasi yang akurat dan dapat dipercaya tentang suatu perubahan sumber ekonomi suatu perusahaan yang timbul dari kegiatan ekonomi guna mendapatkan keuntungan (laba).
  • Untuk menyediakan informasi yang terpercaya mengenai Aktiva, Kewajiban dan  yang terakhir Modal.
  • Untuk membantu para pemakai informasi keuangan dalam memperkirakan suatu potensi atau peluang perusahaan untuk mendapatkan laba.
  • Untuk mengungkapkan suatu informasi lainnya yang berkaitan dengan suatu laporan keuangan yang relevan untuk kepentingan dan kebutuhan pemakai laporan keuangan.

Itulah penjelasan tentang pengertian, fungsi dan tujuan akuntansi keuangan. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Kunjungi Juga:

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.