Pengertian Aset Tetap Atau Aktiva Tetap Beserta Contohnya

Posted on

pengertian aset tetap atau aktiva tetap

Pengertian Aset Tetap Atau Aktiva Tetap Menurut Para Ahli | Akuntansilengkap.com – Harta yang dimiliki oleh perusahaan disebut aktiva (asets). Aktiva tetap memiliki jenis jenis seperti aktiva berwujud dan aktiva tidak berwujud dalam suatu perusahaan. Karakteristik aset tetap akan dijelaskan beserta contohnya.

Pengertian Aset Tetap Dan Aktiva Tetap


Pengertian aktiva tetap adalah aktiva berwujud yang digunakan tidak dimaksudkan untuk dijual kembali. Aset tetap digunakan dalam rangka kegiatan normal perusahaan. (Haryono Jusup, 2005; 153)

Aktiva tetap adalah aktiva berwujud yang berumur lebih dari satu tahun yang dimiliki perusahaan, bukan untuk dijual belikan kembali. (Wit & Erhans, 2000; 82)

Aset tetap adalah aset berwujud yang :
1. Dimiliki untuk digunakan dalam produksi atau penyediaan barang dan jasa untuk di rentalkan kepada pihak lain, atau untuk tujuan administrative.
2. Diharapkan untuk dapat digunakan selama lebih dari satu periode. (Slamet Sugiri, 2009; 137)

Karakteristik Aset Tetap | Aktiva Tetap

Berdasarkan uraian di atas, Aset tetap memiliki karakteristik seperti berikut ini:

  1. Aset itu diperoleh perusahaan untuk digunakan dalam operasi dalam arti tidak diperjual berlikan).
  2. Aset itu berumur lebih dari satu tahun/satu periode akuntansi dan disusutkan pada akhir periode.
  3. Aset memiliki substansi fisik dan mempunyai manfaat ekonomi di masa depan.

Baca Juga: 

  1. Penghentian Aktiva Tetap Beserta Contoh Soal Dan Jurnalnya
  2. Metode Penyusutan (Depresiasi) Aktiva Tetap Beserta Contoh Soal
  3. Pengertian Aktiva : Lancar & Tidak Lancar

Contoh Aset Tetap |Aktiva Tetap

1. Aset tetap berwujud

Aktiva tetap berwujud dapat dibedakan menurut umur, jenis dan sifat.

1. Umur

Bila dibedakan dengan umur, maka aktiva tetap berwujud dapat digolongkan atas:

Aktiva tetap berwujud yang memiliki umur terbatas (limited life plant equipment). Maksutnya dari segi waktunya, masa/umur penggunaannya terbatas. Contohnya: bangunan, mesin, peralatan, kendaraan. Karena memilki waktu yang terbatas, maka setiap akhir periode dihitung penyusutannya (depresiasi).

Aktiva tetap berwujud yang memiliki umur tidak terbatas (unlimited life plant equipment). Aktiva ini memiliki waktu yang tidak terbatas dari segi umur penggunaannya. Karena bisa digunakan dalam jangka waktu tidak terbatas, maka aktiva ini tidak perlu dihitung penyusutannya.

2. Jenis

Berdasarkan jenisnya, aktiva/aset tetap berwujud ini seperti:

  1. Gedung bangunan (building)
  2. Peralatan (equipment)
  3. Tanah
  4. Mesin
  5. Kendaraan

3. Sifat

Berdasarkan sifatnya, aktiva tetap dapat dibagi dua jenis

  1. Aktiva tetap berwujud yang memiliki penggerak, contohnya: kendaraan (mobil,motor) dan mesin
  2. Aktiva tetap berwujud yang tidak memiliki penggerak, contohnya: tanah, bangunan dan peralatan.

2. Aset tak berwujud (Intangible aset)

Aset tak berwujud (Intangible aset) adalah aset non moneter yang teridentifikasi tanpa wujud fisik. Diantaranya meliputi hak-hak istimewa, atau posisi yang menguntungkan guna menghasilkan pendapatan.

Jenis-jenis aset tetap tak berwujud :

  1. Paten

Pengertian paten adalah hak ekslusif yang diberikan oleh suatu negara kepada sesorang atas hasil penemuannya di bidang teknologi, dan selama waktu tertentu melaksanakan sendiri invensinya atau memberikan persetujuaan kepada pihak lain untuk melaksanakannya. (UU 14 tahun 2001, ps. 1, ay. 1)

  1. Hak cipta

Pengertian hak cipta adalah sebuah bentuk perlingungan hukum bagi para musisi, penulis literatur, artistic dan pekerjaan sejenis lainnya. Pemilik hak cipta tersebut mempunyai hak ekslusif seperti mencetak ulang atau menyalin pekerjaan bahkan menjual dan mendistribusikan karyanya tersebut.

Hak cipta diatut dalam Undang undang hak cipta tahun 1978 yaitu melindungi umur hak cipta itu selama umur penulis ditambah 50 tahun.

  1. Merek dagang

Pengertian merek dagang adalag tanda, symbol, kata atau logo perusahaan yang digunakan untuk menunjuk ke dirinya sendiri dan yang berhubungan dengannya, seperti , merek dan produknya dan tidak memperbolehkan pesaingnya menggunakan brand (merek) tersebut.

Tujuan hukum merek dagang adalah untuk memungkinkan suatu perusahaan bentuk ekslusif identifier yang hanya mereka yang dapat memakai atau menandai produk mereka sendiri.

  1. Goodwill

Pengertian goodwill adalah aktiva tak berwujud yang mempresentasikan jumlah yang lebih besar dari nilai buku yang dibayar suatu perusahaan untuk mendapatkan perusahaan lain.

Secara teoritis merupakan nilai sekarang dari kelebihan laba suatu perusahaan pada masa yang akan datang dalam suatu industri.

Nilai goodwill sama dengan harga pembelian dikurangi niolai buku dari aktiva neto perusahaan yang diinginkan dikurangi jumlah aktiva perusahaan yang diinginkan yang bisa di depresiasikan yang ditambahkan ke nilai pasar wajar. Nilai pasar yang wajar akan sama dengan harga pembelian.

Demikianlah pembahasan Pengertian Aset Tetap Atau Aktiva Tetap Beserta Contohnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Silahkan share juga artikel ini untuk menebar manfaat.

Kunjungi Juga Artikel Lainnya:

  1. 5 Pengertian Kas Dalam Akuntansi “Sifat dan Karakteristik”
  2. 10 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Dan Tahapan Lengkap
  3. 11 Tahap Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Beserta Contoh
  4. Pengertian Buku Besar Pembantu Beserta Jenis dan Manfaatnya
  5. Pengertian, Prinsip Dan Landasan Hukum Bank Syariah Sesuai UU 10/98

 

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.