Apa itu Neraca Lajur ? Pengertian, Fungsi & Contoh

Posted on

Akuntansilengkap – Neraca lajur menjadi salah satu hal penting untuk memberikan informasi tentang laporan keuangan perusahaan. Meski begitu mungkin banyak yang belum mengenal apa itu neraca lajur. Bagi yang belum paham neraca lajur tak ada salahnya mengenalnya lewat penjelasan berikut ini.

Pasalnya kehadiran neraca lajur ini dinilai penting untuk pengambilan keputusan perusahaan nantinya. Jadi tak ada salahnya untuk mengenal lebih dalam seputar neraca lajur di sini.

Apa Itu Neraca Lajur?

Pengertian Neraca lajur (kertas kerja) adalah kertas yang terdiri dari kolom-kolom. Neraca lajur ini dipakai dalam melakukan pencatatan keuangan dengan cara manual.

Isi dari neraca lajur sebenarnya tidak formal, jadi nantinya dapat diperbaiki atau pun dikoreksi ketika memang dibutuhkan. Meski memang tidak formal, namun kolom-kolom yang ada di neraca lajur adalah kolom-kolom yang direncanakan dengan khusus. Jadi data-data keuangan yang dibutuhkan pun dapat terhimpun dengan baik.

Fungsi Neraca Lajur

Jika sudah mengenal apa itu neraca lajur sekarang saatnya beranjak ke pembahasan selanjutnya, yaitu fungsi dari neraca lajur. Ada beragam fungsi penting yang dapat diperoleh dari penggunaan neraca lajur. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Untuk Melakukan Pemeriksaan Data Kembali

Kegunaan pertama dari neraca lajur adalah untuk melakukan pemeriksaan data kembali. Jadi data pencatatan yang ada dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan data secara keseluruhan. Utamanya melalui neraca saldo serta jurnal penyesuaian.

Kesalahan pencatatan dapat dihindarkan dengan mencocokkannya dengan neraca lajur. Hal ini juga baiknya diterapkan tidak hanya pada pencatatan oleh manusia namun juga pencatatan yang dilakukan oleh software. Jadi peluang kesalahan yang terjadi dapat diminimalisir.

2. Melihat Kegiatan Harian Perusahaan

Dari neraca lajur inilah kegiatan harian perusahaan dapat dilihat. Utamanya adalah kegiatan yang berhubungan dengan laporan keuangan. Tentunya akan lebih memudahkan pihak perusahaan dalam mengontrol berbagai kegiatan keuangan yang ada.

Apalagi masalah keuangan ini memiliki konsekuensi yang cukup tinggi bagi perusahaan. Tak heran jika kemudian banyak yang menganggap bahwa neraca lajur dapat menjadi salah satu patokan untuk pengambilan keputuasan perusahaan.

3. Memudahkan Pembuatan Laporan Keuangan

Pembuatan laporan keuangan tentu menjadi salah satu kegiatan riskan untuk perusahaan. Pasalnya kegiatan yang satu ini memiliki pengaruh banyak nantinya untuk kondisi perusahaan. Jadi tidak hanya diperlukan ketelitian untuk membuatnya. Namun, juga diperlukan waktu yang cukup lama.

Neraca lajur ini nantinya akan membantu penyusun laporan keuangan, agar penyusunan menjadi lebih mudah. Tak hanya menghemat waktu namun, juga dapat memudahkan pengecekan ketika terjadi kesalahan. Ini karena data yang ada di dalam neraca lajur sudah termasuk semua data yang dipakai untuk membuat sebuah laporan keuangan.

4. Membantu Peringkasan Data

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya jika dalam neraca lajur sudah terdapat berbagai kebutuhan yang dapat digunakan untuk melakukan pencatatan keuangan. Peringkasan data tersebut sebenarnya menjadi fungsi ‘utama’ dari neraca lajur.

Pasalnya saat membuat neraca lajur tentu akan ada penggolongan data yang isinya adalah akun keuangan perusahaan. Berbagai data yang dicatat dalam neraca lajur inilah yang membuat penyusunan laporan keuangan menjadi lebih mudah, serta data catatan keuangan menjadi lebih ringkas.

5. Memperlihatkan Prosedur Pencatatan Keuangan yang Dijalankan

Melalui neraca lajur itulah dapat dilihat bagaiman prosedur pencatatan keuangan yang berlaku di perusahaan. Tentunya prosedur-prosedur tersebut sekaligus membuktikan bagaimana integritas perusahaan dalam menjalankan pencatatan keuangan.

Tentunya harus dipahami jika pencatatan keuangan perusahaan juga menunjukkan bagaimana profesionalitas perusahaan dalam mengelola keuangannya. Lebih lanjut ini untuk melihat bagaimana kredibilitas perusahaan tersebut.

Contoh Neraca Lajur

https://www.akuntansilengkap.com/akuntansi/contoh-neraca-lajur-perusahaan-jasa/

Cara Membuat Neraca Lajur

https://www.akuntansilengkap.com/akuntansi/cara-membuat-neraca-lajur-worksheet-perusahaan/

Sedikit penjelasan di atas akan membantu untuk mengenal apa itu neraca lajur serta apa fungsi dari neraca lajur.

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.