Belajar Akuntansi Dasar ? Lihat 8 Contoh Analisis Transaksi Ini

Posted on

mau belajar akuntansi, contoh analisis transaksi

Mau Belajar Akuntansi ? Lihat 8 Contoh Analisis Transaksi Ini – Bagi teman-teman yang ingin belajar akuntansi dari awal pencatatan transaksi, artikel kali ini akan membahas bagaimana seorang profesi akuntan dalam membaca sebuah transaksi dan menterjemahkannya sebagai informasi akuntansi.

Contoh Analisis Transaksi


Pembahasan berikut ini akan diuraikan tipe transaksi yang berpengaruh terhadap persamaan dasar akuntansi. Transaksi yang terjadi pada Perusahaan Taruna milik Tn. Airlangga yang terjadi pada bulan oktober 2017. Di akhir pembahasan akan diberikan contoh jurnal umum.

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Aset = Kewajiban + Ekuitas

Transaksi 1 “Setoran Modal”


Tn. Airlangga menyerahkan uang tunai saat pendirian perusahaan sebesar Rp. 300.000.000, sebagai setoran modalnya. Dengan modal awal Tn.Airlangga tersebut, maka asset perusahaan berupa kas bertambah sebesar Rp. 300.000.000. Dari pihak lain, Tn. Airlangga sebagai seorang pemilik bertambah juga sebesar Rp. 300.000.000.

Bagaimana transaksi ini berpengaruh terhadap persamaan dasar akuntansi?

contoh analisis transaksi 1

Transaksi 2 “Utang Usaha”


Airlangga merasa bahwa uang tunai yang di setorkan sebagai investasi perusahaan tidak cukup, sehingga dia mengajukan pinjaman ke bank BCA.

Pinjaman untuk Tn Airlangga yang disetujui oleh Bank BCA adalah sebesar Rp. 150.000.000,-. Perjanjian ini menyatakan bahwa Tn Airlangga berjanji harus mengangsur, dengan setiap kali angsuran sebesar Rp. 5.000.000,- selama 30x angsuran dan ditambah bunga sebesar Rp. 600.000,- per angsuran. Bagaimana transaksi ini berpengaruh terhadap persamaan dasar akuntansi?

contoh analisis transaksi 2

Baca juga : 5 Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Ahli : Fungsi dan Tujuan (Terbaru)

Transaksi 3 dan 4 “Beban”


Tn Airlangga dalam menjalankan aktivitas perusahaan, memerlukan perlengkapan yang dibeli secara kredit seharga senilai Rp. 5.000.000,- ke UD Dua Empat dengan jangka waktu 1 (satu) bulan.

Beban lain dalam kegiatan perusahaan, meliputi,

No.Akun(Rp.)
1.Pemeliharaan kendaraan8.000.000,-
2.Sewa kendaraan15.000.000,-
3.Sewa kantor2.000.000,-
4.Gaji karyawan16.000.000,-
5.Macam-macam beban1.000.000,-
 Jumlah42.000.000,-

Transaksi-transaksi di atas, akan berpengaruh pada persamaan  dasar akuntansi sebagai berikut:

contoh analisis transaksi 3

Coba kita amati bersama tabel di atas.

Saldo kas menunjukkan jumlah Rp. 450.000.000,-sebelum transaksi pengeluaran beban terjadi. Pembayaran beban sebesar Rp. 42.000.000 , akan membuat kas menurun dari Rp. 50.000.000,- menjadi Rp. 408.000.000,-.

Pengeluaran beban tidak menyebabkan penambahan atau pengurangan aset baru bagi perusahaan, juga tidak berpengaruh terhadap kewajiban perusahaan, tetapi berpengaruh langsung pada penurunan ekuitas, yaitu penurunan modal pemilik.

Saldo ekuitas yang ada sebelum terjadinya pengeluaran beban, sejumlah Rp. 300.000.000,-,kemudian menurun menjadi Rp 258.000.000 karena beban-beban ini.

Dengan demikian, artinya beban menyebabkan penurunan ekuitas perusahaan atau penurunan modal pemilik perusahaan, beban muncul biasanya disebabkan adanya penggunaan asset perusahaan untuk membantu dalam menghasilkan pendapatan perusahaan.

Coba lihat transaksi ke empat (4), perusahaan membayar beban dengan menggunakan asset perusahaan. Asset lain perusahaan yaitu perlengkapan yang dibeli pada transaksi ke 3 (tiga) senilai Rp.5.000.000. perlengkapan ini juga digunakan perusahaan untutk membantu memperoleh pendapatan. Artinya, penggunaan perlengkapan juga harus diakui sebagai beban.

Baca: 16 Software akuntansi terbaik 

Transkasi 5 “Penyusutan Perlengkapan”


Pada akhir bulan, Tn airlangga menghitung biaya penggunaan perlengkapan, yaitu sebesar Rp. 3.000.000 yang harus diakui sebagai beban perusahaan pada bulan oktober. Dan tersisa Rp. 2.000.000,- yang diakui sebagai asset perusahaan.

Adannya transaksi ini berpengaruh pada penurunan asset perlengkapan dan penurunan ekuitas pada perusahaan. Hasilnya tampak sebagai berikut.

contoh analisis transaksi 4

Transaksi 6 “Pendapatan”


Perusahaan melayani pelanggan selama bulan oktober 2017. Kas yang didapat dari penjualan jasa senilai Rp. 100.000.000,-. Perusahaan menerima sumberaya berupa kas berarti juga menambah pendapatan perusahaan.

contoh analisis transaksi 5

Dari transaksi 4,5 dan 5,kita bisa mempelajari bahwa beban perusahaan akan menurunkan nilai asset perusahaan sekaligus ekuitas pemilik. Sedangkan pendapatan akan menambah asset perusahaan sekaligus modal (ekuitas) pemilik perusahaan. Dengan demikian, jika jumlah pendapatan perusahaan lebih dari jumlah beban, artinya perusahaan mendapatkan laba.

Baca juga: Contoh Buku Besar Pembantu Piutang Perusahaan Dagang

Transaksi 7 “Pelunasan Utang”


Perusahaan memiliki utang ke bank BCA sebesar Rp. 150.000.000, perusahaan harus mengangsur ke bank beserta bunganya.

Pengaruh transkasi terhadap persamaan dasar akuntansi akan menurunkan asset kas sebesar Rp. 5.600.000, menurunkan kewajiban sebesar Rp. 5.000.000,dan menurunkan ekuitas sebesar Rp. 600.000.

contoh analisis transaksi 6

Transaksi 8 “Prive”


Tn Airlangga membututhkan uang untuk membayarkan uang masuk kuliah anaknya di perguruan tinggi sebesar  Rp. 20.000.000,- .pengambilan untuk keperluan pribadi ini dinamakan prive dalam persamaan dasar akuntansi.

contoh analisis transaksi 7 persamaan dasar akuntansi

Pengambilan uang tunai pada perusahaan untuk keperluan pribadi akan berpengaruh pada menueun asset kas perusahaan sekaligus penurunan ekuitas pemilik.

Hubungan antara investasi, pendapatan, beban dan prive dengan ekuitas pemilik


investasi pemilik adalah asset yang disetorkan oleh pemilik kedalam perusahaan untuk digunakan dalam menjalankan aktivitas perusahaan. Asset yangdisetorkan ini akan menambah ekuitas pemilik.

contoh analisis transaksi 10 persamaan dasar akuntansi

Dalam menjalankan usahanya, perusahaan akan menghasilkan pendapatan dalam satu periode akuntansi. Pendapatan ini umumnya berasal dari penjualan jasa, penyewaan asset, penjualan barang dagangan, dan meminjamkan sejumlah uang.

Pendapatan yang berasal dari transaksi tersebut akan menambah asset perusahaan.

Beban adalah penurunan ekuitas pemilik yang muncul akibat pelaksanaan aktivitas perusahaan.

Beban diartikan sebagai biaya (cost) dari asset yang dikonsumsi ataupun jasa yang dipakai dalam proses memperoleh pendapatan.beban menunjukkan pengeluaran uang atau pembayaran tunai baik yang sesungguhnya ataupun yang diestimasikan.

Jika pada suatu periode akuntansi, ternyata perusahaan memiliki jumlah pendapatan yang lebih besar dari beban artinya perusahaan memperoleh laba bersih (net income) dan sebaliknya, jika jumlah beban yang lebih besar dari pada pendapatannya, maka perusahaan mengalami rugi bersih (net losses).

Demikianlah pembahasan tentang Mau Belajar Akuntansi ? Lihat 8 Contoh Analisis Transaksi Ini. Sekian dan terimakasih.

Kunjungi Juga Artikel Lainnya :

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.