“5 BESAR” Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Posted on
pengertian akuntansi menurut para ahli

Pengertian Akuntansi – Baik disadari maupun tidak, sebagian besar informasi yang dibutuhkan para manajer adalah informasi akuntansi. Artinya para manajer sebagai pemimpin manajemen perusahaan dituntut memiliki kemampuan analisis dan menggunakan data akuntansi.

Perkembangan ekonomi yang semakin pesat, sehingga mengharuskan bagi para pelaku ekonomi untuk lebih memahami akuntansi yang dapat memberikan informasi keuangan yang sangat dibutuhkan oleh pemakai informasi dalam pengambilan keputusan ekonomi.

1. Menurut American Institute of Certified Public Accountants

Pada tahun 1941, organisasi akuntansi dari Amerika yaitu AICPA (American Institute of Certified Public Accountans), mendefinisikan akuntansi sebagai berikut.

“Akuntansi adalah seni mencatat, meringkas dan menggolongkan transaksi serta kejadian yang bersifat keuangan dengan cara tertentu dan dalam bentuk satuan uang, dan menafsirkan hasil-hasilnya.”

pengertian akuntansi menurut aicpa 1
pengertian akuntansi menurut american institute of certified public accountants

Berdasarkan definisi tersebut ada 3 aspek terpenting yaitu:

  1. Akuntansi adalah suatu proses, artinya proses pencatatan, penggolongan dan peringkasan transaksi.
  2. Akuntansi adalah kegiatan memproses transaksi keuangan dengan cara atau mempunyai pola tertentu (tidak sembarangan dan acak-acakan) dan menggunakan satuan uang sebagai alat ukur.
  3. Akuntansi bukan hanya sekedar proses pencatatan dan penggolongan dan peringkasan saja, namun juga meliputi juga penafsiran terhadap hasil proses-proses tersebut.

2. Menurut Accounting Principles Board (APB)

Kemudian pada tahun 1970, Accounting Principles Board (APB) mendefinisikan.

“Pengertian akuntansi adalah suatu kegiatan jasa. Fungsinya menyajikan informasi kuantitatif tentang lembaga ekonomi, terutama yang bersifat keuangan yang tujuannya bertujuan agar berguna dalam pengambilan keputusan ekonomis.”

pengertian akuntansi menurut para ahli accounting principle board 1

3. Pengertian Akuntansi Menurut American Accounting Association

Selanjutnya pada tahun 1966, American Accounting Association mendefinisikan akuntansi sebagai berikut :

“Akuntansi adalah proses mengenali dan mengukur serta mengkomunikasikan informasi ekonomi untuk memperoleh pertimbangan dan keputusan yang tepat oleh pemakai informasi akuntansi.”

Berdasarkan pengertian diatas mengandung dua makna diantaranya

  1. Kegiatan akuntansi, bahwa akuntansi adalah proses yang terdiri dari kegiatan identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi.
  2. Kegunaan akuntansi, bahwa informasi ekonomi yang dihasilkan oleh kegiatan akuntansi diharapkan berguna dalam pengambilan keputusan mengenai kesatuan usaha yang bersangkutan.

4. Pengertian Menurut George A. Mac Farland

George A. Mac Farland mendefinisikan akuntansi seperti berikut.

“Akuntansi adalah suatu seni pencatatan, penggolongan, penyajian serta penafsiran yang dilakukan secara sistematis dari informasi data keuangan perusahaan atau perseorangan.”

Berdasarkan pengertian diatas akuntansi memiliki pengertian bahwa :

  1. prosedur-prosedur yang digunakan dalam akuntansi diantaranya adalah mencatat, menggolongkan, menyajikan dan menafsirkan.
  2. Sasaran dalam akuntansi adalah data keuangan atau peristiwa yang bersifat keuangan (finansial).
  3. Prosedir mencatat, menggolongkan serta menyajikan data keuangan harus disusun secara sistematis, sehingga dapat digunakan untuk menafsirkan dan membuat analisis secara tepat terhadap laporan yang dibuat.

5. Definisi Akuntansi Melalui Dua Sudut Pandang

Definisi akuntansi dapat dilihat melalui dua sudut pandang, yaitu dari sudut pandang pengguna jasa akuntansi dan definisi menggunakan sudut pandang proses kegiatannya.

Definisi akuntansi dari sudut pandang pengguna jasa akuntansi

Akuntansi adalah suatu disiplin ilmu atau aktivitas jasa yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan efisien serta mengevaluasi transaksi yang bersifat keuangan (financial) atau kegiatan suatu perusahaan.

Definisi akuntansi dari sudut pandang proses kegiatannya

Akuntansi adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan serta penganalisaan data keuangan suatu perusahaan / entitas. Akuntansi dapat dilihat sebagai kegiatan yang kompleks (menyangkut berbagai kegiatan). Sehingga akuntansi harus :

  1. Mengidentifikasi data yang berkaitan atau relevan dengan pengambilan keputusan.
  2. Memproses dan menganalisis data yang relevan.
  3. Mengubah data menjadi sebuah susunan informasi yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan.

6. Proses Akuntansi

pengertian akuntansi menurut para ahli proses akuntansi

Demikianlah penjelasan tentang materi belajar akuntansi mengenai “5 BESAR” Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sekian dan terimakasih.

Baca : 

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.