[13 Bahasan] Cara Membuat Jurnal Umum Perusahaan Dagang Lengkap

Posted on
[13 Bahasan] Cara Membuat Jurnal Umum Perusahaan Dagang Lengkap
4.2 (83.33%) 6 votes

cara membuat jurnal umum 1

Cara Membuat Jurnal Umum Perusahaan Dagang | Akuntansilengkap.com – Penulis yakin, jika seseorang sudah cakap dalam membuat jurnal umum maka akan cakap pula dalam mengerjakan langkah demi langkah selanjutnya pada siklus akuntansi hingga menghasilkan laporan keuangan. Mengapa demikian ? karena dasar dari penyusunan jurnal umum sampai pada laporan keuangan terletak pada kemampuan seseorang dalam meletakkan jenis transaksi ke dalam nama akun dan posisinya mengikuti aturan debet kredit pada tabel berikut ini.

aturan debet dan kredit

Seluruh transaksi keuangan yang terjadi pada suatu perusahaan bahkan pada diri kita sendiri tentu perlu dicatat. Kita biasa mencatat pengeluaran atau pemasukan uang pada buku harian begitupun perusahaan. Jadi jurnal adalah media pencatatan sebelum dikelompokkan dan dilaporkan.

Jurnal umum sering dibuat dua atau empat kolom. Cara mencatatanya adalah dengan menentukan dimana transaksi debet dan mana yang transkasi kredit. Jika salah dalam jurnal maka laporan yang dihasilkan menjadi salah pula. Bentuk jurnal umum empat kolom biasanya dibuat jika transaksi kas cukup banyak

Pengertian Jurnal Umum

Pengertian jurnal umum adalah media yang digunakan untuk mencatat transaksi. Pada dasarnya jurnal akuntansi dibagi dua yaitu jurnal umum dan jurnal khusus. Jurnal khusus digunakan pada perusahaan dagang dikarenakan banyaknya transaksi yang terjadi dan cenderung agar mudah mengelompokkannya (melaporkan).

Pencatatan ke dalam Jurnal

Supaya sobat bisa mudah memahami, mari kita langsung mencoba mencatat transaksi ke dalam jurnal.

  1. Jojo memulai usaha penerbitan dengan menyetor modal sebesar Rp 4.550.000. Kemudian modal itu dibelikan perlengkapan kantor senilai Rp 1.300.000,  bangunan Rp. 2.500.000, dan sisanya dalam bentuk kas kas Rp. 750.000.

cara membuat jurnal umum

Keterangan:

Transaksi ini akan berpengaruh menambah asset (debet) yaitu kas, perlengkapan kantor dan bangunan. Dan menambah perkiraan modal (kredit).

Baca juga: 

  1. Contoh 14 Transaksi Jurnal Umum
  2. 2 [CONTOH] Jurnal Umum Perusahaan Dagang
  3. [TERBARU] Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang
  4. 12 Pihak Pemakai Informasi Akuntansi [LENGKAP]
  1. Tanggal 5 Januari 2007 Tn. Jojo membeli peralatan kantor seharga Rp. 130.000, tunai.

cara membuat jurnal umum 2

Keterangan:

Transaksi ini mempengaruhi dua perkiraan asset yaitu berkurangnya kas (kredit) untuk membeli peralatan dan peralatan kantor bertambah pada debet. .

  1. Tanggal 8 Telah membeli perlengkapan kantor seharga 500.000 kepada CV Sumber Waras secara kredit.

cara membuat jurnal umum 3.jpg

Keterangan:

Transaksi ini termasuk pembelian kredit sehingga akan menambah perkiraan hutang dagang. Bertambahnya perkiraan hutang dagang dicatat di sebelah kredit karena termasuk dalam kelompok kewajiban. Sedangkan perlengkapan kantor yang termasuk kelompok asset, karena ada penambahan maka dicatat di sebelah debit.

  1. Pada tanggal 12 januari telah memberikan jasa kepada langganan secara kredit dengan nilai Rp 850.000

cara membuat jurnal umum 4

Keterangan:

Transaksi ini termasuk dalam penjualan kredit. transaksi ini akan berpengaruh terhadap perkiraan piutang dagang dan perkiraan pendapatan/penjualan. Piutang akan bertambah di sebelah debit di sisi lain pendapatan bertambah di sebelah kredit.

  1. Tanggal 13 Januari Membayar asuransi sebesar Rp 120.000 untuk 6 bulan ke depan.

cara membuat jurnal umum 5

Keterangan:

Asuransi sebenarnya diakui sebagai biaya. Namun, pada kasus ini, biaya tersebut memiliki masa manfaat lebih dari periode akuntansi (6 bulan).

Apabila terjadi seperti ini, maka biaya asuransi dicatat bertambah pada perkiraan Asuransi Dibayar Dimuka (prepaid expense) yang merupakan kelompok asset di sebelah debet. Sedangkan untuk Kas (karena ada pembayaran) maka Kas berkurang dicatat di sebelah kredit.

Jika asuransi tersebut hanya untuk bulan Januari, maka langsung dicatat sebagai beban sewa.

  1. Tanggal 14 Januari membayar beban iklan secara tunai sebesar Rp 135.000.

cara membuat jurnal umum 6

Keterangan: Transaksi ini adalah pembayaran kas untuk beban iklan. Beban iklan bertambah di sebelah debet di sisi lain kas berkurang di sebelah kredit.

  1. Tanggal 16 Januari membayar sewa kendaraan sebesar Rp 150.000 untuk 3 bulan ke depan.

cara membuat jurnal umum 7

Keterangan: Transaksi ini juga hampir sama dengan transaksi tanggal 13. Pembayaran asuransi dibayar dimuka. Sewa juga sebenarnya termasuk beban, namun dicatat sebagai sewa dibayar dimuka (prepaid rent) yang merupakan kelompok asset karena masa manfaatnya untuk 3 bulan.

  1. Tanggal 17 menerima pembayaran dari penjualan tanggal 12 Januari

cara membuat jurnal umum 8

Keterangan: Transaksi ini termasuk penerimaan piutang dagang. Artinya perkiraan piutang dagang berkurang di sebelah kredit dan di sisi lain perkiraan kas bertambah di sebelah debit.

  1. Tanggal 18 Januari membayar hutang dagang sebesar Rp 500.000 untuk transaksi tanggal 8 Januari.

cara membuat jurnal umum 9

Keterangan: Transaksi diatas adalah pembayaran hutang dagang. Artinya hutang dagang berkurang dicatat di sebelah debit dan di sisi lain kas juga berkurang dicatat di sebelah kredit.

  1. Tanggal 18 Januari membebankan kepada langganan atas jasa yang diberikan sebesar Rp. 750.000 secara tunai.

cara membuat jurnal umum 10

Keterangan: Transaksi diatas adalah penjualan tunai. Penjualan (pendapatan) bertambah dicatat di sebelah kredit. Dan kas bertambah juga dicatat di sebelah kredit.

  1. Tanggal 20 Januari membayar sebesar Rp 50.000 untuk beban rupa-rupa.

cara membuat jurnal umum 11

Keterangan: Transaksi diatas adalah pembayaran beban. Beban bertambah di sebelah kredit dan sekaligus kas berkurang di sebelah kredit.

  1. Tanggal 27 dibayarkan sebesar Rp 500.000 untuk gaji karyawan.

cara membuat jurnal umum 13

Keterangan: Transaksi diatas adalah pembayaran beban gaji. Beban bertambah di sebelah debit. Di sisi lain kas berkurang di sebelah kredit.

Demikianlah pembahasan Cara Membuat Jurnal Umum Perusahaan Dagang. Semoga bermanfaat menambah wawasan bagi pembaca sekalian. Terimakasih banyak atas kunjungannya. 🙂

Kunjungi Juga Artikel Lainnya:

  1. 5 [Lima] Perbedaan Bank Syariah Dan Konvensional Dengan Tabel
  2. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pengertian Fungsi, Tujuan Dan Kegiatannya
  3. Metode Pencatatan Persediaan Barang Dagang (Periodik Dan Perpetual)
  4. 10 Asumsi Dasar Akuntansi Menurut Para Ahli
  5. Contoh Jurnal Penerimaan Kas Perusahaan Dagang
Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.