12 Pengertian Kas Kecil dan Fungsinya

Posted on

Berbagai jenis transaksi di perusahaan tidak selamanya hanya mengandalkan pembayaran yang  jumlah/nominalnya cukup besar. Pada transaksi yang melibatkan pembayaran yang kecil maka perlu di bentuk kas kecil, atau yang disebut dengan Petty cash.

dana-kas-kecil

Pengertian Kas Kecil

Berikut ini adalah 10 Pengertian Kas Kecil menurut para ahli. diantaranya:

1. Menurut Weygant

Pengertian kas kecil adalah “petty cash fund is a cash fund used to pay relatively small amount but still maintain satisfactory control.”

2. Menurut Soemarso (2004:320)

Kas kecil adalah sejumlah uang tunai yang disisihkan dalam perusahaan dan digunakan untuk melayani pengeluaran tertentu dengan jumlah yang tidak besar dan yang berupa pengeluaran-pengeluaran lain dilakukan dengan bank ( dengan cek ).

3. Menurut Zaki Baridwan (1988),

Dana kas kecil adalah uang kas perusahaan yang khusus dan berfungsi untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang nominalnya kecil dan pengeluaran yang tidak ekonomis bila dibayar dengan cek.

4. Menurut Johar Arifin

Dana kas kecil merupakan dana yang disisihkan oleh perusahaan untuk membiayai pengeluaran yang jumlahnya tidak besar (relatif kecil).

5. Menurut Mardiasmo (2002 : 3)

Dana Kas Kecil adalah sejumlah uang kas di perusahaan yang disediakan khusu untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya kecil dan tidak ekonomis bila dibayarkan menggunakan cek, contohnya pengeluaran untuk membeli perangko dan materai, untuk membayar listrik, biaya telepon, supplies kantor, biaya angkut penjualan, langganan surat kabar atau majalah, dan sebagainya. Pemegang dana kas kecil yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan dana kas kecil.

6. Menurut Horngren (1997: 366)

Pengeluaran kas kecil akan tidak ekonomis bila perusahaan harus menuliskan cek untuk membayar satu pack kotak pensil,  taksi, atau pengiriman sebuah order khusus keluar kota, sehingga perusahaan pada umumnya menyimpan sejumlah kecil uang kas ditangan untuk membayar biaya yang berjumlah kecil tersebut. Dana kecil sering disebut sebagai kas kecil / petty cash.

7. Menurut Wikipedia

Buku kas kecil adalah catatan pembelian yang relatif sangat kecil dibandingkan.

Buku kas kecil Buku kas kecil adalah catatan pembelian yang relatif sangat kecil dibandingkan dengan pembelian-pembelian lainnya, biasa dikendalikan oleh sistem tetap (imprest system).

8. Menurut Kusnadi dalam bukunya Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate)(2000:64)

Kusnadi menyatakan bahwa dana kas kecil merupakan dana yang  meliputi  pembayaran, yang tidak menggunakan cek sebagai alat pembayaran melainkan menggunakan uang tunai.

9. Menurut Henry Simamora dalam bukunya Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis (2000:213)

Henry Simamora bahwa Kas kecil adalah dana kas yang dipakai untuk membayar pengeluaran –pengeluaran yang nilainya relatif kecil.

10. Kesimpulann

Kas kecill adalah dana khusus yang dibentuk oleh perusahaan untuk membiayai pengeluaran operasional yang segera dibutuhkan (dibayarkan) dan jumlahnya relatif kecil sehingga tidak ekonomis apabila dibayar dengan cek atau giro.

Cara pembentukan kas kecil dimulai dengan mengestimasi terlebih dahulu berapa banyak kas yang dibutuhkan untuk pembayaran yang akan menggunakan kas kecil tersebut selama periode tertentu.

Selanjutnya perusahaan akan mengisi dana kas kecil dengan mencairkan dana di bank terlebih dahulu. Pada sistem pengendalian intern, harus dipisahkan antara pengelolaan dana kas kecil dan pengelolaan dana kas  pusat (kasir umum).

Pengelola dan yang bertanggungjawab atas dana kas kecil adalah petugas yang disebut dengan pemegang kas kecil dan bertanggung jawab atas penyimpanan dan pengunaan dana perusahaan tersebut.

Fungsi Kas Kecil

Dari penjelasan tentang definisi para ahli di atas, sudah sering disinggung mengenai fungsi dan tujuan dari dana kas kecil itu sendiri.

Fungsi kas kecil secara rinci bisa dijabarkan seperti berikut ini:

  • Kas Kecil untuk membayar pengeluaran-pengeluaran perusahaan yang jumlah nominalnya kecil.
  • Sebagai dana talangan untuk membayar pengeluaran yag sifatnya mendadak.
  • Sebagai dana langsung untuk jenis-jenis pembayaran yang tidak praktis apabila menggunakan cek.
  • Untuk mempercepat proses pembayaran yang tidak praktis apabila menggunakan lampiran keuangan yang perlu ditandatangani direktur terlebih dahulu.

Pemegang Dana Kas Kecil

Pemegang dana kas kecil disebut kasir.

Kasir bertugas menyimpan dan memegang kas kecil untuk kebutuhan operasional perusahaan.

Contoh Transaksi Kas Kecil

Kas kecil digunakan untuk pembayaran harian operasional perusahaan. Misalnya untuk membayar kurir, tagihan listrik, tagihan langganan majalah.

Berikut adalah contoh transaksi dan jurnal pembukuan untuk Kas Kecil. Di PT AKL Berkah

  • Tanggal 1 Maret membayar langganan majalah TEMPO sebesar Rp. 80.000 dan majalah LamPost sensar Rp 60.000.
  • Tanggal 2 mebeli ATK di Toko Indah Jaya sebesar Rp. 675.000.
  • Tanggal 3 membeli roti untuk tamu di Jaya Bakery sebesar 240.000
  • Tanggal 4 membeli materai 19 lembar @6.000.
  • Tanggal 5 membayar ongkos Go Car sebesar Rp. 150.000 untuk meeting di Kementrian.
  • Tanggal 6 membeli makan siang untuk rekan bisnis sebanyak 19 box @Rp. 25.000
  • Tanggal 7 membayar langganan TV sebsar Rp. 250.000.
  • Tanggal 8 membeli tiket pesawat kelas bisnis sebsar Rp. 2.700.000
  • Tanggal 9 membayar biaya fotokopi sebesar Rp. 70.000
  • Tanggal 10 membeli bingkisan untuk rekan perusahaan sebsar Rp. 340.000
  • Tanggal 11 membayar uang kurir sebesar Rp. 80.000
  • Tanggal 12 membeli tiket Kereta sebsar Rp. 350.000
contoh transaksi kas kecil dan jurnalnya

Demikian artikel tentang Pengertian Kas Kecil Menurut para Ahli, Fungsi dan Contoh Transaksinya. Semoga bisa bermanfaat. Sekian dan Terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :