9 Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham

Posted on

9 Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham

Faktor yang mempengaruhi harga saham | Sebelum kita mengehatui faktor-faktor yang mempengaruhi saham, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu definisi saham dan harga saham tersebut.

Saham biasanya diistilahkan sebagai  tanda penyertaan modal seseorang atau badan usaha dalam suatu perusahaan/perseroaan terbatas. Saham biasanya berbentuk selembar kertas yang didalamnya menjelaskan tentang siapa pemilik saham tersebut.

Istilah harga saham lebih banyak dipakai dalam pasar modal, karena harga saham sangat penting bagi investor yang ingin berinvestasi. Harga saham menunjukkan nilai suatu perusahaan tersebut. oleh sebab itu, setiap perusahaan atau perseroan terbatas yang menerbitkan saham sangat memperhatikan harga pasar saham tersebut.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham

Dibawah ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham adalah sebagai berikut :

  1. Tingkat Bunga

Tingkat bunga dapat mempengaruhi saham dengan cara sebagai berikut :

  • Memiliki pengaruh atau dampak pada persaingan dalam pasar modal antara saham dengan obligasi, apabila suku bunga naik maka investor akan menjual sahamnya dan ditukarkan dengan obligasi. Hal ini akan menyebabkan suku bunga menjadi turun, begitupun sebaliknya juga akan terjadi jika tingkat bunga menurun.
  • Dapat mempengaruhi laba suatu perusahaan, hal ini disebabkan karena bunga adalah suatu biaya. Jika semakin tinggi suatu suku bunga maka akan semakin rendah laba perusahaan tersebut. Selain itu, suku bunga juga dapat mempengaruhi kegiatan perekonomian yang dapat mempengaruhi laba perusahaan atau badan usaha.

Baca:

  1. “Pengertian dan Contoh” Saham Biasa dan Saham Preferen
  2. Perbedaan Saham dan Obligasi Secara Umum dan Contohnya
  3. [Pengertian dan Contoh] Devaluasi, Revaluasi, Apresiasi, dan Resesi
  1. Jumlah Kas Deviden Yang Diberikan

Pembagian deviden dapat dilakukan dengan dua kebijakan , yaitu sebagian dibagikan sebagai deviden dan sebagiannya lagi dibagikan sebagai laba ditahan. Peningkatan sebagian deviden meruapakan salah satu faktor yang mempengaruhi harga saham dapat meningkatkan kepercayaan dari pemegang saham karena apabila jumlah kas deviden besar hal itu sangat diinginkan oleh investor sehingga harga saham akan naik.

  1. Laba Per Lembar Saham (EPS)

Setiap investor yang berinvestasi dalam suatu perusahaan akan mendapatkan laba dari hasil investasi tersebut. Apabila laba per saham tinggi dalam suatu perusahaan maka akan memberikan pengembalian yang cukup baik. Hal ini akan meningkatkan investor untuk melakukan investasi yang lebih besar dari sebelumnya sehingga akan meningkatkan harga saham perusahaan.

  1. Jumlah Laba Yang Didapat Dari Perusahaan

Pada umunya seorang investor akan melakukan kegiatan investasi pada suatu perusahaan yang memiliki laba atau profit yang cukup baik karena menunjukkan pengaruh atau dampak yang besar sehingga para investor tertarik untuk melakukan investasi yang pada akhirnya akan mempengaruhi harga saham suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

  1. Tingkat Resiko dan Pengembalian

Apabila proyeksi laba dan tingkat resiko suatu perusahaan atau perseroan terbatas meningkat maka akan mempengaruhi harga saham perusahaan tersebut. Pada dasarnya, semakin tinggi suatu resiko maka akan semakin tinggi pula tingkat pengembalian saham yang akan diterima.

  1. Kebijakan Pemerintah

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham [Lengkap]

Kebijakan pemerintah juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi harga saham suatu perusahaan meskipun kebijakan tersebut belum teralisasi atau dalam tahap wacana. Contoh kebijakan pemerintah yang dapat mempengaruhi harga saham adalah kebijakan perseroan, kebijakan utang, kebijakan ekspor impor, dan lain sebagainya.

  1. Kondisi Fundamental Ekonomi Mikro

Kondisi fundamental ekonomi mikro mempunyai dampak bagi naik turunnya harga saham disuatu perusahaan adalah sebagai berikut :

  • Naik atau turunnya suku bunga yang disebabkan oleh Bank Sentral Amerika
  • Tingkat inflasi termasuk salah satu faktor ekonomi makro
  • Naik atau turunnya nilai ekspor impor dan suku bunga acuan Bank Indonesia yang berakibat pada nilai tukar rupiah pada dolar AS
  • Pengangguran yang tinggi disebabkan oleh goncangan politik dan faktor keamanan yang berpengaruh langsung terhadap naik turunnya harga saham suatu perusahaan
  1. Aksi Korporasi Perusahaan

Aksi korporasi yang dimaksud adalah berbentuk kebijakan yang diambil oleh suatu perusahaan. Dampak aksi korporasi ini akan menyababkan perubahan yang bersifat fundamental dalam perusahaan. Contoh dari aksi korporasi dalam perusahan ini adalah terjadinya marger, akuisisi, dan right issue.

Kebijakan-kebijakan tersebut akan berpengaruh pada harga saham dibursa. Contohnya, PT INI memutuskan ingin melakukan akuisisi terhadap PT APA. Berita tersebut akan menimbulkan spekulasi sehingga orang-orang menganggap PT INI memiliki posisi yang tinggi daripada PT APA. Maka akan mengakibatkan kenaikan saham pada PT INI.

  1. Fluktuasi Kurs Rupiah Terhadap Mata Uang Asing

Tinggi maupun rendahnya kurs rupiah terhadap mata uang asing merupakan salah satu faktor yang menyebabkan naik turunnya harga saham diperusahaan atau perseroan terbatas. Akibat dari fluktuasi terebut bisa berdampak positif ataupun negatif bagi perusahaan tertentu. Khususnya bagi perusahaan yang memiliki beban utang mata uang asing.

Perusahaan yang memiliki beban utang mata uang asing atau perusahaan importir aka sangat dirugikan akibat melemahnya kurs tersebut. hal ini akan menyebabkan meningkatnya biaya operasional dan mengakibatkan harga saham yang ditawarkan akan menurun.

Demikinlah artikel diatas yang membahas mengenai Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham [Lengkap]. Semoga artikel ini akan menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda yang membacanya. Jangan lupa like and share yaa!

Kunjungi artikel terkait:

  1. 3 [Tiga] Cara Menghitung Inflasi Dengan Indeks Harga Konsumen Dan Laju Inflasi
  2. 13: Pengertian, Jenis-Jenis dan Dampak Inflasi + Cara Mengatasinya
  3. [Terbaru] Pengertian Letter of Credit (L/C) + Dokumen, Proses dan Jenisnya
  4. [Lengkap] Pengertian Polis Asuransi, Premi Asuransi, serta Klaim Asuransi
  5. Pembagian Ilmu Ekonomi dan Contohnya [Deskriptif, Teori, dan Terapan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *