18 Faktor Yang Mempengaruhi Kompensasi Menurut Para Ahli

Posted on
18 Faktor Yang Mempengaruhi Kompensasi Menurut Para Ahli
5 (100%) 1 vote

faktor yang mempengaruhi kompensasi

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Besarnya Kompensasi

Besar/kecilnya tingkat kompensasi bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, dan hal ini harus mendapat perhatian khusus supaya prinsip pengupahan bisa adil dan layak sehingga kepuasan kerja karyawan akan tercapai.

Faktor Yang Mempengaruhi Kompensasi Menurut Malayu S.P Hasibuan

Faktor faktor yang mempengaruhi kompensasi menurut Malayu S.P Hasibuan diantaranya meliputi:

  1. Penawaran dan Permintaan Tenaga Kerja

Kompensasi relatif kecil, Jika lowongan pekerjaan (permintaan) lebih sedikit dibandingkan jumlah pencari kerja (penawaran) lebih banyak. Sebaliknya jika pencari kerja lebih sedikit daripada lowongan pekerjaan, maka kompensasi relatif semakin besar.

  1. Kemampuan dan Kesediaan Perusahaan

Tingkat kompensasi akan semakin besar apabila kesediaan dan kemampuan membayar perusahaan semakin baik. Namun sebaliknya, Tingkat kompensasi akan relatif kecil jika kemampuan dan kesediaan perusahaan untuk membayar kurang.

  1. Serikat Buruh/Organisasi Karyawan

Tingkat kompensasi biasanya akan semakin besar jika serikat buruh suatu perusahaan kuat dan berpengaruh. Namun sebaliknya, apabila serikat buruh tidak kuat maka tingkat kompensasi cenderung relatif kecil.

Baca juga: 

  1. Pengertian Kompensasi, Indikator, Tujuan Dan Jenisnya Menurut Para Ahli
  2. 5 [Lima] Perbedaan Bank Syariah Dan Konvensional Dengan Tabel
  3. Pengertian Kliring Beserta [Jenis-Jenis, Sistem, Akuntansi]
  1. Produktivitas Kerja Karyawan

Tingkat kompensasi semakin besar apabila produktivitas kerja karyawan baik dan banyak. Di sisi lain, kompensasi relatif kecil jika produktivitasnya buruk dan sedikit.

  1. Pemerintah dengan Undang-undang dan Keppresnya

Pemerintah memiliki kewajiban untuk melindungi seluruh masyarakat (karyawan khususnya) dari tindakan sewenang-wenang terutama oleh perusahaan dan pengusaha. Sehingga Pemerintah dengan undang-undang dan keppres menetapkan besarnya batas upah/balas jasa minimum.

  1. Biaya Hidup

Tingkat kompensasi/upah biasanya akan semakin besar apabila biaya hidup di suatu daerah itu tinggi. Sebaliknya, Tingkat kompensasi/upah biasanya akan semakin rendah bila biaya hidup di suatu daerah itu rendah.

  1. Posisi jabatan Karyawan

Gaji/ kompensasi yang lebih besar akan diterima oleh karyawan yang menduduki jabatan lebih tinggi. Karena seseorang karyawan dengan kedudukan yang semakin tinggi maka akan mendapat tanggung jawab serta wewenang yang besar pula.

  1. Pendidikan dan Pengalaman Karyawan

Apabila seseorang/karyawan memiliki pendidikan yang tinggi dan pengalaman kerja yang lebih lama, maka kecakapan serta keterampilannya lebih baik sehingga kompensasi akan semakin besar.

  1. Kondisi Perekonomian Nasional

Tingkat upah/ kompensasi akan semakin besar jika perekonomian nasional sedang maju karena mendekati kondisi full employmen. Sebaliknya jika suatu negara/daerah yang terdapat banyak penganggur (disqueshed unemployment) perekonomiannya kurang maju dan tingkat upah biasanya cenderung rendah.

  1. Jenis dan sifat Pekerjaan

Tingkat upah/ kompensasinya yang besar juga dipengaruhi oleh jenis dan sifat pekerjaan, misalkan pekerjaan yang mempunyai resiko (finansial, keselamatan) yang besar, karena membutuhkan kecakapan dan ketelitian di suatu bidang untuk mengerjakannya. Tetapi jika pekerjaan tersebut mudah dan resikonya kecil biasanya tingkat kompensasi/upah akan semakin rendah.

Faktor Yang Mempengaruhi Kompensasi Menurut Vethzal Rivai (2004)

Upah dan kebijakan kompensasi dipengaruhi oleh faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi upah dan kebijakan kompensasi adalah sesuatu yang berada diluar (eksternal) perusahaan, seperti:

A. Faktor Eksternal Perusahaan

  1. Pasar Tenaga Kerja

Pasar tenaga kerja akan mempengaruhi dalam dua cara. Cara pertama, tingkat persaingan tenaga kerja biasanya akan menentukan batas rendah atau floor tingkat pembayaran. Apabila perusahaan memberikan pembayaran yang rendah maka bersiko terhadap tenaga kerja yang memenuhi syarat tidak akan bersedia di perusahaan itu. Kedua, pada kondisi yang sama, para pengusaha akan merasa perlu untuk mencarikan solusi alternatif seperti penyediaan tenaga kerja asing yang mungkin lebih rendah bayarannya, atau teknologi canggih yang bisa mengurangi kebutuhan tenaga kerja manusia.

  1. Kondisi Ekonomi

Aspek lain yang dapat juga mempengaruhi kompensasi sebagai salah satu faktor eksternal adalah Kondisi-kondisi industri pada tingkat persaingan yang akan mempengaruhi kemampuan untuk membayar. Jadi semakin tinggi kompetisi maka kemampuan perusahaan membayar gaji yang lebih tinggi akan semakin rendah.

  1. Peraturan Pemerintah

Kompensasi perusahaan juga terkadang dipengaruhi oleh pemerintah melalui pengendalian upah dan petunjuk lain dalam bidang kompensasi dan peraturan hukum yang menetapkan tingkat tarif upah mimium, pengaturan jam kerja, gaji dan upaya untuk mencegah diskriminasi. Pemerintah juga melarang perusahaan untuk mempekerjakan anak-anak dibawah umur.

  1. Serikat Pekerja

Persatuan buruh atau serikat pekerja pada perusahaan di sektor swasta telah diperkirakan menaikkan tunjangan sekitar 20 % sampai 30 % dan meningkatkan upah 10 % sampai 15 %.

B. Faktor Internal Perusahaan

Ada beberapa faktor internal yang mempengaruhi upah, yaitu:

1. Ukuran Perusahaan

Secara umum, tampak perusahaan yang lebih besar cenderung memberikan upah yang lebih tinggi pada karyawannya.

2. Umur Pekerja

Sudah banyak diketahui tentang hubungan antara umur dan upah, walaupun beberapa peneliti menetapkan bahwa perusahaan yang lebih baru cenderung untuk membayar lebih tinggi dari yang lama.

3. Anggaran Tenaga Kerja

Anggaran tenaga kerja secara normal, adalah jumlah uang yang disediakan perusahaan untuk kompensasi karyawan tahunan. Setiap unit (divisi) perusahaan dipengaruhi oleh ukuran anggaran tenaga kerjanya, artinya, anggaran tidak secara normal untuk menggambarkan secara tetap jumlah uang yang dialokasikan kepada masing-masing karyawan namun hanya tersedia untuk divisi atau unit.

4. Siapa yang Membuat Keputusan Kompensasi

Keputusan atas besarnya gaji yang harus dibayar, sistem apa yang harus dipakai, manfaat yang ditawarkan dipengaruhi dari bagian atas hingga perusahaan. Pada banyakan kasus, keputusan kompensasi dipegang oleh pemegang saham.

Itulah tadi Faktor Yang Mempengaruhi Kompensasi. Semoga bermanfaat menambah wawasan bagi kita semua. Sekian dan terimakasih banyak atas kunjungannya. 🙂

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1. Sejarah Perbankan Di Indonesia [9 Bank Zaman Kemerdekaan ]
  2. [756] Istilah-Istilah Akuntansi Dalam Bahasa Inggris Lengkap Dan Penjelasannya
  3. Pengertian Relevance Dalam Laporan Keuangan Akuntansi
  4. 5 [Bahasan] Landasan Koperasi Beserta Asas, Tujuan, Fungsi, Prinsip
  5. Pengertian Dan 8 Jenis Jenis Koperasi Lengkap Serta Struktur Organisasinya