16 Macam-Macam Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

Posted on

Software akuntansi terbaik adalah software yang mampu menunjang seluruh kegiatan transaksi suatu perusahaan atau entitas. Sebab, untuk apa sebuah software, jika masih terbatas penggunaannya ? tentu hal ini kurang baik jika dipakai dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

Sebelum mengetahui macam-macam software akuntansi, ada baiknya anda sudah mengetahui kriteria seperti apa yang anda butuhkan, untuk membantu pencatatan transaksi pada perusahaan anda.

Kebutuhan yang bagaimana ya ?

Kebutuhan yang dimaksud seperti, apakah transaksi perusahaan sudah sangat besar dan kompleks ? ataukah hanya sebatas transaksi jual beli atau jasa yang tidak begitu kompleks ?

Sebagai contoh, kebutuhan software akuntansi untuk sebuah UMKM, tentu akan berbeda dengan kebutuhan software akuntansi perusahaan industri dan sejenisnya.

Nah, jika anda sudah mengetahui kebutuhan perusahaan anda, tentu anda akan dengan mudah menemukan software yang sesuai dengan kriteria atau kebutuhan anda.

Macam Macam Software Akuntansi

Macam-macam software akuntansi yang ada saat ini, sudah tersedia dengan baik. Semakin baik sebuah software atau aplikasi akuntansi, umumnya memiliki harga yang lumayan mahal. Namun anda tidak perlu khawatir, ada software akuntansi yang tersedia dalam bentuk free (gratis),  MYOB misalnya.

Baca juga:

  1.  Fungsi Laporan Keuangan Secara Umum Bagi Perusahaan
  2. Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Lengkap Beserta Transaksinya
  3. Inilah 14 Bidang Bidang Akuntansi Dan Profesinya

Fungsi Dan Manfaat Software Akutansi

Pada intinya, fungsi sebuah software akuntansi adalah membantu pengelompokkan dan perhitungan transaksi perusahaan. Software akuntansi yang baik akan memudahkan pekerjaan seorang akuntan. Pekerjaan yang seperti apa ? tentu pekerjaan dalam menghasilkan laporan akuntansi keuangan seperti neraca (Balance sheet), Rugi Laba (Profit Lost Statement), Cash Flow dan Laporan Akhir Keuangan.

Langkah awal menyusun laporan-laporan diatas adalah seperti, menyusun perkiraan atau account atau ledger atau buku besar. Nah, setiap masing-masing ledger ini memiliki kode dan nama tertentu yang digunakan, serta mempunyai pos-pos yang jelas dalam posisi laporan keuangan. Cotohnya pos ledger untuk Neraca, Rugi Laba, biaya pabrikasi dan manufaktur (pabrik).

Dengan menggunakan software akuntansi, hal-hal di atas bisa dilakukan dengan sangat cepat, tepat dan lebih efisien waktu. Coba anda bayangkan, betapa melelahkannya jika proses akuntansi dilakukan secara manual, selain boros waktu, hasilnya juga rentan terdapat kesalahan.

Jurnal akuntansi yang meliputi transaksi penjualan, pembelian dan produksi barang, persediaan bisa dilakukan dengan menggunakan software akuntansi.

Jenis-Jenis Software Akuntansi

Berdasarkan cara pembuatannya, Software akuntansi bisa dikelompokkan menjadi 3 yaitu, software paket, software costumize dan software paket yang bisa dikostumisasi.

  1. Software Paket

Sesuai dengan namanya, jenis software akuntansi paket ini sudah tidak bisa di modifikasi /otak-atik/edit lagi. Artinya, apa yang sudah ada pada software paket adalah settingan pabrik yang sudah paten.

Kelebihan software paket adalah harganya yang relatif terjangkau (murah). Sistem software paket sudah dibuat sedemikian rupa dan sangat mudah digunakan.

Keuntungan lainnya adalah software paket lebih stabil dibandingkan software yang lainnya. Namun software ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti, pengguna harus menyesuaikan kebutuhan dan kegiatan ekonominya sesuai dengan kemampuan software. Jadi kemampuan software paket ini sebenarnya terbatas.

  1. Software Costumize

Seperti namanya, software jenis costumize bisa di kostumisasi atau di modifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Modifikasi software bisa dilakukan saat atau setelah membeli aplikasi di software house nya. Pada umumnya software jenis costumize dikembangkan sendiri oleh perusahaan, namun tidak jarang juga oleh perorangan.

Kelebihan software costumize adalah software ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, jadi tidak ada bagian yang mubazir yang tidak digunakan.

Namun harga software jenis costumiz relatif lebih mahal dibandingkan software paket. Alasannya, software ini dikembangkan sendiri dan resikonya pun besar. Disamping itu dukungan purna jualnya tidak bisa diandalkan, karena basis pengguna software yang termasuk rendah.

  1. Software Paket Kostum

Software paket kostum adalah software yang sudah dilengkapi dengan modul standar,  namun bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan jika ada aktivitas di luar modul standar yang telah disediakan.

Kelebihan software paket kostum adalah pada harga yang lebih terjangkau dibandingkan software yang dimodifikasi dari awal. Stabilitas software paket kostum lebih terjaga, dan implementasi software bisa digunakan secara cepat, yang pasti sesuai dengan kebutuhan yang digunakan.

Kelemahan software paket kostum adalah, waktu kostumisasi yang cukup lama, dan terkadang software akuntansi tersebut membutuhkan tambahan perangkat lunak yang nilainya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Software Akuntansi Yang Terkenal Di Indonesia

  1. Easy Accounting System

jenis jenis software akuntansi

Software Easy Accounting System adalah software akuntansi keuangan dan point of sale sekaligus software seni ERP System. Software ini sudah dibuat sejak tahun 2009 di bawah naungan PT. Global Informasi Fortuna Teknotama.

Software ini bisa digunakan untuk menjalankan berbagai jenis operasi bisnis misalnya jasa, developer, retail, distribusi, pendidikan, rumah sakit, ekspor, impor, kurir, serta perusahaan manufaktur yang bersifat pembuatan (maker) atau perakitan (assembly).

Easy accounting system (EAS) dibangun menggunakan engine firebird, yang sudah terbukti handal dan stabil pada semua sistem operasi windows. Meskipun hanya bisa berjalan pada sistem operasi windows, dan belum didukung oleh web based, EAS menjadi pendatang baru yang cukup inovatif, terutama di sektor industri menengah.

Dengan fitur utamanya Import transaksi (Jurnal voucher, Invoice, COA dan daftar barang) serta e-faktur ready.

Didukung dengan harga yang cukup affordable sebesar 7 juta dalam versi trading, dan 15 juta rupiah versi platinum, dan 30 juta rupiah versi manufaktur, namun belum termasuk training.

  1. Accurate Accounting

program akuntansi excel

Accurate menyediakan modul yang tidak jauh berbeda dengan Abipro, yang membedakan adalah Accurate menyediakan audit trail untuk jurnal sedangkan Abipro tidak.

Harga Accurate relatif lebih murah, yaitu berkisar 11 juta untuk DE dan 30juta untuk EE, kemudian ada biaya tambahan sebesar 2,5 juta untuk setiap user yang ditambahkan, harga akurat tentu lebih murah dibandingkan Abipro.

Kelebihan lain seperti, Accurate memberikan garansi 30 hari uang kembali untuk paket yang dijualnya. Namun sayang Accurate tidak bisa dikostumisasi. Accurate cocok digunakan dengan platform windows dan linux yang memiliki wine.

  1. Acosys Accounting

Software acosys dikembangkan sejak tahun 1997 dan telah digunakan lebih dari 2500 user. Software acosys dapat dikustomisasi, dan bisa dioperasikan pada platform windows, linux dan mac os.

Sayangnya, modul yang disediakan lebih sedikit apabila dibandingkan dua software sebelumnya.

Software acosys dibandrol dengan harga 500.000 untuk setiap fitur yang ditambahkan. Jika anda ingin paket acosys, tersedia paket lite dengan harga 2,5 juta dan 1,5 juta untuk setiap penambahan user.

  1. BEE Accounting

macam macam software akuntansi terbaik

Software BEE adalah software yang multi platform, yang bisa dikostumisasi menggunakan tools development java. Software BEE sudah menyediakan modul yang lengkap. Harga software BEE ini disesuaikan dengan paketnya.

Software BEE menyediakan 3 paket yaitu paket silver dengan harga 2,5 juta, software gold senilai 3,5 juta, dan software patinum seharga 6 juta. Masing-masing paket memiliki biaya tambahan user sebesar 1,5 juta.

Software BEE juga memberikan layanan purna jual yang cukup baik bagi penggunanya.

  1. Corcus Accounting

Software corcus dibuat sejak tahun 2007, jadi bisa dikatakan software ini lebih baru dibandingkan 4 software lainnya. Meskipun baru, software khusus menyediakan modul yang sudah sangat lengkap.

Harga software corcus ditentukan dengan menyesuaikan kompleksitas permintaan dari user dan garansinya. Kelemahan software in,i hanya kompatibel dengan platform windows saja.

  1. Abipro Accounting

Software Abipro menyediakan modul yang sangat lengkap meliputi modul pembelian, penjualan, persediaan, buku besar, kas/bank dan aktiva tetap.

Software abipro juga menyediakan manajemen cek, konsolidasi, multi currency, multi project, multi departemen dan multilevel harga dalam softwarenya tersebut.

Lebih spesifik untuk modul inventory, Abipro tidak menyediakan expired date dari barang.

Software Abipro dibandrol dengan harga, untuk unlimited user sekitar 24 sampai dengan 39 juta. Sedangkan untuk user terbatas hanya dibandrol dengan harga 8 juta.

Meskipun tidak bisa dikostumisasi, Software abipro juga memberikan garansi layanan purna jual yang cukup baik.

  1. Fina Accounting

software akuntansi terbaik

Pernahkah anda mendengar software fina ? software ini digadang-gadang sebagai software untuk perusahaan terbaik. Pasalnya, fitur modul yang disediakan sangat lengkap. Software final sudah digunakan lebih dari 800 perusahaan. Software ini juga memberikan garansi 90 hari uang kembali pada pembelian softwarenya, bahkan diberi pelatihan pengoperasian software sampai bisa.

Software fina dibandrol dengan harga software jenis CC adalah 20 juta, AW 30juta, dan Distro 60 juta. Untuk penambahan user dikenakan biaya 3,3 juta. Software ini hanya cocok dipasang pada komputer dengan os windows aja.

  1. Integrated system

Software Integrated System memiliki kelebihan yaitu, bonus pelatihan di kantor secara gratis, untuk pengoperasian software sebanyak 3 kali, dengan syarat membeli paket GLX senilai 3,5 juta atau ISX senilai 6,9 juta. Software is termasuk pada software paket yang bisa dikostumisasi.

Software IS menyediakan modul standar yang cukup lengkap namun untuk modul pelengkap dan modul inventory yang disiapkan hanya sedikit. Disamping itu software IS hanya kompatibel dengan platform windows.

  1. MAS Accounting

M A S sudah dikembangkan sejak tahun 1984. Software mas ini bisa dimodifikasi untuk menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Namun mas hanya menyediakan modul standar dalam aplikasinya.

Software MAS dibandrol dengan harga 1 paket software minimal 4 juta, yang termasuk bonus training pengoperasiannya secara gratis bagi pengguna. Layanan purna jual yang diberikan cukup mudah.

  1. Omega Accounting

Software omega berasal dari surabaya. Software omega sudah dilengkapi dengan modul standar yang lengkap, meskipun modul pelengkap dan inventory nya terbatas.

Harga software omega dibandrol senilai 1,699 juta. Kemudian, ada tambahan biaya untuk penambahan user stok senilai 1, 699 juta per user, dan 2,999 juta per user untuk penambahan user accounting.

  1. Zahir Accounting

software akuntansi zahir

Software zahir sudah dikembangkan sejak tahun 1997. Software ini dilengkapi dengan modul standar, spesifik dan inventory yang sangat lengkap dan mudah digunakan pada platform windows.

Harga satu paket software zahir dibandrol dengan nilai 999 ribu sampai 15 juta, dengan tambahan biaya user disesuaikan dengan paket yang dibeli.

Baca juga:

  1. 11 Tahap Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Beserta Contoh
  2.  Pengertian Dan 5 Fungsi Sistem Informasi Akuntansi Lengkap
  3. Prinsip Akuntansi Adalah: dan 10 Prinsip Dasar Akuntansi
  1. MYOB Mind Your Own Bussines

download software akuntansi gratis

MYOB adalah software pengolah data akuntansi yang cukup familiar di Indonesia. MYOB banyak digunakan untuk pembelajaran aplikasi akuntansi di sekolah menengah atas.MYOB sangat disukai karena tampilannya yang sederhana dan pengoperasiannya yang sangat mudah.

Dengan MYOB, anda bisa membuat pembukuan untuk data-data keuangan pibadi atau perusahaan secara lengkap, akurat dan otomatis lebih cepat dibandingkan membuatnya secara manual. .

Software akuntansi MYOB sangat cocok digunakan untuk perusahaan berskala menengah seperti UKM. Software ini bisa membantu anda untuk melakukan perhitungan keuangan dan sekaligus membuat laporan keuangan perusahaan anda.

Kelemahan MYOB adalah anda tidak bisa memodifikasi laoran atau fieldnya. Disamping itu, anda juga tidak bisa menggunakannya untuk mengelola keuangan perusahaan dengan multicompany.

  1. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)

MOAE merupakan program promosi dari MOAP (Microsoft Office Accounting Profesional), jadi aplikasi ini bisa anda dapatlkan secara gratis. Namun meskipun hanya software gratis, MOAE ini cukup bisa diandalkan.

Untuk membuat laporan keuangan pada program MOAE, anda dapat langsung menginput data transaksi dari nota, faktur dan lainnya tanpa harus membuat jurnal terlebih dahulu, bagaimana, mudah bukan ?

Kelemahan MOAE adalah pada fitur perpajakan yang tidak memfasilitasi peraturan perpajakan yang ada di Indonesia. Namun, MOAE cukup bisa menjadi pilihan software gratis andalan.

  1. Krishand

Jika anda memerlukan software yang bisa membantu dalam hal pelaporan pajak maka software krishan adalah jawabannya.

Krishand memosisikan diri pada pelaporan pajak yang menyediakan formulir pajak yang sesuai dengan peraturan pajak terbaru di Indonesia, jadi anda sebagai pengguna tidak akan repot-repot lagi saat menggunakan blanko pajak.

Kelebihan program Krishand adalah pada kemampuannya untuk menampilkan semua berkas pajak dari data yang terlama hingga data terbaru yang kita simpan. Dengan begitu, kita dapat dengan mereviewnya dengan mudah, apalagi saat anda ingin menemukan suatu arsip dengan cepat , tanpa harus membongkar gudang arsip.

Selain membuat laporan pajak, program Krishand juga bisa membuat laporan lain. Sehingga anda tidak perlu menggunakan 2 buah software untuk membat sebuah laporan keuangan.

  1. Quick Box

Program Quick Box bisa menjadi alternatif pilihan, jika anda merasa software akuntansi yang lain kurang lengkap. Pasalnya, program Quick Box mempunyai 5 versi yang bisa anda pakai meliputi, Manufacturing & Whole Sale Edition, Retail Edition, Accountant Edition, dan Contractor Edition.

Kelebihan software Quick Box adalah pada support untuk multi user, currency atau departement. Hasil laporannya dilengkapi dengan grafik dan analisa yang sangat membantu anda mengetahui keadaan keuangan perusahaan.

Selain itu, jika anda ingin hasil laporan lebih menarik, anda bisa memanfaatkan dukungan tutorial dapam bentuk pdf dan video yang disediakannya.

  1. iTBrain Indonesia

Software iTBrain Indonesia merupakan buatan programmer Indonesia, dengan kata lin program buatan dalam negeri. iTbrain Indonesia bisa mampu bersaing dengan software akuntansi buatan hasil produksi dari vendor Internasional seperti MYOB atau software akuntansi lainnya.

Laporan yang dihasilkan iTBrain Indonesia sudah lengkap dan siap cetak. Jadi tunggu apa lagi, silahkan coba program buatan dalam negeri ini.

Pertimbangan Dalam Pemilihan Software Akuntansi

Di awal artikel ini sudah sedikit di singgung tentang pertimbangan dalam memilih software akuntansi, mengingat software akuntansi sangat banyak dan beragam.

Namun akan kami berikan pertimbangan lainnya yang pastinya bisa anda gunakan sebelum memilih software akuntansi.

  1. Ketahui Kebutuhan anda

Anda harus mengetahui kebutuhan perusahaan atau entitas anda. Pasalnya, kebutuhan perusahaan baru tentu akan berbeda dengan kebutuhan perusahaan yang sudah berkembang. Begitu pula pada perusahaan yang sudah mapan.

Semakin kompleks dan rumit transaksi perushaaan anda, tentu akan semakin banyak fitur yang dibutuhkan dalam sebuah software akuntansi.

  1. Pertimbangan antara keinginan dan kebutuhan

Mengapa perlu adanya pertimbangan antara keinginan dan kebutuhan ? karena pada dasarnya setiap perusahaan membutuhkan software akuntansi yang sama. Hanya saja,  jenis industri yang dilakukan pasti berbeda-beda, maka setiap perusahaan bisa mempunyai proses bisnis yang berbeda-beda pula.

Software akuntansi paket dirancang untuk kebutuhan perusahaan secara umum. Jadi, jika anda mempunyai perusahaan dengan proses bisnis yang unik, anda harus mempertimbangkan apakah software akuntansi yang akan anda beli bisa mengakomodir proses bisnis tersebut.

  1. Ketahui anggaran yang anda sediakan

Harga software akuntansi sangat bervariasi, mulai dari yang gratis hingga nilainya ratusan juta rupiah. Nah tugas anda adalah memilih software paket mana yang harganya terjangkau, atau dengan pilihan software costumize yang bisa dibangun dari 0. Pilihan lainnya adalah software paket yang bisa dikostumisasi.

  1. Ketahui kemampuan staf akuntan anda

Se-mahal apa pun softwarenya, jika staf anda sulit mengoperasikan sebaiknya belilah software yang sesuai dengan kemampuan staf anda.

Demikianlah informasi seputar 16 Macam-Macam Software Akuntansi Terbaik di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi artikel terbaru:

  1. Teori Akuntansi Positif dan Normatif + Prinsip dan Hioptesis
  2. [Lengkap] Perbedaan Akuntansi Syariah dan Akuntansi Konvensional
  3. 6 (enam) Tujuan Akuntansi Syariah Lengkap
  4. 7 Pengertian Akuntansi Syariah “Lengkap”
  5. 4 (Empat) Pilar Standar Akuntansi Keuangan Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *